Currently set to Index
Currently set to Follow

Demi Bisa Menabung, Simak Cara Hidup Hemat dan Sehat dalam 7 Langkah

Jika kamu ingin mengelola keuangan dengan lebih baik, kamu perlu menerapkan cara hidup hemat dan sehat. Ini termasuk juga cara hemat uang bulanan dan mengatur keadaan keuangan agar lebih tertata dan sesuai dengan ekspektasi.

Pola hidup hemat perlu diterapkan sejak dini dan ini mengisyaratkan pengendalian diri. Demi mengatur masa depan dan berbagai kegiatan yang ingin dilakukan, setidaknya kamu mesti memiliki modal yang cukup.

Tak pelak, cara hemat uang ataupun menerapkan cara hidup hemat dan sehat adalah suatu keniscayaan demi memenuhi impian atau wishlist-mu.

Berhemat dan menabung akan memberi manfaat bagimu agar merasa terbebas dari perasaan khawatir akan masalah keuangan.

Membiasakan pola hidup hemat sejak dini akan membiasakanmu menjadi pribadi yang lebih matang dalam memikirkan konsekuensi finansial dan mengambil keputusan.

Kebiasaan berhemat akan memberi modal dan dana cadangan bagimu untuk membangun masa depan karier, modal wirausaha, hingga persiapan dana pensiun. Karena merencanakan ketangguhan finansial sepenting itu, yuk cari tahu cara berhemat yang pas buat kamu!

Baca juga: 5 Cara Menabung yang Tepat demi Wujudkan Resolusi Keuangan 2020

Demi Bisa Menabung, Simak Cara Hidup Hemat dan Sehat dalam 7 Langkah, Pluang

7 Cara Menabung yang Dijamin Hemat dan Sehat!

1. Menyusun Daftar untuk 30 hari

Solusi terbaik untuk tidak terjebak hidup boros adalah dengan menyusun daftar untuk 30 hari ke depan. Tentukan mana prioritas kebutuhan dan yang mana keinginan.

Jadwalkan waktu belanjamu, dengan daftar keperluan yang sudah tercatat rapi sebelumnya. Jangan masukkan barang atau hal-hal yang bersifat keinginan ke dalam daftar prioritas, ya!

Untuk menerapkan cara hemat uang, kamu perlu meyakinkan dirimu bahwa, misalnya, kebutuhan makan lebih penting daripada keinginan nonton ke bioskop.

2. Cara Hemat Uang dengan Bijak Berbelanja

Apakah kamu tipe yang senang berbelanja di mal? Seringkali, saat sedang window shopping, kamu tanpa sadar membeli barang yang sebenarnya mulanya tidak ingin kamu beli. Hal ini bisa dihindari jika kamu memang ingin menerapkan cara hemat uang.

Usahakan kamu selalu punya tujuan jika ingin pergi ke suatu tempat. Saat berbelanja, bikin daftar apa saja barang yang kamu perlukan. Usahakan totalnya tidak melebihi bujet yang sudah kamu set sebagai standar bulan itu.

3. Membawa Bekal

Cara hemat uang yang paling mudah adalah dengan mempersiapkan bekal makan dari rumah. Tidak perlu mempersiapkan bekal yang ribet. Kamu tinggal mempersiapkan bekal seperlunya saja dengan kemasan sesederhana mungkin.

Selain menghemat biaya, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan memonitor asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

Baca juga: Hemat Uang Belanja Demi Menabung, Begini 9 Cara Mudahnya

4. Jangan meremehkan uang receh

Ketika memperoleh uang receh, kita cenderung menyumbangkannya atau meremehkannya. Padahal, uang receh pun masih ada nilainya!

Sikap meremehkan uang receh ini perlu diperbaiki jika kamu ingin menerapkan pola cara hemat uang. Jika nanti kamu dapat uang receh, simpan uang receh itu dalam wadah khusus, bisa di celengan atau di setoples, lalu letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

Kamu bisa menukarnya dengan uang kertas jika nilainya sudah mencapai nominal tertentu.

5. Cara Hemat Uang dengan Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Tidak terpengaruh pergaulan sosial yang boros adalah kunci dari cara hemat uang. Kamu mesti benar-benar memikirkan pergaulan sosial yang kamu inginkan atau butuhkan, apakah sesuai dengan minatmu dan memberi manfaat bagimu.

Jika kamu ingin menerapkan pola hidup hemat, kamu mesti memikirkan ulang pergaulan yang kamu ikuti. Jangan sampai pergaulanmu justru menuntunmu ke gaya hidup boros. Hindari nongkrong di kafe hits atau belanja barang mewah jika tidak betul-betul kamu perlukan.

6. Pastikan Pengeluaran Lebih Kecil Daripada Pendapatan

Jika kamu sudah punya daftar anggaran, kamu mestinya sudah bisa memperkirakan berbagai kebutuhanmu. Usahakan total pengeluaranmu berada di batas wajar pengeluaran setiap bulannya.

Jangan sampai ada total pengeluaran yang lebih besar dari pendapatanmu. Karena jika ini terjadi, biasanya orang akan mengambil utang untuk menutup kekurangan ini. Tentu saja, untuk mencapai keamanan finansial, berhutang sangat tidak dianjurkan.

7. Menjaga Kesehatan demi Menghemat Biaya Berobat

Pepatah bijak mengatakan, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Anjuran ini bisa juga jadi mantra sakti bagimu untuk menjaga kesehatan dan menghindari biaya berobat yang kian mahal!

Tentu, konsekuensinya, kamu perlu menjaga kesehatan. Mulailah dengan membentuk gaya hidup sehat dan menerapkan pola makan teratur, jenis makanan yang sehat dan bergizi, serta memperbanyak olah raga.

Pola hidup sehat yang dibarengi olah raga ini juga akan memberimu gaya hidup yang lebih baik.

Setelah tahu cara hemat uang dan cara hidup hemat dan sehat ini, kamu bisa dong menerapkannya demi hidup yang lebih baik?

Baca juga: Mengenal Utang Sehat dan Layak Dilakukan dalam Keuangan

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Ciputraceo, Cermati

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img