Tetap Waspada, Ini 7 Cara Menghindari dari Covid-19 di Lingkungan Kerja

Sebagian besar saran cara mencegah virus Covid-19 adalah dengan melakukan social distancing, alias penjarakan sosial. Lantaran gejala virus yang tak terdeteksi alias asymptomatic, cara menghindari virus dengan menghindari kegiatan sosial dianggap mujarab.

Para ahli kesehatan melaporkan bahwa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 rentan menyerang lansia. Bahkan, risiko kematian virus corona menghantui lansia.

Laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (China CDC) menunjukkan tingkat kematian akibat Covid-19 meningkat sejalan dengan usia pasien.

cara mencegah virus

Karena itu, cara mencegah virus atau cara menghindari virus dengan melakukan social distancing dianggap tidak berlebihan.

Ini jalan utama agar virus yang bersifat asymptomatic ini tak menyebar ke orang-orang yang lebih rentan, seperti lansia dan orang dengan penyakit bawaan.

Sebab, orang yang telah menderita penyakit sebelumnya, seperti kardiovaskular, diabetes, hipertensi, dan pernapasan akut berisiko lebih parah.

Per Kamis (12/3), kasus corona telah menyebar ke 124 negara dengan 126.380 positif terinfeksi. WHO juga telah menyatakan wabah Covid-19 sebagai pandemi.

“Virus corona telah menjadi pandemi. Kami telah membunyikan alarm dengan keras dan jelas,” ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (11/3).

Baca juga: Banyak yang Panik Belanja Lantaran Wabah Corona, Ini Penyebabnya

Berikut ini panduan Covid-19 101, tentang bagaimana virus ini bekerja dan cara menghindarinya. Dilansir oleh WHO, panduan ini diharapkan dapat jadi cara mencegah virus di tempat kerja ataupun ruang publik lainnya.

#1 Cara mencegah virus SARS-CoV-2: virus ini menyebar lewat cairan tubuh

Penyebaran virus terjadi melalui perantara cairan tubuh, baik lewat air liur hingga bersin yang tersentuh oleh bagian luar tubuh dan juga lewat pernapasan. Penyebarannya mirip dengan virus influenza pada umumnya.

#2 Pastikan ruang tempat kerja ataupun tempat tinggalmu selalu bersih

cara menghindari virus

WHO menjelaskan bahwa cara ampuh untuk mencegah virus ini adalah dengan memastikan lingkungan sekitarmu tetap terjaga higienitasnya. Ini bisa dilakukan dengan secara berkala membersihkan meja menggunakan disinfektan dan memberikan pembersih tangan di tempat-tempat umum.

Ingatkan pula setiap karyawan atau rekan kerja untuk selalu membersihkan tangan, baik mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer.

Anjuran untuk memajang poster yang mempromosikan kebersihan pernapasan pun diperlukan. Bersamaan juga dengan langkah-langkah komunikasi lain.

Seperti menawarkan panduan petugas kesehatan demi keselamatan kerja, pengarahan di setiap rapat/pertemuan, dan berbagai acara kantor.

#3 Siapkan tisu dan masker, serta hand sanitizer dalam jangkauan

Tiap perkantoran dianjurkan untuk menyediakan tisu dan masker, serta hand sanitizer dalam jangkauan setiap pekerja.

Keperluan ini terutama ditujukan pada karyawan yang tampak menunjukkan gejala flu ringan seperti batuk kering ataupun hidung meler/pilek. Penting juga untuk menyediakan tempat sampah tertutup sebagai tempat pembuang.

Pastikan juga kebersihan aliran udara dan lingkungan demi cara mencegah virus Covid-19.

Baca juga: Jokowi Konfirmasi 2 Kasus Corona, Investasi Emas Sentuh Rekor

#4 Tingkatkan kesadaran orang akan Covid-19 sebagai cara mencegah virus

WHO menyatakan pentingnya kesadaran setiap individu untuk mencegah virus. Kesadaran “ruang publik” diperlukan, apalagi mengingat bahwa virus ini lebih rentan bagi orang-orang tua ataupun dengan penyakit bawaan.

Menunjukkan poster tentang cara mencegah virus ini maupun menginformasikan nomor hotline untuk konsultasi ataupun menemukan rumah sakit yang menyediakan layanan pemeriksaan juga diperlukan.

#5 Jika tidak fit, beristirahatlah di rumah

cara mencegah virus

Jika pekerja sedang tidak enak badan, sebaiknya beristirahat di rumah dan meminum obat seperti paracetamol ataupun pereda demam.

Jaga diri dengan memeriksakan gejala penyakit tersebut ke rumah sakit. Beberapa rumah sakit menyediakan layanan gratis untuk mengecek virus Covid-19.

#6 Karena social distancing, hindarilah bepergian sementara waktu

Kamu mungkin tergiur dengan promo-promo maskapai penerbangan, dan bermoto hidup YOLO alias “you live only once”. Memang, virus ini tampaknya tidak begitu berbahaya bagi anak muda dengan tubuh fit.

Tapi, pikirkanlah juga tentang orang-orang di sekitarmu yang rentan bila terpapar dengan virus ini. Jika kamu sebagai pembawa alias carrier virus dan tidak menunjukkan gejala alias asymptomatic, bepergian, kamu riskan menulari orang-orang yang rentan.

Karena itu, WHO menyarankan untuk sementara waktu tidak bepergian, terutama tidak melakukan travel ke luar negeri, termasuk untuk urusan kerja. Ini dianggap ampuh sebagai cara menghindari virus.

Jika memang diharuskan, sesudah kembali, karyawan perlu memantau diri dan sementara waktu bekerja dari rumah selama 14 hari. Ini berarti kamu perlu menghindari kontak dekat (1 meter) dengan orang lain.

#7 Jangan mendiskriminasi mereka yang menyatakan diri positif terinfeksi

Hindari melakukan diskriminasi terhadap mereka yang terinfeksi dan dukung mereka melewati penyakit ini. Yang terpenting, kamu tetap menjaga higienitas tubuhmu.

Jadi, jangan sampai terlalu panik hingga melakukan panic buying ataupun mengeksklusi temanmu yang sedang flu.

Bagaimanapun, pandemi Covid-19 ini masih bisa dikendalikan. Tedros mewakili WHO meyakini bahwa virus ini masih bisa dihentikan jika tiap individu maupun negara-negara mau mengambil tindakan agresi.

“Kami percaya bahwa (virus) ini adalah pandemi pertama yang dapat dikendalikan,” ujarnya.

Keyakinan Tedros ini didasari keberhasilan Cina dalam cara mencegah virus dan menghentikan infeksi baru virus Covid-19 hingga lebih dari 3.500 kasus sehari.

Sumber: Databoks, Kompas, IDNTimes

Simak juga:

Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img