Currently set to Index
Currently set to Follow

5 Tips Bisnis Jitu dari Susi Pudjiastuti

Kisah dan tips bisnis Susi Pudjiastuti viral sejak berbagai kesuksesannya tersiar di media massa. Latar belakang Susi sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja pada periode 2014-2019 lalu sebagai pengusaha sukses mengantarkannya ke kabinet.

Kendati hanya tamatan SMP, Susi berhasil mengembangkana bisnis mulai dari usaha kecil berskala lokal. Langkahnya ini, dititi secara perlahan, mengantarkannya ke sukses membentuk perusahaan besar di bidang perikanan dan penerbangan.

Kala sukses pun, ia masih dengan begitu antusias dan penuh semangat membagikan tips bisnis Susi Pudjiastuti kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan detail ia mengisahkan langkah dan peluang pengembangan bisnis UMKM hingga berekspansi ke berbagai sektor.

Hidup di lingkungan nelayan, ia memilih berhenti sekolah dan kemudian asyik terjun mengelola bisnis kecil-kecilan. Keputusannya saat itu adalah menekuni bisnis jual beli ikan. Modal yang dimilikinya hanya sekitar Rp750.000 untuk memulai bisnisnya sendiri.

Jamak kisah tentang konsistensinya di bisnis yang ia geluti. Kegigihan Susi tentu adalah modal yang mengantarkannya hingga dikenal di lingkup konsumen lebih luas. Simak apa saja tips yang dibagikannya bagi pelaku UMKM berikut ini.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Curi Hati Pengguna LINE, Jadi Tokoh Publik Paling Dikagumi

Tips bisnis Susi Pudjiastuti

Memulai dengan bisnis yang kamu sukai

Beberapa orang memulai bisnisnya dengan terpaksa. Misalnya, karena terpaksa melanjutkan bisnis dari orang tuanya. Namun, ada pula yang memulai bisnis karena rasa tertariknya pada bidang yang ia geluti.

Susi Pudjiastuti adalah tipe pebisnis kedua. Ia tidak tertarik memulai bisnis yang bukan kesukaannya.

Ini tampaknya bisa ditiru sebagai tips bisnis Susi Pudjiastuti. Seperti halnya Susi, banyak pula pengusaha sukses hari ini lantaran ia menjalankan bisnis di bidang yang ia sukai. Bahkan, ada yang memulai bisnisnya dari hobi.

Rasa suka terhadap bisnis yang digeluti ini tentu akan membantu menjaga ketekunan dan totalitas dalam berbisnis. Daya tahan dan tekad tak gampang menyerah ini tentu diperlukan jika ingin bertahan lama di bisnis yang ditekuni.

Mencari pasar di luar negeri

Meluaskan jangkauan pasar tentu membantu untuk melebarkan skala bisnis dan mengekspansi wilayah-wilayah yang strategis untuk bisnismu.

Tips bisnis Susi Pudjiastuti terkait ekspansi wilayah ini bisa dilihat dari bagaimana ia meluaskan jejaring produk UMKM-nya. Salah satu yang membuat bisnisnya berkembang pesat dari skala kecil menjadi perusahaan besar adalah bidang ekspor ikan.

Pengusaha UMKM sudah mafhum bahwa pasar luar negeri selalu menjanjikan. Dibandingkan banyak negara Asia lain, produk Indonesia menawarkan kualitas bersaing untuk produk kerajinan, mebel, fashion, dan pangan.

Untuk menjajal respons pasar di luar negeri mengeceknya dengan dukungan teknologi digital pun cukup membantu. Memasarkan produk di situs e-commerce seperti Amazon, eBay, dan Alibaba, misalnya.

Baca juga: Suku Bunga KUR Turun Jadi 6%, Pemerintahan Jokowi Dukung Percepatan Kinerja UMKM

Ekspansi bisnis yang kamu kelola ke sektor terkait

Pada saat bisnis ekspor ikannya kian maju, tips bisnis Susi Pudjiastuti selanjutnya adalah dengan merambah ke sektor terkait lainnya. Ia melanjutkan bisnisnya dengan merambah sektor transportasi udara.

Bisnisnya ini berkembang untuk mendukung bisnis ekspor ikannya. Ini karena adanya kebutuhan ekspedisi pengiriman ikan yang cepat melalui udara dari Pangandaran ke Jakarta. Susi mendapatkan dukungan dari suaminya yang seorang pilot dan cukup memahami perihal penerbangan.

Dengan suntikan dana pinjaman bank, ia lantas menggunakan pesawat untuk ekspedisi komoditas, hingga berkembang menjadi maskapai untuk penerbangan orang dan dikenal sebagai Susi Air.

Lekas bangkit meski menghadapi kegagalan

Susi Pudjiastuti adalah tipikal pebisnis yang tidak terpaku pada kegagalan. Menurutnya, larut dalam ratapan hanya akan menyebabkan hilangnya energi untuk maju dan menjadikan seseorang malas bergerak.

Padahal, mental pebisnis yang perlu dimiliki adalah mental untuk bertahan dan cepat pulih juga bangkit dari keterpurukan. Memahami bahwa ada kalanya usaha tidak berjalan mulus dan berusaha menemukan jalan pemecahan masalah adalah tips bisnis Susi Pudjiastuti yang membantu tekadnya terus membara.

Terapkan efisiensi kerja di bisnismu

Kunci utama dari bisnisnya adalah jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, alias jangan sampai boros. Seorang pebisnis yang handal perlu memastikan bahwa pengeluaran jangan sampai lebih besar daripada pendapatan, atau biaya lebih besar daripada omzet.

Sebuah bisnis perlu dijalankan secara efisien. Yakni, dengan menerapkan prinsip ekonomi, dengan pengeluaran sekecil-kecilnya dan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Tips bisnis Susi Pudjiastuti menunjukkan bahwa ia bahkan membuat pakan ikan sendiri yang terbuat dari bahan organik. Langkah inovatifnya ini membantunya untuk menekan biaya.

Efisiensi perusahaan tentu tidak hanya terkait biaya produksi, tetapi juga berbagai jenis pengeluaran lainnya, jadi seorang pebisnis perlu memiliki mental untuk terus belajar dan melakukan evaluasi atas bisnisnya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Gadjian

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Customer Service Officer

0

Strategy & Growth Lead

0

Senior Social Media

0

Product UX Copywriter

0

Partnerships Manager

0
spot_img