Currently set to Index
Currently set to Follow

Mencari Pekerjaan Saat Pandemi? Begini Caranya!

Apakah kamu sedang mencari pekerjaan saat pandemi seperti sekarang? Indonesia sempat mengalami goncangan ekonomi akibat pandemi covid-19. Mengikuti aturan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di berbagai daerah yang memiliki kasus terjangkit covid-19.

Hal ini membuat beberapa bisnis mulai dari skala besar sampai kecil terpaksa gulung tikar karena tidak sanggup menutup kerugian yang menjadi salah satu dampak dari pandemi ini.

Jangankan cari pekerjaan saat pandemi, yang ada kasus PHK semakin banyak setiap harinya selama status PSBB dijalankan. Banyaknya lowongan kerja yang terpaksa harus ditutup karena defisit akibat coronavirus.

Hal ini membuat para fresh graduate atau korban PHK di perusahaan sebelumnya harus ekstra bersabar dalam mencari dan menunggu panggilan kerja.

Tapi, mengingat status PSBB sudah dan akan di nonaktifkan di banyak daerah, termasuk Jakarta yang sedang dalam masa transisi menuju new normal bisa menjadi kabar baik bagi para pencari kerja yang terpaksa haru menganggur selama masa PSBB.

Dengan bangkitnya kembali ekonomi Indonesia secara perlahan, artinya akan ada banyak perusahaan yang secara perlahan mulai membangun kembali bisnisnya dan mampu membuka lowongan kerja kembali, nih!

Bangkit dari corona, ini dia tips mencari kerja di era new normal bagi para pemburu lowongan kerja, simak ya!

Baca juga: Mulai dari Startup Hingga Bank, Ini Lowongan Kerja Terbaru yang Mungkin Cocok Untukmu!

Mencari pekerjaan saat pandemi Begini Caranya

Jangan lupa update kembali CV-mu

Salah satu tips mencari pekerjaan saat pandemi adalah jangan lupa untuk update kembali CV ketika kamu akan kembali mencari lowongan pekerjaan. Jangan lupa memasukan skill baru yang kamu dapatkan selama menganggur biar CV semakin dilirik oleh HR atau Recruiter.

Perbanyak sebar CV untuk perusahaan yang bergerak di bidang digital

Dampak covid tidaklah terlalu parah untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang digital. Karena perusahaan yang bergerak full dibidang digital risiko terdampak corona yang dialami tidak separah jenis bisnis lainnya.

Justru, bisnis yang bergerak di bidang online menjadi sangat populer di masa PSBB seperti grab/gofood, online shop untuk kebutuhan sehari-hari dan jasa pengganti belanja di mini atau supermarket.

Untuk itu, bisnis seperti e-commerce, penyedia jasa layanan antar barang atau toko-toko online besar biasanya masih memasang lowongan kerja untuk posisi-posisi tertentu seperti admin, marketing dan content writer. Jadi jeli-jeli yah ketika cari lowongannya.

Baca juga: Warga Minim Spending, Relaksasi PSBB Belum Signifikan Hadapi Resesi

Internet tetap harus stabil untuk interview online

Mnecari pekerjaan saat pandemi memang tak mudah. Salah satunya kamu bisa melakukan interview kerja secara online sepertinya akan semakin sering digunakan disaat seperti ini.

Untuk itu, walaupun dilakukan secara online tapi tetap tidak boleh disepelekan. HR atau user yang mewawancarai kamu tetap bisa menilai sikap dan kepribadian kamu walau hanya dari sebatas monitor saja.

Walaupun online dan dilakukan di rumah, kamu harus tetap memperlakukan sesi interview online ini layaknya sesi interview secara langsung. Gunakan pakaian yang rapi, pilih ruangan yang kira-kira bisa meminimalisir gangguan suara, pencahayaan yang cukup dan tentunya internet yang stabil.

Coba jadi freelancer

Jika mencari kerja kantoran masih sulit walaupun sudah memasuki era new normal jenis karir lain yang bisa dicoba untuk sementara waktu adalah menjadi freelancer.

Salah satu tips mencari pekerjaan saat pandemi adalah dengan membangun karir menjadi freelancer sama sulitnya dengan membangun bisnis sendiri. Jadi persiapkan dari sekarang sebelum keuangan cekak.

Coba kunjungi website untuk lowongan freelancer, buat akun, pilih kategori pekerjaan yang ingin dilakukan dan jangan lupa tulis sebaik dan sebagus apa skill dan kemampuan kamu untuk bidang pekerjaan yang kamu pilih, Sisters.

Baca juga: Cari Pacar Baru? Ini 7 Alasan Kenapa Pengusaha Cocok Jadi Pendamping Hidupmu

Hati-hati dengan penipuan waktu mencari pekerjaan saat pandemi

Kepanikan yang dirasakan banyak orang saat ini karena sulit mencari kerja membuat beberapa oknum memanfaatkan menjadi peluang untuk kejahatan seperti penipuan lowongan kerja, lho.

Jadi, bagaimanapun terdesaknya kamu dalam membutuhkan pekerjaan baru, tetap harus hati-hati dalam menilai lowongan kerja yang ada di situs-situs lowongan kerja.

Pahami ciri-cirinya seperti penawaran gaji yang terlalu tinggi, syarat yang terlalu mudah, atau permintaan biaya administrasi untuk proses CV. Jangan sampai kepanikan malah bikin sengsara, ya.

Karena pandemi belum selesai jika ada undangan interview atau tes psikotes yang mengharuskan kamu mendatangi langsung kantornya. Selain dokumen yang dibutuhkan jangan lupa untuk membawa masker dan hand sanitizer yah biar tidak mudah tertular virus.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: money.usnews.com

Baca juga:

Bagaimana Ekonomi Berjalan pada Periode PSBB Transisi? Ini 18 Sektor yang Beroperasi

Mulai dari Startup Hingga Bank, Ini Lowongan Kerja Terbaru yang Mungkin Cocok Untukmu!

Warga Minim Spending, Relaksasi PSBB Belum Signifikan Hadapi Resesi

Siap Saingi Linkedin, Google Kormo Sediakan Fitur Lowongan Kerja

Recent Articles

Retained Earnings adalah

Apa Itu Retained Earnings?

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya