Currently set to Index
Currently set to Follow

Jangan Ngaku Kaya Kalau Belum Punya Black Card! Apakah Itu Black Card?

Ada satu cara mudah untuk mengetes apakah seseorang benar-benar kaya atau tidak: Tanyakan saja, apakah mereka memiliki kartu kredit Black Card?

Black card adalah simbol status sosial tertinggi dewasa ini. Sebab, pemegangnya bukan orang sembarangan. Yang memilikinya biasanya termasuk golongan elite, miliarder, atau masuk jajaran orang terkaya di dunia.

Jangan keliru membedakan Black Card ini dengan kartu debit atau kredit platinum dari bank-bank yang umumnya juga berwarna hitam. Black Card didesain dengan warna hitam yang sarat akan kesan elegan dan eksklusif. Kartu jenis ini sudah beredar sejak 1999 dan digunakan hanya oleh orang-orang tajir mampus.

Pemilik kartu ini biasanya adalah kalangan elite dengan pengeluaran yang terhitung (sangat) besar, bahkan untuk pembelian dengan angka-angka fantastis. Spesialnya, kartu ini tidak terbuat dari plastik biasa, tetapi dari anodized titanium yang memberikan kesan mewah dan glamor dengan berat kartu sekitar 14 gram.

Dilansir dari Forbes, pemegang kartu istimewa ini akan mendapatkan keuntungan seperti akses layanan kelas VIP di 32 bandara, gratis hotel dengan pilihan beragam, akses lounge bandara kelas VIP, dan layanan concierge 24 jam. Pemilik kartu Black Card adalah juga mereka yang dapat menghadiri acara selebritas dan hiburan, juga penawaran olah raga dan kuliner.

Pemegang Black Card juga bisa menyewa jet pribadi untuk bepergian. Saking saktinya kartu ini, bahkan ada beberapa toko yang bersedia tutup untuk umum jika sang pemilik kartu ini ingin berbelanja secara privat.

Baca juga: Hobi Travel atau Belanja, Pilih Keuntungan Kartu Kredit Sesuai yang Kamu Butuhkan

Jangan Ngaku Kaya Kalau Belum Punya Black Card! Apakah Itu Black Card?, Pluang

Black Card Adalah Kartu Eksklusif yang Dirilis oleh American Express

Business Centurion Card Amex
Sumber: Business Insider

Black Card, atau dikenal juga dengan nama Centurion Card, mengacu pada kartu pembayaran yang diterbitkan oleh perusahaan American Express (Amex). Sejak rilis pada 1999 oleh Amex, kartu ini menjadi kartu pembayaran eksklusif yang hanya bisa dimiliki kalangan tertentu. Mayoritas pemegangnya adalah pengusaha atau selebritas ternama.

Seseorang hanya bisa memiliki kartu ini lewat undangan eksklusif dari pihak American Express. Meski begitu, memiliki kartu ini bukan hal yang mustahil meski tidak memperoleh undangan dengan memenuhi beberapa syarat. Salah satunya adalah memiliki pengeluaran tahunan minimal sebesar US$250 ribu, atau Rp3,5 miliar. Namun, ada juga yang menyebut bahwa kartu ini baru bisa diberikan bagi mereka yang sering berbelanja minimal US$450 ribu per tahun.

Adapun terdapat sejumlah biaya yang harus disiapkan untuk menggunakan kartu ini. Biaya Black Card adalah biaya yang perlu dibayarkan untuk mempertahankan kartu eksklusif ini, yakni biaya inisiasi/biaya pendaftaran sebesar US$10.000 dengan iuran tahunan sebesar US$5.000.

Saking eksklusifnya kartu ini, tidak banyak informasi yang diketahui publik mengenai persyaratannya. Selain memiliki pengeluaran di angka US$250 ribu, berbagai laporan menyebut bahwa pemegangnya juga harus memiliki penghasilan minimal US$1 juta per tahun.

Selain itu, pemegangnya juga wajib memiliki satu kartu kredit American Express yang lain dengan jangka waktu minimal setahun dan tercatat sudah menghambur-hamburkan uang banyak melalui kartu kredit tersebut.

Berbagai Manfaat ‘Wah’ dari Kartu Black Card Amex

Biaya ini dikenakan untuk berbagai kelebihan yang dapat diperoleh oleh pemegang kartu. Dikutip dari Creditcardinsider, berikut ini beberapa keuntungannya:

  • Pelayanan akses VIP, prioritas umumnya diberikan kepada pemegang kartu ini oleh sejumlah event atau tempat
  • Akses sebagai tamu elite di sejumlah hotel mewah, pemegang Black Card adalah orang-orang yang bisa memperoleh status tamu elite di hotel-hotel mewah. Status ini memungkinkan pemegangnya mendapatkan kelonggaran dalam banyak hal, misalnya upgrade kamar atau memundurkan jadwal check out.
  • Memperoleh akses Centurion Lounge di seluruh bandara, pemegang kartu ini menikmati kemewahan Centurion Lounge yang ada di sejumlah bandara internasional. Centurion Lounge tergolong sebagai lounge terbaik di dunia karena memiliki makanan berkualitas tinggi hingga pelayanan yang sangat memuaskan.
  • Status penyewaan mobil elite, kartu ini memberi akses pada perusahaan persewaan mobil elite seperti Hertz dan Aviz. Kartu Black Card adalah kartu yang diterima untuk program Centurion Auto, yakni akses layanan penyewaan mobil mewah dengan harga pilihan. Beberapa kendaraan kelas atas eksotis seperti Lamborghini, Bentleys, dan bahkan mobil balap Formula Satu (F1) bisa disewa dengan kartu ini, disertai asuransi persewaan mobil dan bantuan pinggir jalan (derek gratis dan jumpstarting).
  • Mendapatkan poin reward, setiap menggunakan kartu ini, pemegangnya akan memperoleh 1 poin reward.
  • Jasa Staf Concierge yang rela melakukan tugas apapun. Beberapa tugas concierge Black Card yang terdengar ‘gila’ diantaranya adalah mengantar anak salah satu nasabah Black Card menggunakan sepeda motor ke Laut Mati di Timur Tengah dan menjadwalkan audisi sinetron bagi salah satu nasabahnya yang ngebet jadi aktris. Bahkan, terdapat pula concierge yang menjadi wedding organizer dadakan untuk nasabahnya.
  • Akses ke kamar paling mewah di berbagai kapal pesiar

Amex Menginspirasi Penerbit Kartu Lain Untuk Merilis Black Card

Mastercard Black Card
Sumber: Creditdonkey.com

Seolah tak mau kalah, penerbit kartu kredit lainnya pun mulai mengikuti jejak American Express. Salah satu kartu yang dianggap punya kasta yang hampir setara dengannya adalah The Mastercard Black Card.

Berbeda dengan Centurion Card milik American Express, semua orang bisa mendaftar keanggotaan kartu kredit ini. Selain itu, iuran tahunan kartu ini hanya US$495, hampir sembilan kali lipat lebih kecil dibanding Centurion Card.

Kartu The Mastercard Black Card pun diproduksi menggunakan baja anti karat hitam seberat 22 gram yang telah dipatenkan dan diproses menggunakan teknik Physical Vapor Deposition, tidak menggunakan titanium layaknya kartu milik Amex.

Manfaat yang ditawarkan black card versi Mastercard ini adalah:

  • Jasa concierge yang tersedia selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Mereka bisa dimintai tolong menggunakan surel, telepon, dan aplikasi pesan singkat.
  • Pelesiran mewah di lebih dari 3 ribu properti di seluruh dunia dengan fasilitas per malam minimal US$500
  • Asuransi ponsel senilai US$1.000 per tahun
  • Bebas akses ke 1.300 lounge eksklusif di bandara seluruh dunia dan bisa membawa tamu berapa pun.
  • Mendapat poin setara dengan 1,5% cashback di setiap pembelanjaan

Apa Saja Alternatif Kartu yang Sejenis Dengan Amex Black Card?

Belum menerima undangan untuk memperoleh Black Card? Jangan khawatir. Ada sejumlah kartu kredit mewah lainnya yang bersifat eksklusif. Beberapa jenis kartu lain juga menawarkan keunggulan untuk perjalanan yang luar biasa dengan status elite, bahkan dengan biaya tahunan yang lebih terjangkau. Beberapa di antaranya:

  • The Platinum Card® dari American Express
  • Kartu Citi Prestige®
  • Chase Sapphire Reserve®

Baca juga: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Credit Card Insider, Tirto, Hipwee, TribunNews

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img