Amit-amit! Ini 5 Pertanda Kamu Ketemu Jalan Buntu untuk Bayar Utang

0
5376
cara mengatasi hutang banyak

Pusing banyak hutang karena tumpukan utangmu, kok, seolah tak kunjung habis? Tenang, cara mengatasi hutang banyak itu tidak mustahil dilakukan.

Kamu tentu pernah merasa, seandainya kamu pintar mengelola uang dengan lebih baik, kamu akan merdeka secara finansial dan bebas melakukan lebih banyak hal. Pegang terus niatan itu dan cobalah untuk lebih disiplin mengatur keuangan.

Dunia toh belum berakhir ketika kamu pusing banyak hutang. Yang penting kamu lakukan saat ini sebagai cara mengatasi hutang banyak adalah tidak menambah utang lagi.

Tapi, yuk dicek dulu, apa kamu benar-benar sudah sebegitu pusingnya menghadapi banyak utang?

Jangan sampai kamu mengalami hal-hal berikut ini karena kelilit utang, ya?

#1 Pasrah dan percaya pada nasib, semuanya akan selesai dengan sendirinya

Ada orang yang ingin langsung menyelesaikan masalahnya, tapi ada juga yang membiarkan masalahnya larut begitu saja. Kalau kamu salah satu tipe yang menunda-nunda masalah dan percaya utangmu akan dilunasi, sebaiknya kamu waspada.

Untuk menyelesaikan utang, kamu mesti benar-benar berniat menyelesaikan masalahmu.

Cek tagihan yang belum dibayar dan bandingkan dengan penghasilanmu setiap bulan. Rincikan pengeluaran dari yang besar sampai yang terkecil. Ini meliputi semua transaksi finansialmu. Jangan kaget, ya, melihat betapa banyaknya pengeluaran yang selama ini kamu luputkan.

Dengan mencatat, kamu akan tahu porsi biaya yang besar dan memangkasnya dari daftar anggaranmu bulan-bulan mendatang. Turunkan standar gaya hidupmu demi bisa lepas dari jerat pusing banyak hutang.

Bayangkan seandainya kamu dapat memotong pengeluaranmu untuk nongkrong dan lihat betapa signifikannya perubahan ini ke isi kantongmu. Kamu enggak harus sering-sering nongkrong dengan temanmu, kan?

pusing banyak hutang

#2 Menghibur diri dengan banyak merokok dan mabuk, juga makan berlebihan karena stres mengadapi utang

Nah, ini hal lainnya yang biasanya dihadapi orang yang pusing karena terlilit utang lantaran merasa semuanya tinggal jalan buntu saja.

Padahal, kamu bisa mulai buat anggaran, lalu konsisten dan disiplin melunasi utang karena meski pun utangmu menumpuk, itu tidak mustahil diselesaikan. Justru bila kamu cari “pelarian”, maka utangmu enggak akan selesai-selesai.

Nah, kalau kamu sudah bikin anggaran, setelah memangkas pengeluaran, tentu kamu bisa pergunakan anggaran itu untuk melunasi utang. Untuk bisa konsisten, kamu tentu membutuhkan kedisiplinan. Pastikan kamu mampu mengingatkan dirimu untuk memenuhi kewajiban melunasi utang.

Ada banyak aplikasi yang bisa membantumu. Cara mengatasi hutang banyak tentu dengan memastikan ada yang mengingatkanmu untuk melunasinya. Bikin agenda atau jadwal melunasi utang pada tanggal tertentu dan pastikan kamu memenuhinya.

Oh ya, ingat prioritaskan melunasi utang dengan bunga yang lebih tinggi terlebih dahulu, ya. Ini tentu demi menghindarkanmu dari bunga-bunga berlebih yang tidak perlu dipertahankan.

#3 Bikin ribut sama siapa saja, termasuk orang-orang terdekatmu

Kalau kamu lagi ada masalah, biasanya bawaannya hanya ingin marah dan marah. Meluapkan emosi kepada siapa pun, tanpa membicarakan kalau ternyata masalahmu adalah: utang yang menumpuk.

Kalau kamu menghadapi masalah ini, daripada mengeluh dan marah-marah, coba deh mulai cerdas memenuhi kebutuhanmu dalam berbelanja.

Coba kurangi bujet biaya hidupmu agar tidak pusing banyak hutang. Kamu tidak mau berhutang terus, kan?

Lihat pengeluaran bulananmu dan seleksi apakah itu termasuk kebutuhan primermu, bila tidak maka kamu dapat mengesampingkannya.

Kalau kamu tinggal di apartemen mahal, kenapa tidak coba untuk memotong bujet ini dengan memilih kamar kos yang terjangkau? Memang fasilitasnya tidak sama, tapi asalkan kamu dapat menemukan kamar yang nyaman, mengapa tidak?

Ini juga berlaku untuk kebutuhanmu yang lain. Kamu bisa kurangi pergi ke restoran dan mulai memasak sendiri di rumah pada waktu-waktu tertentu. Atau, bisa mendengar musik di Spotify dan tidak perlu ke konser bila tidak sedang ada bujetnya.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera

#4 Pusing banyak hutang? Jangan sampai kamu gali lubang tutup lubang dalam melunasi utang!

Ini jalan lain lagi yang biasanya diambil kalau sudah merasa buntu. Beberapa waktu belakangan ini, banyak fintech tanah air yang menghadapi masalah kredit macet karena ada tunggakan-tunggakan “tambal sulam” begini.

Mengambil utang lain untuk melunasi utangmu sebelumnya adalah tindakan yang sekadar menunda pembayaran utang. Ini bukan cara untuk melunasi utang.

Misal, kamu meminjam uang ke teman atau keluarga demi melunasi utang di pinjaman online. Ini tidak salah, tapi juga tidak dibenarkan karena hanya bersifat menunda saja.

Saat melakukan ini, kamu bisa bertanya ke dirimu sendiri: apa pos pengeluaran yang paling besar dalam keseharianmu? Lebih baik mengurangi pengeluaran daripada mesti meminjam utang lain.

#5 Menyalahkan diri sendiri, menangis bermalam-malam, dan bengong terus karena bingung cara mengatasi hutang banyak

Daripada bengong dan berpangku tangan sementara bunga utangmu menumpuk terus, mending kamu cari pekerjaan tambahan atau jual barang yang tidak kamu perlukan, deh. Coba, deh, bergerak aktif untuk lunasi utangmu.

Kalau kamu merasa masih membutuhkan penghasilan tambahan demi cara mengatasi hutang banyakmu karena saking banyaknya, mengapa tidak mencoba memperoleh penghasilan dengan jual barang-barangmu?

Atau, kamu simply bisa memilih untuk mencari pekerjaan tambahan bila masih ada jam kerja yang tersisa.

Banyak, kok, pekerja kantoran yang juga jadi driver ojol. Ada juga orang kantoran yang buka shopping online dan di saat weekend mereka beli barang grosiran untuk dijual.

Selain itu, kamu juga mengembangkan skill-mu, misal menjual paketan masakanmu bila kamu hobi memasak, atau menjual sketsa rekues wajah temanmu kaalu kamu piawai menggambar.

Kamu bisa menerapkan kelima cara mengatasi hutang banyak ini sekaligus, atau memilih yang mana yang paling cocok untukmu.

Sekarang sebaiknya kamu memahami cara terlepas dari pusing banyak hutang. Sikapi dengan positif keadaanmu saat ini dan ingat untuk kuatkan disiplin dalam melunasi utangmu, ya! Selamat mencoba.

Sumber: Cermati, Moneysmart

Simak juga:

Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Pengin Akali Biaya Transfer Antar Bank, Sudah Coba 5 Aplikasi Ini Belum?

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari

Bantu Atasi Defisit Anggaran, Iuran BPJS Alami Kenaikan 100%

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here