Currently set to Index
Currently set to Follow

Bayar Pajak Hingga Bioskop, Ini Bukti Bitcoin Sudah Menyusup Jadi Alat Transaksi!

Transaksi Bitcoin sebagai alat tukar dan pembayaran adalah salah satu faktor yang membuat aset kripto ini meningkat nilainya. Nah, saat ini Bitcoin semakin diakui untuk berbagai macam transaksi lho! Penasaran? Simak di sini!

1. Bayar Pajak dengan Bitcoin dan Ethereum

Kanton atau Kota Zug di Swiss sekarang mengizinkan penduduknya membayar pajak dalam cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH). Hal itu difasilitasi oleh Bitcoin Suisse, pialang kripto lokal yang memungkinkan peluang baru dalam kemitraan dengan kanton.

Rencana ini sudah diumumkan pemerintah kanton Zug pada 17 Februari 2021 lalu. Bahkan, di hari yang sama, pemerintah kanton juga sudah menempatkan memo resmi untuk opsi pembayaran pajak menggunakan Bitcoin di situs resminya sekaligus memberikan petunjuk video terperinci untuk membayar tagihan pajak dengan aset kripto.

Baca juga: Kenapa Sih, Bitcoin Bisa Punya Nilai? Yuk, Simak Penjelasannya di Sini!

“Langkah maju untuk adopsi aset kripto ini telah dirintis oleh kantor pajak wilayah Zug menggunakan solusi pembayaran aset kripto Bitcoin Suisse. Ini adalah satu lagi tanda inovasi di Blockchain Nation CH, “tulis Bitcoin Suisse.

Kanton Zug awalnya mengumumkan rencana untuk mulai menerima transaksi Bitcoin dan Ethereum untuk pembayaran pajak pada September 2020. Mereka menawarkan opsi pembayaran baru ini untuk perusahaan dan masyarakat lokal di sana.

Hal ini bukanlah pertama kalinya Kanton Zug bersikap semringah terhadap adopsi aset kripto. Pada Mei 2016 lalu, kota Zug juga sudah menguji coba transaksi Bitcoin untuk layanan publik dengan batas pembayaran hingga 200 franc. Akibat kebijakan positifnya terhadap aset kripto, tak heran jika wilayah ini dijuluki sebagai lembah kripto.

Namun,  Zug bukanlah lokasi pertama di Swiss yang mendukung pembayaran pajak dengan aset kripto. Zermatt, sebuah kotamadya di distrik di kanton Valais, meluncurkan opsi pembayaran pajak dengan Bitcoin dalam kemitraan dengan Bitcoin Suisse pada Januari 2020.

Bayar Pajak Hingga Bioskop, Ini Bukti Bitcoin Sudah Menyusup Jadi Alat Transaksi!, Pluang

2. Nonton Bioskop dengan Transaksi Bitcoin

Major Cineplex Group, jaringan bioskop terbesar di Thailand, dilaporkan telah meluncurkan proyek percontohan pembayaran aset digital yang memungkinkan pelanggan membayar dalam Bitcoin.

Langkah tersebut dilakukan konglomerat bioskop untuk mendukung opsi pembayaran inovatif bagi pelanggannya. Di Bangkok, pelanggan dapat memasuki bioskop Major Cineplex Ratchayothin hanya dengan memindai kode QR dan membayarnya dengan Bitcoin.

Proyek transaksi Bitcoin ini akan tersebar di seluruh negeri. Diperkirakan, 39 bioskop lainnya di Thailand akan menyediakan opsi ini kepada pelanggan pada akhir tahun 2021.

Langkah Major Cineplex Group dilakukan saat Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) berupaya menarik pemegang mata uang kripto ke negara tersebut. Pada fase pertama dari rencana ini, TAT menargetkan turis dari Jepang, salah satu dari 10 negara teratas berdasarkan penggunaan kripto.

Baca juga: Mau Investasi Bitcoin dengan Risiko Rendah? Yuk, Ikuti Tips Berikut!

Di sisi lain, untuk penggemar kripto yang tumbuh di dalam negeri di Thailand, pengakuan pemerintah dan peraturan soal aset kripto tidak selalu berjalan lancar.

Awal bulan ini, regulator keuangan negara gajah putih itu dipaksa untuk menarik kembali proposal regulasi aset kripto yang kontroversial. Artinya, otoritas jasa keuangan Thailand secara efektif akan melarang individu berpenghasilan rendah dan menengah di Thailand untuk berinvestasi dalam aset kripto.

Dilakukan atas nama perlindungan konsumen, proposal tersebut menyiratkan bahwa aset kripto yang sangat fluktuatif bukanlah pilihan investasi yang tepat. Apalagi, untuk orang-orang yang belum memiliki kekayaan bersih yang tinggi dan berpengalaman dalam investasi.

Sebaliknya, calon investor harus memiliki pengalaman investasi selama dua tahun di bawah untuk berinvestasi di aset kripto. Kemudian memiliki 1 juta baht (US$32.000) pendapatan pribadi , kekayaan bersih 10 juta baht (US$325.000), atau portofolio investasi 5 juta baht (US$162.000).

Namun, menyusul reaksi yang signifikan, otoritas pengawas jasa keuangan Thailand telah membatalkan proposal tersebut. Maka dari itu, para cinephiles Thailand yang juga penggemar aset kripto untuk saat ini setidaknya bebas menikmati popcorn mereka dengan damai.

3. Transaksi Bitcoin: Menginap di Hotel Mewah 

Pengguna aset kripto sekarang dapat membayar kamar hotel mereka dengan Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum saat mereka menginap di hotel Kessler Collection.

Grup hotel mewah, yang memiliki hotel di negara bagian Alabama, Colorado, Georgia, Florida, Carolina Utara dan Carolina Selatan Amerika Serikat ini, mengumumkan bahwa mereka akan menerima aset kripto termasuk “meme-token” Dogecoin sebagai bentuk pembayaran.

“Langkah ini akan memudahkan para tamu yang bepergian secara global. Baik terkait waktu yang dihemat dari pergi ke penukaran mata uang lokal, serta soal uang yang disimpan dengan nilai tukar yang lebih rendah,” kata Chief Financial Officer Kessler, Fravy Collazo.

Pengumuman itu dipublikasikan setelah banyak institusi seperti Tesla dan Dallas Mavericks berjanji untuk mengadopsi aset kripto sebagai alat pembayaran.

Baca juga: Mending Investasi Emas atau Bitcoin? Simak Saran 10 Pakar Investasi Ini!

Sebelumnya pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban telah menyatakan bahwa Dogecoin tidak memiliki nilai intrinsik dan hanya merupakan aset yang “menyenangkan”. Lucunya, tim NBA-nya sekarang menjadi trader Dogecoin terbesar di dunia. Minggu lalu dia mengumumkan bahwa timnya telah menyelesaikan lebih dari 200.000 transaksi dengan token tersebut.

Pelanggan di hotel Kessler Collection akan dapat membayar dalam Bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, Dogecoin, serta stablecoin USDC, Binance USD, Gemini Dollar, dan PAX.

Namun, semakin banyak investor bitcoin menyebarkan pesan “HODL,” yang berarti memegang cryptocurrency dalam jangka panjang dan menghindari penjualan. Hal itu dinilai membuat sulit terjadinya lonjakan besar transaksi Bitcoin setelah pengumuman ini.

“Jika Anda fokus untuk pertumbuhan investasi Anda, pertanyaannya adalah mengapa Anda pergi berlibur jika Anda dapat menginvestasikan dana itu dalam aset kripto?” kata Thomas Perfumo, Kepala Operasi dan Strategi Bisnis di Kraken.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Warta Ekonomi, Coinvestasi, Business Insider

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img