Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Blog

Belajar dari Investor Terkenal yang Bisa Meraup Cuan Besar

Belajar dari Investor Terkenal yang Bisa Meraup Cuan Besar

6 Jan 2021, 2:35 AM·Waktu baca: 4 menit
Kategori
Belajar dari Investor Terkenal yang Bisa Meraup Cuan Besar

Berharap mendulang untung dan sukses dari pasar saham adalah impian setiap investor di dunia ini. Namun untuk meraup cuan yang fantastis membutuhkan strategi. Merancang strategi yang tepat bisa dengan belajar pada orang-orang yang sudah terbukti dan berpengalaman, salah satunya adalah Peter Lynch.

Mungkin lebih banyak orang yang lebih mengenal Warren Buffett sebagai investor legendaris yang masuk jajaran orang terkaya di dunia.. Karena prinsip value investing-nya. Namun nama Peter Lynch sebenarnya bisa disejajarkan dengan Oracle of Omaha itu.

Bahkan dalam berinvestasi, keuntungan Peter Lynch tercatat lebih besar dari Warren Buffett. Lynch adalah seorang fund manager yang mengelola produk reksadana bernama Magellan Fund pada 1977-1990.

Dalam periode tersebut return bersih yang dihasilkan oleh Lynch mencapai 29%. Dengan begitu wajar saja namanya melegenda karena cuan yang berhasil diperoleh sangatlah fantastis. Dan masuk ke dalam klub elit bersama investor lain seperti Jim Simons, Steve Cohen, George Soros hingga Ray Dalio.

Baca juga: Cara Membeli Saham Secara Online

Ada beberapa karakteristik investasi Peter Lynch yang mungkin berguna untuk Anda para investor. Baik yang baru memulai ataupun yang sedang mengatur strategi untuk mendapatkan keuntungan fantastis di pasar modal.

Jadi Investor Harus Memiliki Pengetahuan Luas

Menurut Lynch, investor perlu membekali dirinya dengan pengetahuan yang luas. Dengan pengetahuan yang luas ini investor dapat mengambil keputusan yang tepat. Investor juga diharapkan terbuka terhadap peluang lain.

Peluang yang dimaksud adalah mencari saham-saham yang berpotensi cuan tetapi tidak masuk ke dalam radar para investor lain. Tentunya harus dilandasi dengan analisa yang komprehensif dan tidak asal pilih. Seringkali saham-saham yang tak dilirik ini pada saat yang tepat bisa membuatmu menjadi crazy rich.

Salah satu kutipan menarik dari Peter Lynch adalah “banyak orang yang kehilangan uangnya karena menunggu koreksi dan mengantisipasi koreksi daripada koreksi yang sebenarnya.”

Kutipan tersebut relevan dengan kejadian jatuhnya pasar saham global pada bulan Februari-Maret lalu.

Aksi jual besar-besaran membuat harga saham terkoreksi signifikan. Namun saat menyentuh titik terendahnya (bottom) banyak investor telah kehilangan kereta saat pasar saham mulai pulih.

Baca juga: 4 Langkah Sukses Trading, dari Stop Loss Sampai Ubah Perspektif!

Jadi Investor Harus Optimistis

Hal ini mengindikasikan bahwa sebagai seorang investor harus punya optimisme. Karakteristik pasar memang cenderung forward looking. Ambrolnya pasar saham global mengindikasikan bahwa pandemi Covid-19 akan memicu resesi ekonomi global terbesar pasca the great depression hampir seabad silam.

Namun setiap kali resesi datang, bukan berarti tak akan ada pemulihan. Toh setiap kali resesi terjadi selalu ada pemulihan. Ini menandai adanya periode siklus. Artinya Lynch melihat bahwa investor perlu tetap tenang dan panik.

Meskipun begitu panik sebenarnya adalah naluri yang alami sebagai bentuk upaya menyelamatkan diri. Panic selling yang pernah terjadi mungkin dianggap bagi sebagian kalangan hal yang tidak rasional.

Namun di balik semua itu sebenarnya panic selling juga menyimpan rasionalitas karena siapa juga yang mau nyangkut dan likuiditasnya seret saat resesi, ya to?

Poin lain yang disorot oleh Lynch adalah karakteristik investor yang mudah merasa senang dan tergiur untuk mengikuti tren semata. Namun pada dasarnya tren yang terjadi tidak memiliki hal yang substansial. Fenomena euforia inilah yang menjadi sorotan oleh Lynch.

Baca juga: Sukses di Usia 30 Tahun, Ini 30 Nama Mereka yang Berhasil di Dunia Keuangan

Banyak orang yang ingin menjadi tajir hanya dalam waktu sesingkat mungkin. Kalau bisa jadi kaya raya dalam hitungan hari kenapa harus menunggu hitungan bulan atau tahun.

Kalau bisa tajir dalam hitungan menit atau detik kenapa harus tunggu waktu sampai berhari-hari? Namun ingat euforia ini juga punya batas dan tidak berlangsung terus-terusan!

Jika melihat pada portofolio Lynch, kebanyakan cuan yang dihasilkan baru datang pada tahun ketiga bahkan kesepuluh setelah investasi. Lama sekali?

Lama memang. Ini adalah fakta yang sulit untuk diterima, terutama dalam beberapa tahun terakhir di mana arus berita keuangan 24/7 yang sudah luar biasa telah berubah menjadi makanan sehari-hari.

Investasi = Sabar

Di sini kesabaran menjadi kunci utamanya. Tak percaya? Peter Lynch sudah membuktikan. Lynch pernah mendulang cuan sampai 500% melalui Magelland Fund hanya dalam waktu satu tahun dari kepemilikannya atas saham Lukens Steel. Yang merupakan produsen baja tertua yang berlokasi di Pennsylvania, AS.

Memang saham tersebut meroket hanya dalam waktu setahun. Namun Lynch harus menunggu dengan sabar selama 15 tahun untuk mendapatkan cuan yang sangat fantastis itu dengan sabar dan disiplin mental.

Baca juga: Selain Inflasi, Apa Saja yang Pengaruhi Harga Emas? Cek 4 Faktor Lainnya!

Jadi Investor Harus Disiplin Mental

Satu hal lagi yang menarik dari cara dan pandangan Lynch soal investasi adalah disiplin mentalnya. Menurut Lynch sebagian besar investor memiliki atau dapat memperoleh pengetahuan yang cukup untuk menemukan saham-saham berkualitas.

Dengan potensi pertumbuhan berkelanjutan karena kriterianya tidak rumit. Lagipula pertumbuhan pendapatan tergolong mudah diidentifikasi. Intuisi kita tentang peluang investasi biasanya tepat sasaran.

Bagian yang sulit adalah mengabaikan semua kebisingan atau informasi, sentimen dan rumor yang beredar di pasar serta bertahan dengan saham yang dimiliki bahkan ketika segala sesuatunya terlihat suram.

Apabila berkaca pada kisah hidup Lynch sebagai investor kawakan di Wall Street. Kita bisa ambil kesimpulan adalah bahwa investor harus punya karakter dalam berinvestasi.

Hal ini dibentuk melalui disiplin mencari pengetahuan, target investasi jangka panjang dan psikologis yang mapan untuk tetap sabar dan konsisten di tengah gempuran informasi yang lebih sering membuat seseorang jantungan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait

Artikel Terkait

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar