Currently set to Index
Currently set to Follow

Introvert atau Extrovert? Ini 14 Situs Tes Kepribadian Gratis Buat Kamu!

Tes kepribadian adalah metode untuk menilai kepribadian seseorang. Sebagian besar instrumen penilaian yang digunakan adalah kuesioner laporan diri introspektif yang bersifat subjektif.

Meski sebagian besar tes tidak begitu akurat, tapi setidaknya memberi kita wawasan tentang siapa kita, bagaimana kita bertindak, apa potensi kita, di mana ambisi kita, hingga ke mana kepribadian ini akan membawa kita. Semakin banyak kita tahu dan memahami diri kita, semakin besar kemungkinan menemukan jalur karier yang kita sukai.

Dari Mana Tes Kepribadian Bermula?

Ukuran untuk melakukan tes dikembangkan kali pertama pada 1920-an. Tujuan semula adalah untuk memudahkan proses perekrutan dalam angkatan bersenjata.

Sejak upaya awal ini, beragam skala kepribadian telah dikembangkan. Di antaranya Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), Sixteen Personality Factor Questionnaire (16PF), hingga Comrey Personality Scales (CPS).

Raymond Cattell dan rekannya Frank Warburton menyusun daftar lebih dari 2.000 jenis tes kepribadian yang dapat digunakan dalam membangun tes kepribadian yang lebih objektif.

Berikut ini empat kategori tes kepribadian yang bisa kamu coba untuk mengenal dirimu lebih baik.

Baca juga: Trik Menghadapi 7 Soal Psikotes yang Lazim Kamu Jumpai Saat Rekrutmen

Kategori Tes Kepribadian untuk Mengetahui Tipe Kepribadian Secara Keseluruhan

#1 16 Personalities

Berdasarkan studi Carl Gustav Jung tentang ciri-ciri psikologis (misalnya, introversi dan ekstroversi) dan tes Myers-Brigg (atau beken dikenal sebagai MBTI), 16 kepribadian mencakup ciri-ciri kepribadian “lima besar” individu. Di antaranya pikiran, energi, sifat, taktik, dan identitasnya.

Tes kepribadian ini adalah salah satu yang paling populer, dengan lebih dari 26 juta orang mengambil tes online ini. Kita dapat mengetahui kualitas dasar diri kita hingga relasi romantik kita, maupun kebiasaan, kekuatan, dan kelemahan kita di tempat kerja.

#2 Who Am I?

Tes DNA Visual “Who Am I” merupakan salah satu kuis kepribadian paling menyenangkan dan berguna. Diformat kurang lebih seperti tanya jawab dan lebih seperti sistem “pilih foto yang menurutmu menarik”, tes ini akan menunjukkan bagaimana karaktermu mendefinisikan pandangan dan pendekatanmu tentang kehidupan.

#3 Persona Bubble

Tes satu ini membantu kita untuk menjelajahi karakter batin. Di antaranya, apakah kamu orang yang terstruktur atau fleksibel, sensitif atau berpikiran keras, reaktif atau stabil, atau berada di tengah-tengah? Selain itu, kamu bisa mengaitkan hasil tes tersebut dengan bagaimana kamu berelasi dalam “bubble”-mu atau relasi interpersonalmu.

#4 Test Color

Tes ini menjawab lebih banyak tentang siapa diri kamu tanpa kamu sadari. Hanya dengan “ujian warna”! Dengan memilih warna favorit dan paling tidak favorit, tes kepribadian ini akan memberitahumu tentang aspek kepemimpinan di dalam dirimu, keterampilan manajemen, hingga imajinasimu.

Kategori Tes untuk Mengetahui Seberapa Cerdas Dirimu

Demi mengetahui IQ secara akurat, umumnya kita perlu mengambil tes yang berbayar. Untungnya, ada beberapa sumber di internet yang cukup andal untuk dicoba sebagai referensi pribadi.

#5 See My Personality

Tes kepribadian ini menggunakan permainan asah otak yang dirancang oleh para peneliti PhD untuk menghitung IQ-mu. Hasil tes ini juga dapat membantu memetakan apakah kamu lebih condong menggunakan otak kiri atau kanan.

#6 Fun Education IQ Test

Sebanyak 43 pertanyaan dalam tes ini diaplikasikan bagimu untuk menilai segala sesuatu, mulai dari penalaran spasial hingga verbal.

#7 The Mensa IQ Test

Dan jika kamu merasa cukup pintar untuk bergabung dengan perkumpulan IQ tinggi tertua dan bergengsi, Mensa International, ikuti ujian ini dan cobalah untuk mendapatkan skor di persentil 98. Setelahnya, kamu dapat menikmati percakapan intelektual dengan mereka yang mengambil tes ini juga.

Baca juga: Simak Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia! Salah Satunya Digaji Rp80 Juta!

Kategori Tes Kepribadian untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosionalmu

Kecerdasan emosional (emotional quotient) diakui umum sama pentingnya dengan IQ. EQ adalah kemampuan untuk memproses dan mengelola emosi. Juga untuk memahami dan mempengaruhi emosi orang lain. Gunakan tes kepribadian online ini untuk melihat seberapa baiknya kemampuan emosionalmu, dan apa yang harus kamu upayakan untuk menjadi lebih baik.

#8 Institute for Health and Human Potential

IHHP mengajukan pertanyaan singkat dan lugas tentang bagaimana kamu bertindak di sekitar orang lain dan bagaimana kamu menangani situasi tertentu. Tes kepribadian ini tidak hanya akan memberitahumu posisimu saat ini, tapi juga meningkatkan area lemah EQ-mu.

#9 Goleman’s EQ Test

Tes ini terinspirasi oleh Daniel Goleman, psikolog dan jurnalis sains untuk The New York Times, serta penulis Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ, buku yang membahas tentang banyak alasan mengapa EQ membentuk siapa kita. Alih-alih langsung menanyai preferensi, tes ini menyajikan cerita dan memintamu untuk menjawab bagaimana kamu biasanya menanggapi keadaan tertentu.

Introvert atau Extrovert? Ini 14 Situs Tes Kepribadian Gratis Buat Kamu!, Pluang

Kategori Tes untuk Mengetahui Lebih Banyak tentang Jalur Kariermu

Ingin tahu bidang apa yang tepat untukmu? Atau keterampilan apa yang perlu kamu kembangkan?

#10 Skills You Need

Keterampilan yang kamu butuhkan mencakup empat komponen utama keterampilan interpersonal: mendengarkan, komunikasi verbal, EQ, dan kerja tim. Jawabanmu akan menentukan apakah kamu berada di atas rata-rata atau di bawah rata-rata, juga memberitahumu cara berinteraksi yang lebih baik dengan orang lain. (Catatan: kamu tidak perlu mengunduh apa pun untuk mengikuti tes ini.)

#11 Sokanu Career Assessment

Penilaian yang luar biasa dan mendalam ini membawamu ke dalam ujian berbagai situasi karier, mengukur tingkat keahlian dan minatmu. Tes kepribadian ini juga akan memberimu beberapa opsi untuk karier akhirmu. (Oke, mungkin tes ini tidak mengenalmu dengan sempurna, tapi kamu mungkin senang mengetahui pekerjaan mana yang benar-benar dapat kamu lakukan.)

#12 How Employable Are You Actually?

Dan tes kepribadian terakhir ini, adalah tentang seberapa siap kamu bekerja sebenarnya? Biarkan BuzzFeed memutuskan untukmu, dan mungkin membantumu memikirkan kembali beberapa keputusan hidup. (Karena ini dari BuzzFeed, jangan anggap hasil tesnya terlalu serius.)

Bonus Tes untuk Bersenang-Senang (karena hidup ini singkat)

Dan jika kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan wawancara aneh, atau hanya ingin tahu, berikut ini beberapa bonus tes tambahan yang menyenangkan.

#13 Pottermore Sorting Hat

Tes ini dibuat dan telah disetujui oleh JK Rowling sendiri, jadi jika kamu pernah bermimpi pergi ke Hogwarts sepanjang hidupmu, sekaranglah kesempatanmu untuk mengetahui di asrama apa kamu sepantasnya ditempatkan. Mungkin ini akan membantu sedikit banyak memetakan kepribadianmu juga.

#14 Spirit Animal Quiz

Tes kepribadian satu ini tentu tidak asing buatmu. Salah satu cara untuk bersenang-senang dengan menjawab pertanyaan tentang spirit animal yang mungkin cocok jadi “patronus”-mu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Muse

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img