Tingkatkan Potensi Dipanggil Interview, Ini 4 Aplikasi yang Bisa Percantik CV-mu

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan, siapkan dahulu Curriculum Vitae (CV) yang menjadi dokumen utama yang dibutuhkan. Bagaimana cara membuat CV yang benar dan menarik?

Ada fakta yang menyebutkan bahwa hanya butuh waktu 6 detik untuk memeriksa CV. Momen enam detik ini penting karena bisa memutuskan kamu patut dipertimbangkan atau tidak. Biasanya kalau perusahaan tertarik dengan profil kamu, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu bertemu tatap muka dengan human resource.

Lalu, bagaimana memikat perusahaan dalam enam detik pertama sehingga menunjukkan kamu seorang yang profesional atau bukan?

Cara membuat CV yang benar dan menarik

Cara membuat cv yang benar #1 Bukan yang berlembar-lembar 

CV kalau terlalu banyak informasi yang ditampilkan justru akan membingungkan. Cantumkan beberapa poin yang menunjukkan informasi yang penting. Fokus pada informasi data yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

#2 Bagian atas cantumkan nama, alamat, nomor telepon, email \

Informasi ini wajib ada dan pastikan tidak salah pencatumannya. Ukuran font di bagian nama pun harus lebih menonjol dibanding yang lain sehingga berukuran lebih besar dibanding lain dan posisinya di atas.

#3 Cantumkan CV Objective atau CV Summary di bagian bawah setelah data diri

Umumnya bagian ini menuliskan tentang perjalanan karir dan apa profesi kamu. Atau bisa juga ringkasan perjalanan pendidikan kamu apabila kamu masih fresh graduates. Buatlah penjelasan ini dalam satu paragraf yang tidak lebih dari tiga baris.

#4 Sebutkan pengalaman kerja kamu

Mulailah menulis pengalaman pekerjaan kamu mulai dari yang terbaru atau yang sekarang sedang dijalani. Jelaskan secara singkat apa tanggung jawab kamu selama menjalani pekerjaan tersebut.

Bisa juga sertakan proyek apa yang pernah kamu pegang. Namun, informasi tersebut jangan terlalu panjang. Kamu juga bisa sertakan pengalaman magang dan freelance yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Ini pun membantu untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman karyawan full time. \

#5 Cantumkan latar belakang pendidikan

Setelah data diri, kamu bisa mengisi dengan ringkasan pendidikan yang sudah kamu tempuh. Tulis yang penting-penting saja misalkan:

  1. Nama universitas atau sekolah.
  2. Berapa lama kamu menempuh pendidikan misal masuk dari tahun berapa hingga lulus tahun berapa.
  3. Jurusan yang diambil.
  4. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN)

Kamu bisa menulis keterangan pendidikan kamu dalam poin atau tabel. Tidak perlu menceritakan panjang lebar hingga lebih dari satu lembar. 

Cara membuat cv yang benar #6 Masukkan kemampuan/skill yang kamu kuasai

Bagian ini juga sangat penting. Misalkan kamu bisa menulis kemampuan atau skill apa yang mendukup posisi yang kamu lamar nanti.

Misalkan, Desain Grafis atau kemampuan bahasa yang aktif atau pasif. Kamu juga bisa menulis bisa menggunakan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan sebagainya. Hindari kemampuan yang semua orang biosa menguasai seperti Microsoft Word. Atau kamu juga bisa menyertakan informasi mengenai pernah mengikuti kursus apa dan menyertakan sertifikat kelulusan selama kemampuan tersebut berhubungan dengan posisi yang dilamar sekarang. 

#7 Tambahkan informasi prestasi dan pengalaman berorganisasi

Kamu juga bisa menambahkan informasi prestasi, minat atau pengalaman berorganisasi selama berhubungan dengan posisi yang dilamar. Misalkan pernah memenangkan kompetisi kreatif atau presentasi. 

Untuk bentuk tampilannya, kamu bisa menggunakan beberapa website yang bisa membantu kamu membuat CV online berdasarkan data yang disebut oleh Jobscan.co yaitu:

#1 Zety

Ada lebih dari 20 template CV modern dan professional yang bisa kamu pilih sehingga bisa membuat CV dalam hitungan beberapa menit saja.

#2 VisualCV

Kalau fitur ini bisa kamu dapatkan berbentuk aplikasi smartphone yang tersedia di Play Store.

#3 CV Maker

Fasilitas ini memungkinkan kita membuat CV yang lebih sederhana, cepat dan gratis. CV yang kamu bikin bisa berbentuk PDF, HTML dan TXT. Ada lebih dari 6 juta CV yang tersimpan di sini.

#4 Resume Genius

Kalau di website ini terdapat 18 kategori pekerjaan yang dipakai sebagai penentu format CV. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan pekerjaan kamu, Kemudian Resume Genius bisa menampilkan format CV yang sesuai dengan kategori yang dipilih. 

Sumber: Moneysmart

Baca juga:

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

Penat di Kantor? Coba 7 Tips Ini yang Bisa Dongkrak Motivasi Kerjamu!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img