Currently set to Index
Currently set to Follow

7 Cara Mempertahankan Bisnis di Situasi Sulit saat Pandemi

Bukan rahasia lagi bahwa bisnis kecil sedang terpukul lantaran pandemi di hari-hari ini. Jadi, bagaimana cara mempertahankan bisnis di situasi serba chaos ini?

Sebagian besar usaha terpaksa gulung tikar lantaran prediksi pasar dalam jangka panjang yang tidak pasti. Padahal, sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan seorang pengusaha untuk mengamankan finansialnya.

Dua pakar keuangan membagikan tips cara mempertahankan bisnis di masa pandemi ini. Situasi COVID-19 mengubah pola interaksi suatu usaha dengan pelanggannya.

Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan ini mengakibatkan sebagian besar bisnis dengan interaksi offline merasakan penurunan produktivitas. Bahkan tak jarang yang kehilangan pelanggan.

Pada situasi ini, mempertahankan pelanggan dan mendongkrak penjualan adalah hal utama yang perlu dipikirkan oleh para pengusaha. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik bisnis untuk bertahan di tengah pandemi.

Baca juga: Mau Buka Usaha Kecil, Berapa Sih Modalnya?

Cara mempertahankan bisnis – Persiapkan diri untuk skenario terburuk

Dengan prediksi bahwa pandemi ini masih akan panjang dan bertahan selama bertahun-tahun ke depan, kondisi perekonomian pun sulit diprediksi.

Para pengusaha bisnis sebaiknya melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi keuangan perusahaan. Selanjutnya, usahakan untuk menyelaraskan business plan dengan perkiraan proyeksi keberlanjutan usaha selama beberapa bulan atau tahun mendatang. Proyeksi ini bisa meliputi sisi pendapatan usaha, tingkat pengeluaran, hingga kelanjutan permodalan usaha.

Kelola keuangan bisnis lebih baik

Memastikan arus kas bisnis tercatat baik adalah cara mempertahankan bisnis yang utama. Di situasi sulit, seorang pengusaha perlu sangat cermat dalam mengelola keuangan. Manfaatkan aplikasi laporan keuangan untuk membantu pengelolaan.

Pemanfaatan berbagai aplikasi keuangan juga memudahkan untuk memantau uang yang masuk dan keluar, tren penjualan, dan alokasi biaya perusahaan. Data yang memadai ini berguna untuk pengambilan kebijakan terkait keuangan perusahaan juga keputusan untuk pemasaran strategis.

Pertimbangkan mengambil pinjaman skala kecil

Banyak bisnis memerlukan pinjaman atau modal untuk suntikan tetap bertahan di kala pandemi. Dengan tingkat bunga wajar sebesar 2,75 hingga 3,75 persen, bisnis-bisnis kecil bisa terbantu melewati krisis COVID-19.

Cara mempertahankan bisnis – tetap memperoleh informasi memadai

Untuk pemilik usaha kecil, tawaran kredit tentu akan membantu menjaga usaha tetap berjalan. Informasi penting ini selalu diperbarui setiap saat, jadi penting bagi pengelola bisnis untuk memastikan bahwa mereka tetap update.

Begitu juga bagi para pebisnis untuk terus mengikuti perkembangan kompetitornya sebagai cara mempertahankan bisnis.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasikan Danamu di Investasi Blue Chip

Memberi pengertian kepada karyawan

Krisis pandemi COVID-19 tentu adalah krisis bersama, setiap orang mengalami kesulitan dari pandemi ini. Karenanya, kita tentu paham bahwa ini adalah masa penuh keprihatinan.

Bila tidak hati-hati, para pebisnis dapat mengalami gulung tikar. Cara mempertahankan bisnis di tengah krisis ini perlu dibicarakan juga dengan karyawan.

Ajak karyawan untuk turut bahu-membahu memperkuat diri di masa sulit ini. Sampaikan tentang fokus dari usaha, dan pusatkan perhatian untuk menghindarkan dari kebangkrutan usaha.

Strategi pemasaran yang lebih baik

Kampanyekan target pemasaran dengan lebih intens dan nilai-nilai lebih dari usaha dan produk yang ditawarkan oleh bisnismu kepada pelanggan di saat sulit ini. Supaya tetap unggul di tengah persaingan, ada baiknya untuk menawarkan promo dan diskon bagi pelanggan.

Pastikan juga kamu mengampanyekan secara positif komitmen bisnismu dalam mendukung penyelesaian masalah-masalah di saat pandemi ini.

Cara mempertahankan bisnis – optimalkan segala infrastruktur pendukung

Banyak teknologi yang bisa digunakan untuk menjalani bisnis di situasi sulit ini. Untuk meeting dengan tim, kita bisa memanfaatkan Zoom alih-alih pertemuan langsung. Begitu juga berkomunikasi dengan klien, kita bisa manfaatkan video conference call.

Jika kamu belum terbiasa dengan teknologi terkini, cobalah biasakan. Optimalkan teknologi untuk menjadi prasarana pendukung demi penuhi strategi cara mempertahankan bisnis.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Avrist

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img