Currently set to Index
Currently set to Follow

Bosen Sama Password WiFi Rumah? Simak Langkah Ganti Password WiFi 2021!

Selama pandemi COVID-19, hidup kamu seolah-olah sangat tergantung dengan WiFi di rumah dari beberapa provider, seperti Indihome, Biznet, dan Firstmedia. Dan di saat-saat tersebut, kadang ada kalanya kamu mau cari cara mengganti password WiFi dengan berbagai alasan, mulai dari bosan hingga menghindari orang lain buat nebeng WiFi kamu.

Namun, selain kedua faktor di atas, ternyata kamu memang disarankan untuk mengganti password WiFi secara berkala, lho. Kenapa begitu?

Seorang pengembang antivirus ternama menyebutkan, “Password ibarat celana dalam yang harus sering diganti”. Penggantian password memang perlu dilakukan berkala untuk mencegah tindak kejahatan.

Ini karena jaringan WiFi bisa saja disusupi mereka yang tidak bertanggung jawab. Selain menyebabkan internet lemot, bahkan data yang terhubung pada jaringan tersebut dapat saja dicuri oleh pengguna lain yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, kamu pun harus tahu cara mengganti password WiFi di rumah sendiri biar makin aman!

Baca juga: Q1 2020, Pendapatan Google Turun, Jauh dari Perkiraan Para Analis

Bosen Sama Password WiFi Rumah? Simak Langkah Ganti Password WiFi 2021!, Pluang

Alasan Kenapa Kamu Perlu Tahu Cara Mengganti Password WiFi

1. Pada Saat Pemasangan Baru WiFi

Saat baru memasang WiFi, pengaturan WiFi masih default alias sesuai standar si penyedia jasa. Karenanya, untuk keamanan penggunaan selanjutnya, kamu perlu mengganti password.

2. Mencegah Pembobolan Akses

Sering merasa WiFi di rumah cenderung terasa lemot? Bisa jadi itu karena ada yang sedang mencuri jaringan WiFi di rumahmu. Apalagi kalau jangkauan WiFi-mu cukup luas dan rumahmu terletak di pemukiman padat.

3. Mengamankan Koneksi

Saat WiFi di rumah dibobol pihak luar, bukan hanya koneksi internet kamu saja yang dicuri. Data yang terhubung ke jaringan WiFi rumah pun rentan dibobol.

4. Koneksi Lebih Stabil

Setiap ISP menerapkan kuota bandwidth. Semakin banyak orang yang menggunakan akses atau jaringan WiFi, maka kecepatannya secara otomatis juga terbagi secara merata.

Misalnya bandwidth awal 10Mbps, kuota ini dapat turun ke 5Mbps saat ada 2 pengguna yang terhubung. Mengganti password juga bisa membuat jaringan lebih stabil untuk menghindari terlalu banyak pengguna yang memakai koneksi di saat bersamaan.

5. Mengamankan Router

Supaya router di rumah tidak mengalami gangguan, cara mengganti password WiFi pun perlu diterapkan.

Nah, sudah terbayang, kan, pentingnya mengganti password WiFi? Agar hidup kamu makin tenang, di bawah ini ada beberapa cara mengganti password WiFi sesuai provider. Yuk, simak bersama!

Baca juga: Larry Page & Sergey Brin Pensiun, Percayakan Kepemimpinan Google pada Sundar Pichai

Cara Mengganti Password WiFi Indihome

– Unduh aplikasi MyIndiHome di App Store atau Google Play Store, lalu masuk ke aplikasi MyIndiHome.

– Klik ikon ‘Profile Pengguna’ pada bagian beranda.

– Klik ‘Pengaturan’. Untuk cara mengganti Password, lalu pilih opsi ‘Ganti Password’

– Kamu akan mendapatkan SMS kode verifikasi lalu klik ‘OK’

– Masukkan password baru kamu kemudian klik ‘Simpan’

– Masukkan kode verifikasi yang sebelumnnya sudah dikirim melalui SMS, lalu klik ‘Kirim’

Password kamu sudah berhasil diganti

Cara Ganti Password untuk Wifi Biznet

– Nyalakan perangkat yang kamu miliki, baik laptop, smartphone, atau komputer.

– Sambungkan perangkatmu itu ke jaringan WiFi yang kamu miliki, atau bisa juga dengan menggunakan bantuan kabel LAN.

– Buka browser yang kamu gunakan, lalu ketik 192.168.1.1 atau 192.168.100.1 pada kolom URL yang tersedia, lalu tekan ‘Enter’.

–  Kamu akan melihat halaman login resmi dari router Biznet. Kamu bisa mulai menerapkan cara mengganti password WiFi setelahnya.

– Isi username dengan nama pengguna yang kamu miliki, dan isi password dengan password lama yang ingin diganti (bisa juga dengan menggunakan username/password: telecomadmin/telecomadmin).

– Tekan ‘Enter’, lalu kamu akan melihat halaman penggantian password.

– Masuk ke menu WLAN, lalu masuk ke ‘Basic’.

– Ganti SSID dengan nama WiFi baru yang kamu inginkan, dan ganti WPA Key dengan password baru yang kamu inginkan. Jangan ubah kolom yang lain. Untuk kolom SSID hanya bisa diisi menggunakan nomor serta huruf kapital dan huruf kecil tanpa spasi. Untuk WPA Key, kamu dapat mengisi dengan menggunakan nomor atau huruf kapital atau kecil dan tanpa spasi.

– Tekan ‘Save’ dan proses sudah selesai. Klik menu ‘Logout’, lalu ‘OK’, lalu ‘Yes’.

Password kamu sudah berhasil diganti

Cara Ganti Password untuk First Media

– Terhubung ke jaringan WiFi First Media. Kamu bisa menggunakan PC/Laptop ataupun Smartphone untuk mengganti password-nya.

– Ketik 192.168.0.1 pada URL browser untuk masuk ke halaman router

Login di halaman web. Masukkan user dan password agar bisa masuk ke dashboard

– Setelah masuk halaman web, untuk cara mengganti password WiFi, kamu bisa klik wireless setting dan pilih setup

– Lantas, kamu bisa isi nama SSID (Wireless Network Name) dan password (Network Key) yang diinginkan. Kemudian, klik save setting. Karena WiFi 809 memiliki 2 channel (yakni 2,4GHz & 5GHz), sebaiknya SSID-nya dibedakan.

Password kamu sudah berhasil diganti

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: 99.co, Suara.com, Biznet, First Media

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img