Menjajal Bisnis Variatif, Ini 6 Lini Bisnis Putra Bungsu Jokowi Kaesang Pangarep

Putra bungsu Presiden RI yang ketujuh Ir. Joko Widodo, Kaesang Pangarep, terkenal sebagai sosok yang nyentrik. Bisnis Kaesang bahkan konon lebih dulu dikenal alih-alih sosoknya sebagai putra presiden.

Sosok kreatif yang kerap menarik perhatian publik ini berprofesi sebagai pengusaha makanan, vlogger/narablog, dan aktor yang berperan dalam film Cek Toko Sebelah (2016).

kaesang pangarep

Selain bisnis Kaesang, karya-karyanya juga disimak publik dengan antusias. Kaesang Pangarep menampilkan sosoknya yang tidak tertarik dengan politik lewat kanal Youtube yang ia rintis sejak 2013.

Bahkan dari kanal Youtube Kaesang Pangarep saja, ia berhasil menyedot perhatian total 49,9 juta pengguna YouTube per Juni 2019.

Video yang ia unggah memang kerap kontroversial dan banyak dibagikan di media sosial. Ini lantaran sosoknya yang apa adanya dan kocak merebut perhatian netizen. Bagaimana tidak? Seorang anak presiden membiarkan dirinya menjadi objek candaan warga net!

Baca juga: Jajal Peruntungan Bisnis Kuliner Online, Ini 7 Cara yang Bisa Kamu Coba

Kaesang Pangarep dan jejak langkahnya

keluarga jokowi
Sumber: OKE LIFESTYLE

Lahir di Solo, Jawa Tengah, 25 Desember 1994, Kaesang mengenyam pendidikan dasar di SDN 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan. Sebagaimana sekolah kakaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Beranjak remaja, ia menamatkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan prodi International Baccalaureate. Dari sana, ia melanjutkan kuliah di Singapore University of Social Sciences (SUSS).

Sebelum bisnis Kaesang mulai dirintis, ia terlebih dulu menyandang gelar sarjana di bidang marketing dengan minor di bidang komunikasi. Ia lulus sebagai wisudawan dengan penghargaan di bidang kewirausahaan. Dari penghargaan ini, ia memboyong SGD 5.000 (Rp51 jutaan).

Kaesang memulai karier sebagai narablog yang disorot publik lantaran ia adalah putra calon presiden, tetapi muatan kontennya “unik”.

Di tengah Pemilihan Presiden 2014 dengan ayahnya sebagai kandidat, ia justru mengunggah video tentang pengalamannya mencicipi daging babi di Singapura.

Selanjutnya, ia mengunggah video beradu panco dengan ayahnya yang telah menjadi presiden. Video itu disukai banyak netizen.

Baca juga: Ramai Bisnis Boba Tea & Minuman Kekinian, Bagaimana Sih Cara Memulainya?

Bisnis Kaesang dirintis dari ketertarikannya yang bervariasi

Publik tentu mulanya mengenal Jokowi sebagai pengusaha mebel sebelum menjadi presiden. Alih-alih melanjutkan usaha ayahnya, bisnis Kaesang justru berangkat dari ketertarikannya pribadi.

Ia memulai beragam usaha dari menjual kaus merchandise dengan tema “kecebong” (julukan politis untuk pendukung ayahnya), usaha kopi, restoran, aplikasi Madhang, hingga penjualan kuliner pisang goreng nugget yang dilabeli “Sang Pisang”.

Kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, dikenal sebagai pengusaha kuliner martabak Markobar, sementara bisnis Kaesang lebih bervariasi. Yuk, kita telusuri satu per satu bisnis yang ditekuni oleh adik Gibran ini. Setidaknya, ia telah merintis enam bisnis:

#1 Bisnis Kaesang “Sang Pisang”

kaesang pangarep
Sumber: BISNIS TEMPO/ANTARA

Usahanya ini dirintis sejak Desember 2017 dan memperoleh respons positif dari publik hingga tumbuh besar. Berbagai gerai Sang Pisang bisa ditemui di banyak kota dan tersebar di Indonesia.

Puluhan cabang juga dibuka di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain menyajikan pisang nugget, bisnis ini juga menyediakan berbagai minuman dingin yang inovatif.

#2 Aplikasi Madhang

Ekspansi bisnisnya juga menyentuh ranah kekinian bagi anak muda, ranah digital lewat sentuhan aplikasi. Ia meluncurkan aplikasi Madhang pada Desember 2017. Aplikasi ini berkonsentrasi pada jual beli menu makanan khas rumahan.

Bisnis yang berpusat di Semarang ini beroperasi untuk wilayah Jakarta dan mengajak siapa saja untuk bergabung menjadi mitra. Siapa pun bisa mempromosikan dan menjajakan masakan rumah yang dijualnya, termasuk ibu rumah tangga.

#3 Bisnis Kaesang “Sang Javas”

bisnis kaesang
Sumber: TRIBUN JATENG

Lini bisnis Kaesang yang satu ini bergerak di bidang apparel dan clothing, rilis sejak 2017. Produknya dijual di kisaran harga Rp150 ribu dan terbilang banyak diminati.

Menariknya, ia kerap mengenakan sendiri berbagai desain kaus yang diproduksinya.

Baca juga: Mau Coba Tren Bisnis Goyang Lidah? Ini 17 Ide Usaha Makanan Unik Untukmu

#4 Restoran “Mangkok Ku”

Untuk yang satu ini, Kaesang menggarap bisnis kuliner dengan menggandeng kakaknya, Gibran. Ia juga mengajak masterchef Indonesia Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius Kartadinata.

Menu andalan mereka ialah rice bowl, endog curry sauce, garlic prawn, dan berbagai santapan dengan resep khusus. Restoran ini mengedepankan menu makanan dan minuman khas nusantara dengan citarasa tinggi.

Restoran dengan slogan “bersih merakyat nikmat nyata” ini dapat ditemukan di sejumlah cabang di wilayah Jakarta.

#5 Bisnis Kaesang “Ternakopi”

Ternakopi Kaesang
Sumber: DETIKFOOD

Ia juga menjajal bisnis kopi, lho! Masih menggandeng Gibran, gerai Ternakopi dengan slogan “Karena Ini Kopi Ter’enak” ini tak hanya tersedia di Jakarta, tapi juga dibuka di Tegal dan di Surabaya pada Januari 2020.

Bisnis Kaesang satu ini menyediakan berbagai minuman dengan menu andalan kopi yang diolah dengan teknik cold brew dengan soft drink yang menyegarkan. Variannya di antaranya taro, red velvet, matcha, avocado creamy, baileys, rum, hingga madu dan cokelat.

#6 Bisnis Lele, Empal Gentong, dan Pasta Buntel

Kaesang Pangarep juga merintis bisnis ikan lele, kedai empal gentong Cirebon, dan warung pasta “Pasta Buntel” yang berkolaborasi dengan Gibran dan beberapa orang teman.

Pada “Pasta Buntel”, Kaesang berinovasi dengan melakukan fusion atas pasta dan cita rasa makanan Jawa. Per menu dibanderol dengan harga di kisaran Rp17-20 ribu, disajikan dan dibungkus (dibuntel) dengan daun pisang, lalu dibakar dengan bara api kecil.

Menarik, ya, kiprah putra bungsu Jokowi ini? Apalagi kalau kita tahu alasan bisnis Kaesang ini bertumbuh seperti ini karena ia ingin membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi publik.

Ia berpegangan bahwa semakin besar bisnis yang ia rambah, maka semakin banyak pula pegawai yang dapat ia pekerjakan. Hayo, kamu jadi tertarik bikin bisnis juga enggak?

Sumber: Cermati

Simak juga:

Mulai Investasi dengan Risiko Kecil, Sudah Coba 5 Jenis Investasi Ini Belum?

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Recent Articles

apa itu market share

Apa Itu Market Share?

faang stocks adalah

Apa Itu FAANG Stocks?

definisi regresi

Apa Itu Regresi?

wall street adalah

Apa Itu Wall Street?

volatilitas adalah

Apa Itu Volatilitas?

Related Stories