Currently set to Index
Currently set to Follow

Tak Hanya Perkara Harta, Apa Arti Kaya Menurut Islam?

Yang namanya manusia, tentu wajar jika ingin memiliki harta yang melimpah. Apalagi, jika harta benda yang mereka hasilkan berasal dari jerih payah sendiri dan dengan cara yang halal.

Menjadi kaya pun sejatinya juga tidak dilarang menurut ajaran Islam. Kita mengetahui bahwa Al-Quran menceritakan kisah hidup salah satu rasul, Nabi Sulaiman, yang diberikan kepercayaan oleh Allah SWT berupa harta melimpah dan kekuasaan yang besar.

Selain itu, setiap umat Islam pun diminta untuk bersungguh-sungguh mencari rezeki. Seperti yang tertuang di dalam Surah Al-Jumuah ayat 10 yang berarti “Apabila sholat telah dilaksanakan, maka menyebarlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah”.

Namun, umat Islam pun harus mencari rezeki atas dasar pengabidan kepada Allah SWT, seperti yang dijelaskan di dalam surat Adz-Dzariyat ayat 56.

Baca juga: Hindari Investasi Bodong, Ketahui 8 Modus Pialang Ilegal Menurut Bappebti Ini

Tak Hanya Perkara Harta, Apa Arti Kaya Menurut Islam?, Pluang

Konsep Kaya Menurut Islam Bukan Cuma Sekadar Mencari Harta

Meski demikian, konsep kaya menurut Islam bukan cuma sekadar mengumpulkan harta benda semata. Nah, untuk memahami hal ini, ada baiknya Sobat Cuan yang beragama Islam juga bisa meneladani konsep menjadi kaya menurut Rasulullah SAW.

Menurut Rasulullah SAW, orang yang kaya adalah mereka yang menanamkan rasa qanaah di dalam hati. Atau, rasa untuk merasa cukup dengan segala pemberian Allah SWT. Seperti yang tertuang di dalam hadits berikut.

”Ridhalah dengan apa yang dibagikan Allah SWT untukmu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya.” (HR Turmudzi)

Hadits tersebut menerangkan bahwa hidup seseorang akan positif jika mereka menerapkan sikap yang qanaah. Sebab, dengan mengamalkan qanaah, maka hal yang berjumlah sedikit akan menjadi banyak, sementara hal yang banyak akan menjadi berkah.

Hadits lain juga menyebut bahwa hakikat kaya sejatinya bukan cuma banyaknya jumlah harta benda, namun juga kekayaan hati. Apakah itu kekayaan hati? Beberapa ulama menafsirkan kekayaan hati sebagai rasa ikhlas dalam menerima segala hal dari Allah SWT.

“Hakikat kaya bukan dari banyaknya harta. Namun kekayaan hati.” (HR Bukhari).

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan dalam Ajaran Agama Islam

Cara Memulai Qanaah demi Menjadi Kaya Menurut Islam

Namun, bagaimana caranya memunculkan sikap qanaah dalam diri sendiri? Hadits lain menyebut bahwa salah satu kunci menjadi qanaah adalah dengan tidak merasa iri dengan kondisi orang lain.

”Himpunlah rasa putus asa terhadap apa-apa yang ada di tangan manusia, maka mereka akan mencintaimu.” (HR Ibnu Majah).

Beberapa tafsir mengatakan bahwa jika manusia memiliki rasa iri terhadap yang lain, maka ia tidak bisa memiliki keterikatan dengan Allah SWT. Akibatnya, umat manusia menjadi tidak bisa bersyukur dengan kehidupannya masing-masing dan tidak bisa merasakan kehidupan yang sesungguhnya.

Makanya, memiliki sikap qanaah tentu akan memperbaiki sikap kita sebagai manusia. Mereka yang ridha dengan segala pemberian Allah SWT tentu hidupnya akan diliputi rasa aman dan tanpa beban pikiran.

Dari mana kita bisa memulai sikap qanaah? Tentu, sikap tersebut bisa dilakukan dengan mensyukuri hidup apa adanya dan apapun bentuknya. Dengan mencintai diri sendiri misalnya, atau disebut dengan self-love, itu merupakan salah satu bentuk permulaan sikap qanaah yang bisa kita terapkan ke diri sendiri.

Intinya, menjadi kaya menurut Islam adalah sesuatu yang sangat diperbolehkan. Kendati demikian, umat Islam juga tetap harus bersyukur dan merasa berkecukupan dengan hal-hal yang mereka miliki saat ini agar harta benda mereka bisa menjadi berkah.

Baca juga: Apakah Reksadana Halal? Simak Hukum Islam Soal Reksadana!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Republika, Republika, Okezone

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img