Belum Ketinggalan Zaman, Milenial Bisa Cuan dari Facebook dengan 7 Cara Ini

Cara menghasilkan uang dari Facebook juga mengikuti pepatah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Jadi, kalau kamu mau dapat duit dari platform satu ini, enggak perlu pusing banyak mikir cara mendapatkan uang dari Facebook, apalagi sampai ragu memulai.

Kamu pun bisa menghasilkan uang dari media sosial raksasa satu ini. Ada banyak cara memperoleh uang dari Facebook, salah satunya adalah dengan unggah video Fanspage.

cuan dari facebook

Jika kamu tahu caranya, sebenarnya cara mendapatkan uang dari Facebook tidak begitu sulit. Semua orang bisa meng-hack formula cara menghasilkan uang dari Facebook.

Yuk, simak cara-cara sederhana untuk dapat uang dengan membuka akun di Facebook!

Baca juga: Pengin Cuan Jadi Vlogger? Hitung Dulu Yuk Penghasilan Jadi YouTuber di Sini!

#1 Cara menghasilkan uang dari Facebook, buka online shop 

cara menghasilkan uang dari facebook

Ini adalah cara paling sederhana untuk menghasilkan uang dari Facebook. Klasik, kamu tinggal punya produk yang dapat kamu pasarkan di Facebook.

Kamu tinggal gunakan akun Facebook personalmu atau bikin fanpage khusus untuk toko online. Namun, akan tampak lebih profesional jika kamu bikin akun khusus tempat mengiklankan Facebook Ads.

Selanjutnya, kamu bisa tentukan sistem penjualan, menyediakan stok barang sendiri atau memilih metode dropship.

Metode dropship menjual produk orang lain atas namamu, sementara stok barang sendiri bisa produk yang kamu hasilkan ataupun kamu beli dan simpan dengan penggudangan sendiri.

#2 Cara mendapatkan uang dari Facebook, jualan di Facebook group

Tidak hanya lewat beranda akun personal atau Fanpage, kamu bisa berjualan lewat Facebook Group. Caranya adalah kamu tinggal gabung ke akun Facebook Group yang sesuai dengan target pasarmu.

Jika kamu punya produk fashion, tinggal bergabung saja di grup fashion. Bagi kamu yang mendagangkan produk makanan, kamu bisa join di grup yang menawarkan jasa catering.

Tidak hanya produk tertentu, kamu bahkan bisa gabung di grup umum seperti grup jual-beli wilayah tertentu.

#3 Sediakan jasa titip

Ini bisa jadi tips cara menghasilkan uang dari Facebook yang menyenangkan buat kamu yang doyan jalan-jalan. Unggah foto kamu ke album foto Facebook khusus, dan tawarkan harga barang yang disertai dengan komisi yang kamu kehendaki.

Posting jasa titip ini bisa kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum jalan-jalan ataupun ketika di perjalanan menemukan barang yang oke untuk dipasarkan. Apalagi jika kamu punya jumlah teman cukup banyak yang juga aktif.

Permintaan jasa titip kamu juga bakal makin tinggi bila posting kamu disukai oleh banyak temanmu. Lumayan, bukan, memperoleh uang dari margin harga barang yang dititip orang darimu? Hitung-hitung membiayai ongkos perjalanan plus uang jajan.

Baca juga: Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

#4 Bikin fanpage dengan niche untuk monetisasi

cara mendapatkan uang dari facebook

Berbeda dengan tips dan trik jualan pada poin-poin sebelumnya, kamu bahkan juga bisa monetisasi lewat bikin akun fanpage. Monetisasi ini ditujukan untuk mengembangkan minatmu pada topik tertentu dan monetisasi dari sana.

Pilih topik tertentu yang bakal digemari pengguna Facebook lain atau yang kamu sukai. Jika ada anggarannya, kamu bisa gunakan Facebook Ads untuk mem-boost posting kamu.

Komersialkan akunmu itu dengan menerima endorse atau iklan dari brand tertentu. Beberapa akun fanpage yang sukses meraih perhatian pengguna Facebook semisal Viral Thread (VT), Happy Cats, dan Dingo Indonesia.

#5 Jadi buzzer untuk produk atau bahkan untuk politik

uang dari facebook
Business people showing a Facebook icon

Tidak ada salahnya memanfaatkan akun medsos untuk menjadi buzzer politik atau mendagangkan produk/jasa tertentu.

Kalau ada kesempatan, gunakan sarana ini untuk kampanye Facebook demi kepentingan ideologi politikmu sendiri, misalnya dengan cari kandidat yang sesuai dengan visimu.

Bila kamu punya pengaruh di media sosial, tawarkan diri untuk ikut kampanye. Selama kamu masih di koridor dan tidak melakukan black campaign, kenapa tidak? Ini bisa tetap jadi cara menghasilkan uang dari facebook yang halal buatmu.

#6 Jadi influencer

Ranah selebritas di medsos bukan hanya Instagram dan YouTube, kamu juga bisa jadi influencer lewat posting di Facebook. Facebook bisa jadi kanal untuk terkenal.

Yang perlu kamu lakukan adalah pastikan bikin konten yang kreatif dan diperbarui secara berkala. Tentu konten itu mesti disesuaikan dengan “personality” akunmu.

Kategori berpengaruhnya seorang influencer ditentukan dari jumlah follower, likes, dan share pada akunnya. Setelah akunmu memperoleh popularitas, dijamin deh kamu juga punya kesempatan gede buat jualan produk/jasa tertentu atau bahkan jadi buzzer.

#7 “Beternak” akun fanpage

cara mendapatkan uang dari facebook
Men showing a Facebook icon

Akun Fanpage bisa diternakkan dengan bikin fanpage tematik. Lewat beternak banyak fanpage, kamu bisa memperoleh kesempatan untuk kumpulkan sebanyak-banyaknya follower.

Dengan pengikut minimal 10 ribu orang, kamu bisa gunakan jasa Facebook Ads Breaks. Membangun fanpage yang besar tentu butuh perjuangan besar pula.

Tapi, setidaknya ini jadi cara mendapatkan uang dari Facebook dengan penghasilan yang besar juga. Meski, ini mengisyaratkan kamu mengunggah video dalam 60 hari terakhir dengan durasi 3 menit dengan jumlah tayangan 30 ribu tayangan selama 1 menit.

Selain itu, kamu juga perlu penuhi standar kelayakan monetisasi dan ketersediaan negara mendukung layanan Facebook Ads Breaks. Untungnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyediakan dukungan untuk layanan ini.

Sumber: Ponseli, Lifepal

Simak juga:

4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Menikah vs Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Jangan Ditunda Lagi! Begini 7 Cara Kilat Terbebas dari Utang

Hemat Waktu, Simak Tahapan Cara Registrasi SKCK Online di Sini!

27 Kata-kata Motivasi dari Tokoh Sukses Dunia Ini Jamin Bikin Kamu Semangat Lagi!

Artikel Terbaru