Artikel Hindari Investasi Bodong, Ketahui 8 Modus Pialang Ilegal Menurut Bappebti Ini

Hindari Investasi Bodong, Ketahui 8 Modus Pialang Ilegal Menurut Bappebti Ini

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan sebagai badan pengawas aktivitas pialang dan perusahaan berjangka identifikasi sejumlah modus yang menurut Bappebti daftar pialang ilegal.

Sepanjang 2019, Bappebti telah blokir 299 yang menurut Bappebti daftar pialang ilegal. Pada Desember saja, Bappebti blokir 44 domain situs ilegal.

Sebanyak 44 situs entitas ilegal dalam perdagangan berjangka komoditi ini diblokir demi mewujudkan persaingan usaha yang sehat. Selain itu, ini adalah upaya untuk melindungi masyarakat dari investasi ilegal dengan potensi merugikan.

bappebti
Sumber: Maverick Bank Card

Bappebti rutin lakukan pengamatan dan pengawasan terhadap kegiatan perdagangan berjangka. Menurut Bappebti daftar pialang ilegal perlu diidentifikasi modusnya dan segera dibekukan.

Instruksi untuk blokir situs ilegal ini diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan di bidang perdagangan berjangka.

Bappebti berwenang melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencegah kerugian masyarakat dalam bidang perdagangan berjangka komoditi, termasuk memblokir situs ilegal ataupun menghentikan kegiatan ilegal.

Baca juga: Tertipu Memiles, Pengguna Investasi Bodong Ini Minta Perlindungan Hukum ke DPR

Delapan modus pialang ilegal yang telah diidentifikasi Bappebti

bappebti daftar pialang ilegal

Bappebti bekerja sama dengan Kemenkominfo, penyedia jasa web hosting, dan registrar untuk tindakan preventif memblokir domain entitas ilegal.

Pemetaan telah dilakukan Bappebti terhadap daftar pialang ilegal tersebut. Mereka diketahui menggunakan modus entitas ilegal untuk menarik calon nasabah.

#1 Modus pertama, entitas ilegal ini tampak melakukan aktivitas selayaknya pialang berjangka yang memperoleh izin usaha dari Bappebti.

#2 Modus selanjutnya, modus kedua, umumnya entitas ilegal ini membuat duplikasi atas web pialang berjangka legal. Namanya dibuat mirip dengan pialang berjangka legal.

#3 Sebagai modus ketiga, mereka menjanjikan bagi hasil. Nasabah menaruh sejumlah dana dan perusahaan akan bertransaksi dengan dana tersebut untuk raih keuntungan.

#4 Adapun modus keempat, adalah mereka menjanjikan pendapatan tetap yang tinggi dengan nilai persentase dalam jangka waktu tertentu dan/atau menawarkan bagi hasil (profit sharing).

#5 Mereka seolah-olah menjalankan transaksi kontrak berjangka, padahal itu hanya digunakan sebagai modus untuk mengelabui masyarakat agar menanamkan modal.

Dana yang terkumpul hanya berputar di antara anggota tanpa ditransaksikan di bidang PBK.

Baca juga: Rugi Hingga Puluhan Miliar, OJK Labeli Kampoeng Kurma sebagai Investasi Bodong

Adanya banyak kemiripan pialang ilegal, masyarakat mesti teliti

bappebti daftar pialang ilegal

#6 Modus keenam, mereka menjadi introducing broker (IB) dari pialang luar negeri dengan mencantumkan legalitas dari regulator dunia. Meski telah miliki legalitas dari regulator internasional, mereka masih perlu miliki izin usaha dari Bappebti.

#7 Pencatutan legalitas dengan menampilkan logo dari lembaga pemerintah untuk meyakinkan masyarakat menjadi modus ketujuh.

#8 Mereka menjalankan kegiatan seminar dan pelatihan di bidang perdagangan berjangka dengan penarikan margin untuk tujuan transaksi tanpa izin dari Bappebti.

Berdasarkan uraian berbagai modus ini, dengan demikian, masyarakat diharapkan selalu mengecek legalitas dan mempelajari mekanisme transaksi saat terjun dalam perdagangan berjangka komoditi.

“Sebelum berinvestasi, masyarakat diharapkan selalu mengecek legalitasnya; mempelajari mekanisme transaksi, untung dan rugi; serta tidak mudah tergiur dengan janji atau keuntungan di luar kewajaran,” ujar Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan M Syist.

Produk investasi emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti. Untuk mengetahui legalitas pialang berjangka lainnya, kamu dapat lakukan pengecekan langsung melalui situs web https://www.bappebti.go.id.

Sumber: Kontan, CNN Indonesia, Lifepal

Simak juga:

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Perusahaan Start Up Ramai Pilih Co-Working Space, Apa Alasannya?

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Artikel Terbaru