Currently set to Index
Currently set to Follow

Waspada HP Ilegal! Ini Cara Cek Nomor IMEI Ponsel Kamu di Tahun 2021!

Semua pengguna ponsel pasti ingin mengganti gawainya dengan model yang lebih anyar. Namun, ketika membeli ponsel baru, kadang kita tidak bisa menilai apakah gawai tersebut resmi atau tidak. Nah, cara mudah untuk cek legalitas ponsel adalah dengan mengidentifikasi nomor IMEI. Tapi, bagaimana cara cek IMEI, khususnya untuk cek IMEI iPhone atau Android?

Sebelum melangkah ke sana, ada baiknya kita memahami arti dari deretan nomor IMEI di ponsel.

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas dari ponsel yang kita gunakan. Setiap ponsel memiliki nomor ini sebagai identitas perangkat. IMEI yang dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya.

Apabila nomor IMEI tersebut tidak terdaftar dalam basis data pemerintah dan operator, ponsel tersebut berpotensi diblokir dari layanan seluler. Akibatnya, pemilik ponsel tidak bisa terhubung dengan koneksi seluler, sehingga ponsel tidak bisa dipakai untuk berinternet, menelepon, ataupun kirim SMS.

IMEI Harus Terdaftar di Kemenperin

Mulai tahun lalu, pemerintah berupaya menekan distribusi ponsel ilegal lewat identifikasi IMEI.

Aturan kontrol nomor IMEI ini telah diberlakukan oleh Kementerian Perindustrian RI sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11 Tahun 2019 yang telah disahkan. Kemenperin akan secara otomatis memblokir gawai yang tidak ber-IMEI.

Pemberlakuan aturan mengenai IMEI disetujui berdasarkan kerjasama antara Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Karena itu, pembeli gawai baru dianjurkan untuk mengetahui cara cek IMEI demi mengetahui legalitas ponselnya.

Dalam aturan ini, dijelaskan bahwa perangkat smartphone atau gawai yang IMEI-nya tidak terdaftar di basis data pemerintah akan secara otomatis terblokir. Selain pertimbangan betapa seriusnya pemerintah menangani masalah IMEI ini, apa saja fungsi penting lain dari IMEI?

Baca juga: Mau Cairkan JHT? Cek Dulu Saldo BPJS TK-mu dengan 3 Cara Mudah Berikut

Waspada HP Ilegal! Ini Cara Cek Nomor IMEI Ponsel Kamu di Tahun 2021!, Pluang

Fungsi Penting IMEI

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 16 digit dan biasanya sudah tertanam di gawai sejak awal pembelian. Formatnya biasanya adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B merupakan Type Allocation Code atau TAC. TAC memberikan petunjuk mengenai negara pembuatan model dari gawai.

Meski hanya terdiri dari angka-angka, nomor IMEI ini dapat digunakan untuk memblokir gawai agar tidak lagi bisa mengakses internet.

Dengan identifikasi nomor ini, nomor IMEI akan sangat berguna saat kamu kehilangan gawai. Selain itu, nomor IMEI juga dapat digunakan untuk perintah memblokir gawai saat hilang. Canggihnya lagi, nomor IMEI bisa dipakai untuk melacak keberadaan gawai saat hilang.

Baca juga: Penawaran Kartu Kredit, Ambil atau Jangan?

Cara Cek IMEI, Langkah demi Langkah

Sejumlah perangkat menyediakan nomor IMEI di bagian belakang perangkat, seperti halnya gawai produksi Samsung dan beberapa tipe iPhone. Namun, jika pada gawaimu tidak tertera hal serupa, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut:

Cara Cek IMEI Android

  • Buka menu Pengaturan;
  • Klik Tentang Ponsel;
  • Ketik Status atau Umum;
  • Klik Tentang Perangkat > Status.

Cara Cek IMEI iPhone/iOS

  • Cari menu Pengaturan;
  • Klik Umum > Tentang;
  • Scroll layar dan cari menu IMEI.

Selain itu, kamu juga bisa memanggil lewat *#06# di aplikasi dialer dengan ponselmu untuk cara cek IMEI iPhone yang efisien. Selain itu, kamu juga bisa mengecek izin Postel dan memvalidasi nomor sertifikat Postel di setiap perangkat.

Sertifikat ini menandai bahwa perangkat sudah lolos uji transmisi dan penerimaan sinyal radio Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPP) Kementerian Kominfo. Nomor sertifikat Postel biasanya dapat ditemui di label pada kotak penjualan yang mencantumkan informasi nomor IMEI.

Apakah IMEI Sudah Terdaftar di Kemenperin?

Selanjutnya, setelah kamu tahu nomor IMEI lewat cara cek IMEI di atas, ini saatnya untuk mengecek apakah IMEI tersebut sudah terdaftar. Berikut ini langkah untuk cek terdaftarnya IMEI di Kemenperin:

  • Akses halaman http://imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan nomor IMEI perangkat ke kolom isian yang tersedia untuk pengecekan
  • Jika muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, maka gawaimu telah didistribusikan lewat jalur resmi.

Sementara itu, apabila ponselmu belum terdaftar di situs Kemenperin, bisa jadi karena ponsel itu adalah gawai dari black market (BM) yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Hi Tekno, Republika, Kompas

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img