Ini Biaya Tes Corona di Sejumlah Rumah Sakit, Ada yang Gratis Juga!

Wabah virus corona belum tunjukkan sinyal akan mereda. Peta persebaran corona per Minggu (5/4), kasus positif lebih dari 1,2 juta jiwa. Jika kamu sangat memerlukan tes untuk memastikan beberapa gejala, sejumlah rumah sakit di Indonesia tawarkan biaya tes corona berbeda.

Setelah 2.000 alat tes yang digunakan sebelumnya, pemerintah RI pastikan 50.000 alat tes corona tiba pada Minggu (5/4). Perusahaan asal Korea Selatan LG mendonasikan 50.000 unit polymerase chain reaction (PCR) diagnostic test kit.

LG merupakan grup usaha dari Korea Selatan yang beroperasi di beberapa bidang, antara lain LG Electronics yang telah berinvestasi selama 30 tahun, LG Chem, LG Innotek, dan LG International Indonesia.

biaya tes corona

Biaya tes corona bisa gratis asalkan memenuhi sejumlah syarat.

Alat tes PCR donasi dari LG ini digunakan untuk mendeteksi materi genetis khusus dalam virus. Metode PCR yang sering disebut sebagai swab test ini menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan. Akurasi hasil lebih tinggi dibandingkan rapid test.

Saat ini, kasus positif di Indonesia sebanyak 2.273 orang dengan 198 meninggal. Upaya tes masif dengan akurasi lebih tinggi diperlukan untuk atasi wabah ini.

Baca juga: Khawatir Belanjaan Terkontaminasi Corona? Ikuti 3 Cara Efektif Ini Yuk!

Biaya tes corona (COVID-19) di sejumlah rumah sakit

wabah virus corona

Sejauh ini, terdapat 360 RS rujukan untuk menangani COVID-19 di seluruh Indonesia. Tiap rumah sakit rujukan ini juga sediakan tes COVID-19.

Namun, jika tes dilakukan berdasarkan inisiatif pribadi dan tanpa memenuhi prasyarat sebelumnya, biaya tes harus ditanggung sendiri. Ini lantaran lab masih mengutamakan tes bagi mereka yang telah melakukan kontak dengan penderita.

Masing-masih rumah sakit menerapkan biaya tes corona dengan besaran harga berbeda. Berikut ini perkiraan biayanya:

RSU Persahabatan, Rp705.000

RSPI Dr. Sulianti Saroso, Rp275.000

RSPAD Gatot Subroto, Rp659.000 (Rp1,5-2 juta bila menggunakan tes lendir)

RSUD Pasar Minggu, Rp310.000

Adapun biaya tes corona bisa gratis asal memenuhi sejumlah persyaratan.

Baca juga: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

Persyaratan biaya tes corona digratiskan

biaya tes corona

Jika kamu merasakan gejala COVID-19, di antaranya demam, batuk kering, napas berat dan dada terasa sesak, sejauh masih dalam keadaan ringan, kamu dianjurkan untuk tetap di rumah dan meningkatkan imunitas tubuh.

Ini lantaran kapasitas rumah sakit dan tenaga medis dengan APD yang terbatas untuk menangani. Adapun jika kamu memiliki penyakit penyerta (diabetes, tekanan darah tinggi, dll) dan merasakan gejala semakin berat, kamu sebaiknya dirujuk ke rumah sakit rujukan corona.

Untuk digratiskan biaya tes corona, kamu harus memiliki surat rujukan dari dokter, sebagaimana dijelaskan Achmad Yurianto selaku jubir pemerintah untuk penanganan kasus corona.

Jika kamu merasakan gejala-gejala ringan, periksakanlah dirimu ke dokter umum terdekat. Jika dokter menyarankan untuk melakukan tes lebih lanjut dan memberi rujukan, kamu bisa membawa surat rekomendasi itu ke rumah sakit rujukan COVID-19.

Selain itu, biaya tes corona juga digratiskan bagi mereka dalam kelompok orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Dalam kategorisasi pemerintah ini, ODP adalah mereka yang baru pulang dari luar negeri, khususnya negara yang telah terinfeksi corona. Sementara PDP adalah mereka yang mengalami gejala terinfeksi, seperti flu, batuk, dan sesak napas.

Selain DKI Jakarta, beberapa rumah sakit rujukan COVID-19 di DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Surabaya telah juga menerapkan bebas biaya tes corona bagi peserta yang memiliki surat rujukan.

Bagi yang terinfeksi COVID-19 dan perlu dirawat di rumah sakit, seluruh biaya tes corona hingga perawatan ditanggung oleh pemerintah pusat.

Sumber: Detik Finance, Lifepal

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img