Jangan Ditunda Lagi! Begini 7 Cara Kilat Terbebas dari Utang

0
3919
cara melunasi hutang dengan cepat

Ada banyak macam utang yang siap melilit kamu? Seperti cicilan kartu kredit, KTA, KPR ataupun biaya cicilan kendaraan pribadi. Namun, siapa yang ingin terus terbelit hutang? Semakin cepat tahu cara melunasi hutang dengan cepat akan semakin baik.

Memiliki utang saja membawa banyak dampak buruk. Apalagi, bila mengulur waktu untuk melunasinya. Selain itu, utang bisa merusak kesehatan mentalmu seperti stres dan depresi.

Hati-hati juga utang bisa merusak kesehatan fisikmu seperti banyak penyakit yang bisa bermunculan karena memiliki banyak utang. Bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat agar bisa bernafas dengan lega segera?

Cara cepat melunasi hutang – coba yuk!

cara melunasi hutang dengan cepat

#1 Ingat Alasan yang Membuat Kamu Berhutang

Ada banyak alasan yang membuat orang berutang. Misal, ketika membutuhkan modal untuk usaha atau ingin memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarga dengan membeli rumah.

Dengan begitu, inilah kunci motivasi kamu sebagai cara melunasi hutang dengan cepat. Berpikir bahwa dengan terbebas dari utang, impian akan segera tercapai. Cita-cita memiliki bisnis restaurant atau coffee shop sendiri ataupun memberikan rumah yang nyaman ditinggali bersama keluarga tercinta membuatmu semangat melunasinya.

#2 Konsisten!

Setelah mengingat apa alasan kamu, teruslah fokus dan konsisten untuk melunasi utang dengan cepat. Kalau hanya diawali dengan niat teguh saja tidaklah cukup. Tunjukkan dengan tindakan nyata yang konsisten untuk memprioritaskan adalah cara melunasi hutang dengan cepat.

Meski dengan nominal minim namun periodik maka beban hutang pun akan berkurang. 

#3 Hitung seluruh utang yang harus dibayar dan tentukan prioritas!

Buat perencanaan adalah cara melunasi hutang dengan cepat. Catat berapa utang yang harus dilunasi, kemudian hitung berapa seluruh total pendapatan yang kamu raih. Tujuannya agar kamu bisa tahu berapa alokasi pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya. 

Terakhir, urutkan utang mana yang memiliki bunga tertinggi. Maka lunasi terlebih dahulu utang tersebut agar tidak membengkak karena bunga. Usahakan lunasi sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda yang justru malah memberatkan kamu. 

#4 Kelola semua pendapatan

Cara melunasi hutang dengan cepat lainnya adalah kelola seluruh pendapatan kamu. Setelah tahu berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk membayar semua utang setiap bulannya. Catat berapa banyak pendapatan yang bisa kamu raih setiap bulannya.

Sehingga kamu bisa tahu berapa proporsi uang yang harus kamu sisihkan untuk memprioritaskan pelunasan utang dengan cepat. Usahakan sisihkan 30% dari penghasilan untuk melunasi utang. Kalau lebih besar lebih baik.

Sedangkan, kalau nominalnya lebih kecil tidak masalah selama dicicil secara konsisten. Kalau perlu, gunakan dana darurat atau tabungan. Jangan gunakan cara: “berutang untuk melunasi utang”. Ini sama halnya dengan kalimat ‘gali lubang, tutup lubang’.

Selain menyisihkan pendapatan untuk pelunasan utang, pisahkan untuk pengeluaran kebutuhan pokok dan investasi. Kalau proporsi pendapatan untuk melunasi utang lebih besar dibanding untuk pengeluaran kebutuhan dan investasi akan lebih bagus.

Misal 50% untuk membayar utang, 40% untuk kebutuhan pokok dan sisanya 10% untuk investasi. Ingat, selain butuh tekad juga butuh pengorbanan agar terbebas segera dari jeratan utang. 

#5 Cari penghasilan tambahan

Kalau dirasa pendapatan bulanan tidaklah cukup, maka kamu bisa mengorbankan waktu luang/akhir pekan untuk mencari pendapatan tambahan. Bisa dengan menjual barang/aset milikmu yang masih bernilai dan kualitas baik.

Tak hanya itu, banyak juga cara mendapatkan penghasilan tambahan secara online seperti menjadi freelance writer, berbisnis online dan sebagainya. Cek inspirasinya di artikel-artikel “Inspirasi” yang ada di Pluang. Inipun bisa membantu kamu melunasi utang dengan cepat. Tapi tanggung jawab pekerjaan utama jangan sampai terabaikan yah!

#6 Kendalikan pengeluaran dengan berhemat

Kalau mendapat penghasilan yang lebih banyak, kontrol juga pengeluaran kamu dengan berhemat. Pahami mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Utamakan kebutuhan seperti biaya makan, transportasi dan sebagainya dibanding keinginan berbelanja barang yang masih bagus kamu pakai.

Sedangkan pengeluaran pokok pun bisa dikendalikan loh seperti mengurangi makan di restaurant dan memilih masak di rumah, lebih memilih transportasi umum untuk berangkat ke kantor, manfaatkan diskon untuk berbelanja kebutuhan pokok, dan sebagainya.

Di samping itu, hentikan dulu penggunaan kartu kredit untuk berbelanja namun gunakan apabila ada promo diskon menarik yang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi.

#7 Komitmen untuk berkorban

Untuk mencapai sesuatu biasanya diperlukan pengorbanan yang tidaklah kecil. Misalkan untuk terbebas dari utang, kamu harus banyak rela untuk berhemat ataupun bekerja lebih keras agar segera terbebas dari semua cicilan. Yuk, segera lunasi utang dengan cepat!

Sumber: MoneySmart, Liputan6, Nerdwallet

Baca juga:

Sepekan Travel ke Vietnam? Ini 3 Destinasi Terbaik yang Tak Boleh Terlewatkan

Mau Jadi Warga Tertib Pajak? Ikuti 5 Langkah Lapor SPT Online Ini

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here