Currently set to Index
Currently set to Follow

Ingin Listrik Gratis? Simak Cara Mendapatkan Token Gratis dari PLN!

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan layanan stimulus listrik berupa token listrik gratis hingga Maret 2021. Bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis tersebut?

Token listrik gratis dari PLN diberikan penuh bagi pengguna layanan dari sektor Rumah Tangga dengan daya listrik 450 VA. Sementara untuk rumah tangga dengan daya 900 VA bersubsidi mendapat diskon 50%.

Pengguna layanan dapat melakukan klaim layanan token listrik gratis PLN via aplikasi PLN Mobile, atau mengakses http://stimulus.pln.co.id.

“Electizen, dengan aplikasi New PLN Mobile, dapat melakukan cek token listrik diskon 100% dari program Stimulus Covid-19,” tulis PLN dalam akun resmi IG @pln_id.

Selain rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA, stimulus listrik dan cara mendapatkan token listrik gratis juga dapat diakses oleh UMKM golongan bisnis kecil dengan daya 450 VA. Begitu juga stimulus bagi golongan industri kecil daya 450 VA juga ikut diperpanjang untuk memperoleh akses 100% stimulus.

Tercatat jumlah penerima dari diskon tarif listrik ini mencakup hingga 33,7 juta pelanggan.

Baca juga: Diberlakukan pada 2020, Tarif Listrik Terbaru yang Dikeluarkan PLN & Kementerian ESDM

Ingin Listrik Gratis? Simak Cara Mendapatkan Token Gratis dari PLN!, Pluang

Beberapa Pembatasan Pada 2021 dan Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Stimulus listrik oleh pemerintah memberikan diskon 100% kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang telah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Stimulus juga diberikan kepada pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA.

Bagi pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diberikan sama dengan bantuan pada 2020. Sementara, bagi pelanggan pascabayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing.

Akan tetapi, layanan token listrik gratis ini ada batasnya. Pelanggan pascabayar golongan 450 VA hanya berhak atas listrik gratis untuk pemakaian 720 jam nyala atau setara 324 kWh. Jika pemakaian melebihi batas tersebut, maka pelanggan akan dikenakan tarif normal, yakni tarif 450 VA yang disubsidi.

Sementara, bagi pelanggan pascabayar golongan 900 VA bersubsidi, cara mendapatkan token listrik gratis akan diberikan untuk pemakaian 720 jam nyala atau setara 648 kWh. Di atas itu, pelanggan akan dikenakan tarif normal yang disubsidi.

Bagi pelanggan prabayar dengan golongan 450 VA, perubahan layanan diberikan sebesar pemakaian tertinggi yang digunakan pada Desember 2019-Februari 2020. Sementara, untuk pelanggan prabayar golongan 900 VA bersubsidi, diskon tarif 50% diberikan PLN bagi pelanggan yang melakukan transaksi pembelian token.

“Mekanisme (stimulus listrik) hanya diberikan bagi yang memenuhi maksimum kapasitas yang mereka pakai,” ujar Bob Saril, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, dalam webinar.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mengatakan, pemberlakuan batas ini ditetapkan supaya PLN dapat memperhatikan besaran konsumsi energi pelanggan penerima bantuan. “Jangan sampai pemakaiannya lebih dari itu,” ujar Hendra.

Dua Jalan untuk Klaim Stimulus

1) Melalui aplikasi PLN Mobile

  • Cara mendapatkan token listrik gratis adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi New PLN Mobile yang tersedia di Play Store atau App Store
  • Lantas, klik banner bertuliskan “PLN Peduli COVID-19”
  • Input ID pelanggan atau nomor meter, lalu kirim data tersebut.

2) Melalui situs web http://stimulus.pln.co.id

  • Buka laman situs web http://stimulus.pln.co.id
  • Masukkan nomor meteran atau ID pelanggan
  • Muncul di layar informasi mengenai token listrik gratis
  • Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang telah didaftarkan

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Finance Detik, Kompas, Tribun Bisnis

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img