Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dari Call Center BPJS Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

0
2222
call center bpjs kesehatan

Ada keluhan dan informasi atau masalah mengenai layanan BPJS Kesehatan yang ingin kamu sampaikan? Daripada kamu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dan mengambil nomor antrian untuk menanyakan informasi dan menginfokan keluhan tersebut. Akan lebih baik kamu kontak call center BPJS Kesehatan yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja selama 24 jam. 

Hubungi kontak BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400. Kamu juga bisa bertanya pada akun-akun media sosial BPJS Kesehatan dan memperoleh informasi dari media tersebut. Beberapa akun media sosial yang tersedia adalah Facebook @BPJSKesehatanRI, Twitter @BPJSKesehatanRI, dan Instagram @bpjskesehatan_ri. 

Apa saja yang bisa dilakukan dengan call center BPJS Kesehatan

  • Pendaftaran peserta PBPU baru=

Apa itu PBPU? Singkatan dari Peserta bukan Penerima Upah (PBPU) ataupun peserta mandiri. Misalkan kamu ingin menambahkan anggota keluarga sebagai peserta mandiri melalui layanan call center.

Kamu bisa menanyakan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar dan pastikan nomor induk kependudukan dan seluruh anggota keluarga telah tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Kamu juga bisa menyiapkan beberapa dokumen ini sebagai berikut:

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Nomor rekening untuk autodebet, bisa mulai dari BRO, BNI, Mandiri dan BTN
  4. Email
  5. Nomor handphone
  6. Kelas rawat
  7. Fasilitas kesehatan 1 (faskes) yang dipilih
  • Perubahan data kepesertaan

Apabila kamu perlu melakukan perubahan data kepesertaan bisa juga menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan. Tak hanya perubahan data kepesertaan, tetapi juga perubahan fasilitas tingkat pertama dan perubahan kelas rawat. 

Pastikan juga kamu sudah terdaftar di Faskes I lebih dari 3 bulan kalau mau ubah faskes. Sedangkan perubahan kelas rawat hanya berlaku untuk peserta PBPU atau peserta mandiri. Untuk mengubahnya pun kamu harus terdaftar lebih dari satu tahun di kelas rawat sebelumnya. 

Untuk keperluan perubahan ini, kamu bisa lebih dahulu mengontak call center BPJS Kesehatan dan memastikan semua sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

  • Layanan semua informasi dan pengaduan/keluhan

Setelah pendaftaran dan perubahan data, kamu juga bisa menanyakan semua informasi perihal semua layanan BPJS Kesehatan atau data peserta dan keluarganya. 

Apabila ada masalah atau keluhan bisa juga disampaikan ke agen call center tersebut sehingga bisa dibantu untuk dituntaskan masalahnya dan membantu layanan BPJS Kesehatan agar lebih baik di kemudian hari.

  • Layanan konsultasi kesehatan seperti tanya dokter (teleconsulting)

Terakhir, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai kesehatanmu. Agen call center akan membantu semaksimalnya agar kamu atau kerabat bisa mendapatkan informasi terbaik.

Dengan adanya call center BPJS Kesehatan ini, pendaftaran anggota baru pun lebih mudah dan efisien. Kamu bisa mengonfirmasi dahulu dokumen apa saja yang dibutuhkan sebelum ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Sehingga kamu tidak perlu bolak balik ke kantor BPJS Kesehatan apabila ada kesalahan. Selanjutnya, kamu bisa merubah data kepesertaan dengan lebih mudah dan efisien. Segala informasi dan keluhan terkait BPJS Kesehatan pun bisa didapatkan dan disampaikan dengan lebih mudah kalau ada call center 24 jam.

Berbeda halnya dengan kantor BPJS yang memiliki waktu operasional. Info mengenai kesehatan pun bisa kamu dapatkan dengan cuma-cuma secara efektif. 

Ada pertanyaan lain seputar BPJS Kesehatan? Jangan ragu hubungi call center 1500 400 yang aktif selama 24 jam untuk membantu keperluan dan kebutuhanmu. BPJS Kesehatan memang berkomitmen untuk terus melayani masyarakat seutuhnya. 

Sumber: MoneySmart, Online Pajak

Baca juga:

3 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Tingkatkan Potensi Dipanggil Interview, Ini 4 Aplikasi yang Bisa Percantik CV-mu

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here