Currently set to Index
Currently set to Follow

Mulailah Sedini Mungkin, 6 Panduan Cara Jadi Kaya Ini Akan Berarti Besar

Penasaran dengan cara cepat kaya? Hal itu terdengar mustahil bagi beberapa orang. Namun, ada beberapa strategi cara jadi orang kaya yang bisa diaplikasikan untuk meraihnya.

Kuncinya adalah perencanaan yang matang, sabar, dan pintar dalam menabung. Maka, menjadi kaya bukanlah hal yang tidak mungkin.

cara jadi orang kaya

Cara cepat kaya adalah dengan memulai sedini mungkin. Cara jadi orang kaya bisa dilakukan dengan menjaga pengeluaran sesuai rencana. Sehingga, kita memiliki uang untuk ditabung dan berinvestasi.

Memaksimalkan dana pensiun juga bisa menjadi salah satu cara cepat kaya.

Memulai sedari awal adalah kunci cara cepat kaya. Robert Kiyosoki bilang “yang membedakan orang kaya dan miskin adalah bagaimana cara mereka memanfaatkan waktunya”. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda rencana cara jadi orang kaya.

Baca juga: 7 Langkah Optimal untuk Bangun Portofolio Investasi dan Neraca Keuangan

Enam tips cara jadi orang kaya

Ada enam strategi cara jadi orang kaya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

#1 Memulai menabung sejak dini

Cara termudah untuk membangun tabungan adalah mulai dari awal. Ingat pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukti’? Kini saatnya mempraktikkannya. Misalnya saja saat ini kita berusia 20 tahun dan memulai menabung Rp500 ribu setiap bulan. Pada umur 40 tahun, total tabungan kita sekitar 240 juta rupiah.

#2 Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan utang

Berhenti membeli barang yang tidak dibutuhkan. Sebelum menggunakan kartu kredit, tanyakan kepada diri kalian, apakah barang ini benar-benar membawa manfaat? Dan ingat tujuan cara jadi orang kaya selalu di benak kalian. Be mindul of where every dollar goes!

#3 Tabung 15% dari penghasilan kalian

Jumlah tabungan pribadi adalah persentase dari pendapatan yang tersisa setelah pembelanjaan dan pembayaran pajak. Studi dari Biro Analisa Ekonomi Amerika Serikat pada September 2019 menunjukkan jika persentase tabungan pribadi sebesar 8,3%. Padahal, jumlah itu tidak cukup untuk masa pensiun, apalagi menjadi jutawan. Maka, meningkatkan tabungan menjadi 15% bisa membantu merealisasikan mimpi jadi kaya.

#4 Cara jadi orang kaya? Make more money!

Strategi ini terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, ini merupakan salah satu cara. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh, yakni meminta kenaikan gaji, bekerja lembur, mencari pekerjaan kedua, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan potensi.

#5 Jangan terjebak dalam inflasi gaya hidup

Lifestyle inflation terjadi ketika jumlah pengeluaran kita lebih banyak daripada uang yang dimiliki. Jika ingin menjadi jutawan, tahan keinginan untuk mengikuti gaya hidup. Alih-alih belanja, uang kalian bisa digunakan untuk investasi atau ditabung.

#6 Cari pertolongan atau saran ketika diperlukan

Saran dari seorang penasihat keuangan dapat membantu kita. Mereka bisa memberikan saran untuk memilih investasi, mengatur anggaran, hingga membuat rencana cara jadi orang kaya. Ketika kalian siap menghabiskan uang untuk investasi, mereka siap membantu untuk membuatnya bertahan lebih lama.

Baca juga: Perkaya Portofolio, Ini 5 Pilihan Investasi Jangka Pendek Untukmu

Cara menghasilkan banyak uang

Jika kalian memulai menabung seacara teratur dari sekarang, kalian bisa mendapatkan jutaan rupiah pada masa pensiun. Untuk mencapai tujuan cara jadi orang kaya, cobalah untuk berkontribusi secara maksimal.

Berikut contoh gambaran menabung efektif, sebut saja Joe. Joe bisa menghasilkan jutaan rupiah pada masa pensiunnya di umur 67 tahun. Berikut identitasnya:

Joe adalah lajang dan berusia 33 tahun.

Penghasilannya 50 juta per tahun.

Memiliki tabungan rencana dana pensiun dengan persentase 5% dari gaji yang dibayarkan oleh majikan. Jika sukses dengan ini, tampaknya ia akan sukses menerapkan cara jadi orang kaya.

Dia mampu berhemat hingga 4 juta setiap tahunnya.

Dan memiliki investasi dengan pengembalian 7%.

Joe akan mendapatkan 2,5 juta dari dana pensiun yang dibayarkan majikannya setiap tahunnya. Di sini, kita asumsikan Joe memiliki gaji yang sama hingga dia pensiun. Berikut adalah uraian simpanannya selama 34 tahun.

Dana pensiun dari majikan Dana investasi
Kontribusi tahunan untuk cara jadi orang kaya 5.000.000 4.000.000
Persentase pengembalian 7% selama 34 tahun 7% selama 34 tahun
Total dana pensiun 142.800.000 114.240.000

Ketika pensiun di umur 67 tahun, Joe akan mendapatkan total dana pensiun sebesar Rp257.040.000 rupiah.

Tentu saja, hasil di atas tergantung dengan jumlah investasi. Umumnya, anak-anak muda akan mengambil jalur yang lebih berisiko namun menghasilkan lebih banyak keuntungan. Misalnya dengan investasi di ekuitas. Kunci cara jadi orang kaya adalah memulai dari sedini mungkin!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

 Sumber: Investopedia

Simak juga:

Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Terdampak Wabah Corona, IHSG Masih Terkapar, Saham Blue Chip Pun Anjlok

Dukung Isu Sosial Sambil Investasi? Ini Model SRI yang Bisa Kamu Terapkan

Cara Jitu Memilih Saham dengan Modal Analisis Fundamental dan Teknikal

Berapa Uang yang Dibutuhkan untuk Hidup Bahagia? Ini Kata Pakar

Recent Articles

apa itu market share

Apa Itu Market Share?

faang stocks adalah

Apa Itu FAANG Stocks?

definisi regresi

Apa Itu Regresi?

wall street adalah

Apa Itu Wall Street?

volatilitas adalah

Apa Itu Volatilitas?

Related Stories