Currently set to Index
Currently set to Follow

4 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Cerdas

Apakah kamu memiliki kartu kredit? Jika iya kamu harus tahu cara menggunakan kartu kredit semaksimal mungkin. Patut kamu ingat bahwa kartu kredit bisa menjadi temanmu yang loyal.

Namun, ingat juga bahwa kartu kredit adalah tipe teman yang selalu ada pamrihnya. Jadi, kamu harus mau sedikit repot dan memahami cara menggunakan kartu kredit.

Memanfaatkan kartu kredit itu bak meniupkan napas tambahan buat keuangan kamu. Misalnya kamu tengah dalam kondisi keuangan yang mepet dan ada pengeluaran ekstra yang wajib nggak bisa ditunda.

Dalam kondisi ini asal tahu cara menggunakan kartu kredit, kamu akan menemukan solusinya. Ini karena saat memakai kartu kredit, akan muncul term of payment atau tenggat waktu yang terbentuk dari tanggal cetak ke tanggal tagihan.

Baca juga: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Mempelajari cara menggunakan kartu kredit semaksimal mungkin

Selain term of payment, ada banyak lagi manfaat yang kamu peroleh saat kamu tahu cara menggunakan kartu kredit semaksimal mungkin. Salah satu fasilitas kartu kredit yang bagus adalah cicilan berbunga rendah. Barangkali ini adalah fasilitas favorit banyak orang.

Kenapa bisa demikian? Karena dengan fasilitas ini kamu bisa membeli barang yang kamu incar meski kamu tidak mempunyai uang cash yang cukup. Kamu bisa memanfaatkan program cicilan bunga rendah dari kartu kredit.

Walau untuk memanfaatkan fasilitas ini kamu mesti agak repot keliling-keliling mencari toko atau ritel yang menawarkan promo terbaik, tapi lumayan, kan, bisa beli barang yang kamu mau dengan cara mencicil.

Dalam hal cicilan, usahakan untuk selalu memilih kartu kredit dari bank pemerintah. Ini karena bunga cicilan bank pemerintah jauh lebih rendah. Cara menggunakan kartu kredit lainnya adalah dengan memanfaatkan fasilitas dana tunai.

Manfaatkan fasilitas kartu kredit

Perlu kamu ketahui bahwa banyak bank penerbit kartu kredit yang suka menawarkan fasilitas dana tunai yang ditransfer langsung ke rekening tabungan nasabahnya. Penawarannya bisa hingga 50% dari sisa limit yang tersedia, dan biayanya pun sangat terjangkau.

Ada beberapa bank yang memberi dengan biaya provisi 3%, bahkan ada juga yang bebas biaya provisi dan kamu dikenakan biaya transfer saja. Untuk memperoleh fasilitas ini, kamu biasanya akan dihubungi oleh petugas telemarketing kartu kredit.

Namun, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mengajukan sendiri dengan cara menelepon ke call center bank yang bersangkutan. Di saat kamu membutuhkan dana segar, kartu kredit dapat memberi bantuan ke kamu.

Fungsi lain kartu kredit adalah sebagai sarana pembayaran. Terutama untuk transaksi daring atau transaksi luar negeri. Daripada kamu report-repot membuat akun paypal, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk secara langsung membayar transaksi di luar negeri.

Kelebihan dari fitur ini, kamu bisa mendapatkan barang-barang yang di luar negeri harganya lebih murah ketimbang di dalam negeri. Kamu juga bisa memperoleh banyak cashback dari toko-toko daring yang untuk pembayarannya harus menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

4 cara menggunakan kartu kredit dengan cerdas

Cara menggunakan kartu kredit – memanfaatkan fasilitas Airport lounge

Jika kamu kerap memanfaatkan moda transportasi pesawat terbang dan kamu memiliki kartu kredit dengan limit yang besar, maka kamu bisa memanfaatkan airport lounge.

Lumayan banget karena kamu bisa menunggu penerbanganmu sembari beristirahat di lounge yang nyaman. Biasanya kamu juga akan mendapatkan kopi atau makanan gratis di situ.

Di airport lounge kamu juga bisa berfoto-foto dan mengunggahnya ke media sosial kamu. Lumayan eksis namun gratis.

Promo cashback

Barangkali banyak di antara kita tidak sadar bahwa kartu kredit itu sebenarnya kerap sekali mengadakan promo.

Ada baiknya kamu memperhatikan email-email promo yang kerap dikirim penerbit kartu kreditmu. Tidak ada salahnya dibaca sekilas sebelum kamu hapus.

Promo itu biasanya berupa cashback yang nominalnya beragam. Bisa puluhan ribu rupiah, hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Cara menggunakan kartu kredit – bayar tagihan di satu pintu

Khusus buat kamu yang harus membayar tagihan asuransi, tagihan internet dan tv kabel, hingga tagihan telepon setiap bulan, menggunakan kartu kredit akan membantumu.

Bermacam tagihan sebanyak itu bisa saja menjadikan kamu lupa atau tidak sempat membayar.

Nah, kartu kredit memberi solusi, yaitu kartu kredit yang akan membayar semua tagihan itu tepat waktu melalui fitur autodebet dari kartu kredit.

Dengan kartu kredit, pembayaran semua tagihan bulananmu ada di satu pintu.

Scoring pinjaman di bank

Scoring adalah sistem perhitungan bank yang menganalisis kamu sebagai calon peminjam. Apakah kamu calon peminjam berisiko rendah, berisiko sedang, atau berisiko tinggi.

Beberapa bank scoring-nya itu berdasarkan hasil Ideb dan SLIK. Jadi, seringnya karena nasabah tidak punya track record fasilitas di bank, scoring mereka menjadi high risk.

Dan kalau high risk, biasanya kredit yang kamu ajukan susah tembus. Walau kamu punya banyak dana di bank itu.

Selain untuk scoring kredit beberapa bank memberimu kredit tanpa agunan (KTA) dengan BASIS pengali dari limit kartu kredit.

Ada bank yang bisa memberi pinjaman 5-8 kali dari limit tertinggi kartu kreditmu.

Jadi, misalnya kamu mengajukan KTA dan punya kartu kredit dengan limit Rp5 juta, ada kemungkinan kamu bisa memperoleh pinjaman sebesar Rp25 juta.

Tapi tanpa memiliki kartu kredit, besar kemungkinan pengajuan KTA kamu malah ditolak.

Dari cara menggunakan kartu kredit dengan maksimal di atas, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai kebutuhanmu. Yuk, bijak menggunakan kartu kredit!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

 Sumber: wartadana

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img