Ini 3 Asuransi yang Tanggung Perawatan Virus Corona, Cek Polismu Sekarang!

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna nyatakan secara umum polis asuransi kesehatan tidak mengecualikan risiko terkait virus corona. Beberapa asuransi kesehatan yang bagus menyatakan tidak mengecualikan klaim.

Sudah ada 6 kasus virus corona terkonfirmasi. Ini mendorong pertanyaan tentang asuransi kesehatan yang mengemuka di tengah masyarakat.

Penanganan infeksi virus corona secara umum ditanggung perusahaan asuransi kesehatan. Sejauh virus ini belum terkategori pandemik di Indonesia.

asuransi kesehatan

Pemegang polis asuransi kesehatan dianjurkan untuk memeriksa polis mereka atau bertanya kepada perusahaan asuransi tentang risiko penyakit yang dijamin.

Sejauh ini, tiga asuransi kesehatan yang bagus seperti Prudential, Allianz Life, dan Generali menanggung klaim.

Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menetapkan penyebaran Covid-19 sebagai pandemik. Suatu penyakit baru masuk kategori pandemik apabila penyebarannya meluas secara global.

Meski demikian, Jerman telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemik melihat terus bertambahnya temuan jumlah orang yang mengidap Covid-19 di Eropa.

Negara yang bertetangga dengan Indonesia, Australia, pun telah menyatakan Covid-19 mesti ditangani dengan standar penanganan pandemik.

Baca juga: 2 WNI Positif Covid-19, Harga Masker dan Hand Sanitizer Meroket

Selain dengan asuransi kesehatan, pemerintah tanggung biaya pengobatan suspect/penderita Covid-19

asuransi kesehatan yang bagus

Pihak AAUI menyatakan sebagian besar polis asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi umum menjamin virus corona. Pemegang polis tinggal memastikan perlindungan tersebut dijamin pada polisnya.

Keputusan Menteri No. HK.01.07/MENKES/104/2020 menyatakan bahwa pemerintah menanggung seluruh biaya atas pengobatan masyarakat yang menjadi terduga alias suspect dan penderita Covid-19.

Hal ini berlaku pula pada pasien yang dirujuk ke rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah di kota masing-masing. Upaya ini diambil pemerintah untuk mencegah penyebaran virus agar tidak meluas dan menyebabkan kerugian lebih besar.

Dadang pun mewakili AAUI mengimbau kepada perusahaan asuransi kesehatan untuk turut aktif mengantisipasi wabah virus corona Covid-19.

“Kepada seluruh perusahaan asuransi diminta untuk dapat menyampaikan informasi preventif dalam upaya pencegahan virus Covid-19 kepada seluruh karyawan maupun kepada pemegang polis asuransi kesehatan melalui media sosial atau platform perusahaan,” ujar Dadang.

Baca juga: Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati, Berikut Biaya Tes Kesehatan di Jakarta

Beberapa asuransi kesehatan yang tanggung klaim pasien virus corona

asuransi kesehatan

Dalam peraturan asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan, penyakit yang disebabkan bencana dan pandemi umumnya termasuk ke dalam pengecualian klaim. Sejauh ini, Indonesia belum memasukkan kategori Covid-19 sebagai pandemi.

Meski wabah Covid-19 belum meluas di Indonesia, beberapa perusahaan asuransi swasta menganggap corona sebagai penyakit dengan jenis risiko yang belum terukur. Karenanya, mereka mengecualikan pertanggungan.

Sementara itu, BPJS Kesehatan, sesuai dengan anjuran keputusan menteri di atas, tetap menanggung klaim pasien diduga positif corona. Ini sejauh penyakit belum mencapai status kejadian luar biasa di Indonesia.

Beberapa polis asuransi swasta berikut ini juga menanggung klaim akibat virus corona:

#1 Asuransi kesehatan Prudential

Asuransi kesehatan yang dikelola PT Prudential Life Assurance ini menjanjikan perlindungan tambahan terhadap virus corona bagi nasabahnya.

Nasabah yang menjalani rawat inap akibat Covid-19 akan mendapatkan manfaat tunai tambahan sebesar Rp1 juta per hari (maksimal 30 hari) pada periode 28 Januari-31 Maret 2020. Prudential juga menjamin pencairan klaim bagi nasabah yang sedang berada di luar negeri.

#2 Allianz Life

Salah satu asuransi yang bagus dan terbesar di Indonesia ini menanggung nasabah yang terkena Covid-19. CMO Allianz Life mengatakan akan menanggung pasien yang berada di luar negeri dan hal ini disesuaikan dengan ketentuan dalam perjanjian polis.

#3 Generali

CEO Generali Edy Tuhirman mengatakan bahwa beberapa polis asuransi kesehatan Generali menanggung klaim Covid-19. Namun, proses klaim harus sesuai dengan perjanjian polis yang ditetapkan.

Jika kamu mengantongi salah satu dari brand di atas, segera cek polis kamu, ya! Kamu juga bisa mengonsultasikan langsung dengan perusahaan asuransimu. Karena, tentu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap jaga kesehatan, ya!

Sumber: Kompas, Katadata, Lifepal

Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Panik Wabah Corona, Rupiah Melemah 0,3% & 40 Saham LQ45 Masuk Zona Merah

IHSG Anjlok 4,87% Lantaran Wabah Corona, Coba 4 Opsi Alternatif Investasi Ini

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img