Lindungi Keamanan Datamu, Waspada Penggunaan VPN untuk Transaksi Online

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah koneksi antar jaringan yang bersifat pribadi, dilakukan melalui jaringan publik dan memungkinkan pertukaran sumber daya secara privat. Tapi, ada nggak sih kira-kira bahaya menggunakan VPN yang perlu diketahui?

Banyak yang menggunakan VPN ketika pemerintah membatasi penggunaan media sosial untuk memcegah penyebaran hoax. Namun, hati-hati dalam menggunakan jaringan ini karena banyak bahaya yang muncul saat menggunakan VPN gratis yang muncul di Google Play dan App Store dibanding koneksi internet biasa. Apa saja resiko menggunakan VPN gratis?

Bahaya menggunakan VPN untuk bertransaksi online

  • Data & bandwith kamu bisa dicuri

Ketika terhubung dengan VPN, semua kegiatan dan data kamu akan direkam oleh penyedia jasa VPN. Data-data itu nantinya akan dimanfaatkan untuk dijual secara ilegal, dibajak atau untuk melakukan hal-hal jahat lainnya.

Apakah kamu pernah dikirimkan SMS dari nomor yang tidak dikenal yang menawarkan uang atau hadiah? Bisa jadi data kamu dicuri dari data VPN.

Dampak lain adalah hacker juga bisa mencuri password dan akun kamu setika kamu bertransaksi mobile atau bermain games online. Bandwith-mu pun bisa dicuri. Misalnya Hola VPN yang mengambil data bandwith penggunanya dan membagikan ke pihak lain. Penjualan bandwith ini dikenal juga dengan Network Endpoint di mana penyedia layanan memindahkan bandwith yang lebih besar kepada pengguna yang lebih menguntungkan.

Namun untuk VPN berbayar memiliki aturan yang lebih ketat dibanding VPN gratis jadi untuk VPN berbayar tidak perlu khawatir. 

  • Mengancam keamanan perangkat

Ketika komputer dan handphone-mu disusupi, maka aplikasi dan programnya pun menjadi lamban kerjanya dan tidak aman. Mengakses internet dan situs yang kamu ingin tuju menjadi lamban. Kuota internet bisa dicuri. Virus dan malware pun menjadi mudah masuk. 

  • Kebocoran data dan alamat IP

Ada studi yang mengatakan 84% pengguna VPN gratis membuka IPv6 pengguna secara terang-terangan. Bahkan 60% diantaranya membocorkan permintaan DNS sehingga membuat histori perjalanan dan lokasi browser terbuka.

72% VPN gratis juga melacak aktivitas penggunanya dan kemungkinan dibagikan ke pihak ketiga. Kamu pun bisa mendapat serangan adware seketika yaitu iklan-iklan yang menganggu. 

Lalu bagaimana dampaknya kalau mengakses mobile banking atau internet banking menggunakan VPN? Apa resiko penggunaan VPN? Yang perlu diwaspadai adalah menggunakan VPN gratis karena bisa saja username, password dan pin kamu dicuri.

Kalau menggunakan VPN dengan vendor yang jelas seperti memiliki user & downloader ratusan juta dan dari perusahaan yang cukup besar dan sudah lama. Ciri lain yang bisa dilihat adalah bagaimana review yang didapat, apakah positif atau negatif. 

Ada bank yang justru mengharuskan penggunaan VPN seperti bank BCA. Untuk mengakses klik BCA bisnis diharuskan menggunakan VPN karena bisa terkoneksi ke layanan tersebut. Dari Bank CIMB Niaga juga mengingatkan semua nasabahnya untuk waspada menggunakan aplikasi VPN atau proxy di handphone karena ada kemungkinan penyebaran virus dan malware melalui tautan yang berbahaya. 

Tapi lebih baik kamu menonaktifkan aplikasi VPN gratis dahulu sebelum mengakses online perbankan. Kalau kamu sudah terlanjur mengakses mobile banking atau internet banking via VPN gratis, segera login kembali untuk mengganti password/PIN tanpa akses online dengan VPN gratis.

Apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti kehilangan uang di rekening, segera hubungi bank terkait untuk melakukan pengecekan secara rinci dan pemblokiran kartu ATM/Kartu kredit Anda. Hindari resiko menggunakan vpn dengan cara-cara yang pintar, ya!

Sumber: Detik, Kompas, Cermati, Liputan6

Baca juga:

Mau Decluttering? Yuk, Jual Barang Bekasmu Lewat Situs Belanjabekas

Cairkan Saldo JHT dari Rumah, Ini 5 Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Online

6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta

spot_img

Artikel Terbaru

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0

Head Of Human Resources

0
spot_img