Finansial Lebih Baik Secara Otomatis, Coba 6 Aplikasi Keuangan Ini!

0
229
cara mengatur keuangan yang baik

Bagaimana cara mengatur keuangan? Pertanyaan itu adalah pertanyaan umum, tetapi jawabannya tentu unik dan berbeda bagi tiap individu. Karena itu, sebaiknya kamu menentukan cara mengatur keuangan yang baik untukmu agar bisa dilakukan dengan menyenangkan.

Menurut survei, lebih dari setengah rumah tangga di Inggris memiliki anggaran reguler. Hal ini memberi ketenangan pikiran tentang berapa banyak pengeluaran mereka. Lebih lanjut, penjadwalan anggaran ini membuat mereka bisa menikmati kehidupan secara umum.

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan dalam bagaimana cara mengatur keuangan. Cara mengatur keuangan dengan baik bisa dilakukan dengan menerapkan otomatisasi pada berbagai aplikasi fintech yang ada di ponsel pintarmu. Bahkan, ada banyak aplikasi online yang bisa dimanfaatkan.

Aplikasi mampu menolong kalian untuk memonitor dan menyimpang uang kalian.

Itulah bagaimana cara mengatur keuangan zaman sekarang. Cara mengatur keuangan yang baik sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Because practice makes perfect!

Baca juga: Quarter Life Crisis: Saatnya Asah Seni Mengatur Keuangan dan Gaya Hidup Bijak

Otomatisasi, cara mengatur keuangan yang baik

bagaimana cara mengatur keuangan

Bagi sebagian orang, keuangan adalah sesuatu yang membosankan. Namun, tentu ada sisi lain dari diri kalian menganggap hal ini penting. Otomatisasi muncul sebagai cara mengatur keuangan yang baik.

Sekarang ada mesin penolong yang bisa meringankan semua perhitungan keuangan. Yakni, dengan jalan mengatur keuangan lewat cara otomatisasi.

Teknologi membantu membuat servis keuangan terjangkau bagi semua orang. Dan itulah alasan mengapa teknologi keuangan hadir saat ini.

Di mana pun kalian menyimpang uang, alat atau teknologi tersebut harus memudahkan kehidupan, bahkan meningkatkan kualitas hidup.

Pada umumnya, tagihan akan dikirim langsung ke akun kita. Akan tetapi, jika ingin agar dialihkan ke akun berbeda, kita bisa mengatasinya dengan melakukan pengaturan lebih lanjut pada akun. Tentunya, alokasikan sebagian pendapatan untuk dana pensiun terlebih dahulu.

Setelah itu, atur otomatisasi akun kalian untuk mentransfer uang kepada rekening yang dituju. Sebaiknya kalian memiliki dua akun, satu untuk tabungan dan satu untuk membayar tagihan. Kalian bisa saja mengatur otomatisasi kedua akun tersebut.

Kontrol pengeluaran dengan otomatisasi fintech bulanan

Tentu di hari-hari sekarang ini, sebagian besar dari memiliki aplikasi fintech untuk mengatur keuangan. Aplikasi fintech memang umumnya bisa bantu mengontrol jumlah yang keluar dari akun utama setiap bulannya. Misalnya saja untuk membayar apartemen, cicilan mobil, pulsa HP, dan sebagainya.

Setelah semua tagihan terotomatisasi dan balance kartu kredit kembali ke nol, saatnya kalian menggunakan aplikasi lain. Semangat cara mengatur keuangan yang baik dengan metode ini adalah “manage everything online, paper is a thing of the past!

Dengan mengaturnya untuk otomatis secara reguler, maka setiap bulan, bank kalian secara otomatis akan membuat cek dan mengirimnya ke pemilik apartemen. Dan hal yang perlu kalian lakukan hanyalah membaca notifikasi bank di email.

Namun, apa yang akan terjadi jika kalian memiliki uang yang lebih sedikit dari biasanya? Maka, kalian harus meningkatkan kinerja untuk mendapat bonus, hadiah ulang tahun, atau menghemat pengeluaran. Hal yang perlu diingat adalah menggunakan uang untuk kebutuhan. Dan, tidak menghabiskan uang untuk hal-hal di luar anggaran.

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Enam aplikasi pengatur keuangan untuk 2020

Hampir semua orang ingin memperbaiki cara mengatur keuangan yang baik.

#1 Cara mengatur keuangan yang baik dengan Mint

Aplikasi ini membantu penggunanya untuk menyimpan dan menghemat pengeluaran. Alat manajemen keuangan ini akan menyinkronkan akun kalian untuk mentraking pengeluaran.

#2 YNAB dan VeryDollar

Dua aplikasi berbayar ini untuk zero-based budgeting. YNAB adalah aplikasi dan perangkat lunak yang tangguh. Aplikasi ini praktis untuk membantu pengguna belajar hidup dengan penghasilan bulan lalu. Sementara itu, VeryDollar membuat pengguna mampu membuat anggaran pertama dalam waktu kurang dari 10 menit.

#3 Cara mengatur keuangan yang baik dengan PocketGuard

Alat ini memberikan pengguna sebuah snapshot seberapa besar mereka bisa menghabiskan dalam suatu waktu periode.

#4 Clarity Money

Clarity Money adalah aplikasi yang inklusif untuk semua anggaran. Caranya, dia akan melacak pengeluaran dan langganan. Pengguna dalam menyambungkan akun keuangan dari berbagai macam institusi, pengeluaran organisasi, dan melacak pengeluaran dari berbagai kategori.

#5 Goodbudget

Aplikasi untuk membagi amplop keuangan. Pengguna Goodbudget bisa mengalokasikan uang langsung ke pengeluaran khusus. Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis untuk fungsi dasarnya. Dan membayar 6 dolar per bulan atau 50 dolar per tahun untuk mengakses versi premium.

#6 Personal Capital

Personal Capital adalah aplikasi yang menyediakan investasi dengan menu penganggaran untuk membantu pengguna mengoptimalkan strategi investasi mereka. Aplikasi ini juga menyediakan pelacak kekayaan bersih dan penguraian portofolio.

Aplikasi cara mengatur keuangan yang baik bertujuan untuk memudahkan hidup. Jadi, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan keadaanmu, jangan kebawa gengsi atau prestise semata. Juga, ingatlah untuk pilih aplikasi yang aman dan terverifikasi.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Wealth Simple, Nerdwallet

Simak juga:

3 Tips Investasi untuk Pasangan Baru Menikah, Sudah Coba Belum?

6 Cara Mudah Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Sudah Coba Belum?

Pengin Akali Biaya Transfer Antar Bank, Sudah Coba 5 Aplikasi Ini Belum?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here