Currently set to Index
Currently set to Follow

Mengapa Kita Perlu Terapkan Gaya Hidup Minimalis? Temukan 5 Alasannya

Akhir tahun telah tiba, diskon pun bertebaran! Momen seperti ini sangat tepat untuk memulai gaya hidup minimalis. Perkembangan industri dan teknologi membuat kita mudah mendapatkan barang-barang. Namun, banyak dari barang tersebut hanya akan berakhir di lemari dan tempat penyimpanan.

Apa itu gaya hidup minimalis? Secara singkat, hidup minimalis artinya membeli, mengumpulkan, dan menggunakan barang-barang yang benar-benar kita butuhkan.

Tujuan gaya hidup minimalis untuk membuat kita lebih fokus terhadap hal-hal yang penting. Dan, tentunya membantu kita untuk menabung. Gaya hidup minimalis tidak sesusah yang orang bayangkan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memulainya.

Pentingnya gaya hidup minimalis

Apakah gaya hidup minimalis ada hubungannya dengan kebahagiaan? Apakah uang dan materi dapat mendatangkan kebahagiaan? Dan, apakah minimalis bisa membawa kebahagiaan? Ada banyak penelitian yang mencoba mengungkapkannya.

Istilah minimalis mulai dikenalkan pada tahun 1950 atau 1960-an. Pada kenyataannya, hidup minimalus telah diajarkan melalui ajaran kepercayaan, mulai dari Budhism dan Kekristenan. Inti praktik minimalis yang sering ditemui adalah melepaskan harta demi keuntungan spiritual dan bidang kehidupan yang lebih penting.

Sebuah studi dari Journal of Positive Pyschology menemukan bahwa hubungan interpersonal menjadi prediktor kepuasaan hidup. Mereka yang mengadopsi gaya hidup minimalis dapat mendedikasikan waktunya untuk membina hubungan yang lebih penting. Dengan memiliki sedikit barang, mereka dapat menggunakan waktu dan energinya untuk melakukan banyak eksperimen lainnya.

Baca juga: Catat! 7 Rahasia Sukses Hidup Minimalis Seperti Mark Zuckerberg

Hal ini berhubungan dengan riset dari Universitas Negeri San Francisco menunjukkan hubungan positif antara pengalaman dan kebahagiaan. Penelitian tersebut menjelaskan jika pengalaman melakukan aktivitas fisik di luar ruangan bertahan lebih lama dibanding pengalaman membeli barang-barang.

Gaya hidup minimalis juga mampu menghilangkan stres. Orang yang memiliki banyak barang cenderung akan stres. Hal ini karena mereka akan mengalami decision fatigue dan informasi yang berlebihan.

Menurut Lucy Jo Palladino, Ph.D psychologist, kelebihan informasi adalah saat otak kita menerima lebih banyak materi dari yang seharusnya. Akibatnya, otak akan menghasilkan hormon cortisol yang menyebabkan stres.

Sementara itu, decision fatigue adalah kondisi di mana orang menjadi lelah karena membuat terlalu banyak keputusan. Misalnya, Mark Zuckerberg hanya memiliki satu warna kaos. Alasannya, Mark tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk memutuskan gaya berpakaiannya.

Lima alasan hidup minimalis demi hidup yang lebih bahagia

Konsep minimalis banyak muncul di kesenian dan desain. Dengan mantra “less is more”, konsep gaya hidup minimalis banyak diterima.

Berikut lima alasan gaya hidup minimalis untuk hidup yang lebih baik.

Simpel dan sederhana

Hidup minimalis membuat orang lebih sederhana dan lebih menghargai barang sesuai dengan nilai dan kualitasnya. Misalnya, jika ingin membeli barang mereka akan benar-benar mempertimbangkan nilai dan fungsinya.

Lebih mudah menabung

Alih-alih menggunakan waktu dan uang untuk berbagai macam kebutuhan, orang minimalis bisa memulai investasi sejak dini.

Baca juga: 3 Jenis Modal Usaha, Dasar-dasar Financing Bisnis untuk Pemula

Hidup terasa ringan dan teratur

Suasana rumah yang penuh akan barang membuat suasana hati menjadi sumpek. Memilah barang yang sudah tidak dipakai membuat suasana rumah lebih teratur dan pikiran menjadi ringan.

Fokus terhadap hal-hal yang penting

Hal yang penting di sini berarti memikirkan urusan yang menjadi prioritas hidupmu. Konsep hidup minimalis ini mampu mengajari orang untuk hidup sesuai dengan kebutuhan seperlunya saja.

Tidak ada lagi rasa iri

Mengikuti model atau kebiasaan orang bisa merugikan diri sendiri. Orang yang memiliki gaya hidup minimalis dapat terbebas dari rasa iri dan membanding-bandingkan. Hal ini karena orang tersebut akan lebih memikirkan nilai dari barangnya dibanding dengan tampilannya.

Di tengah dunia yang hinga-bingar ini, gaya hidup minimalis dapat menjadi alternatif untuk menemukan kebahagiaan. Hal ini karena minimalis membantu mengungkapkan apa yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan dan bermakna.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img