Peduli Lingkungan Mulai dari Rumah, Lakukan 8 Cara Hemat Listrik Ini!

Cara menghemat listrik terbaik adalah dengan pintar-pintar menggunakan kapasitas listrik. Mengapa kita harus menghemat listrik? Selain untuk menekan pengeluaran, dengan hemat listrik, kita membantu kurangi pembakaran energi fosil yang akibatkan pemanasan global.

Ketergantungan masyarakat akan listrik sekarang ini terbilang sangat tinggi. Padahal, perlu banget disadari, sumber daya listrik itu sendiri terbatas.

Tidak menutup kemungkinan kelak energi listrik akan habis karena keterbatasan ini. Beberapa ilmuwan pun memang sedang mencari energi alternatif.

Bayangkan apa saja yang akan lenyap bersamaan dengan hilangnya daya listrik untuk mengakses server komputer tempatmu menyimpan data Cloud?

eco energy

Jadi, jika kamu peduli dengan lingkungan dan keberlangsungan bumi, tidak usah tanyakan lagi mengapa kita harus menghemat listrik. Mulai pikirkan bagaimana cara menghemat listrik!

Menggunakan alat elektronik sesuai kebutuhan dan kapasitasnya adalah kunci berhemat, tapi apa lagi, ya, yang perlu kamu lakukan?

Jika kamu bingung mau mulai dari mana, kamu bisa mulai dari kebiasaanmu sehari-hari. Kamu bisa lakukan 21 perubahan dari rumah dan bisa menghemat lebih banyak dengan cara menghemat listrik.

Baca juga: Diberlakukan pada 2020, Tarif Listrik Terbaru yang Dikeluarkan PLN & Kementerian ESDM

#1 Hemat pemakaian lampu/gunakan lampu LED

cara menghemat listrik
Closeup of Light emitting diode

Siasati kebutuhan penerangan di rumah dengan gunakan lampu yang benar-benar dibutuhkan. Kamu bisa terapkan kebiasaan untuk mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00.

Dua lampu pijar 100 watt yang dimatikan selama beberapa jam ekstra per hari bisa menghemat hingga Rp200 ribu setahun. Lebih baik lagi, beralih ke LED.

Selain lampu LED, kamu juga bisa pertimbangkan beli televisi dan monitor LED yang terbukti lebih hemat energi sebagai cara menghemat listrik.

Hemat Rp200 ribu

#2 Pertimbangkan cahaya alami untuk arsitektur rumah sebagai cara menghemat listrik

mengapa kita harus menghemat listrik

Perhatikan ventilasi udara di rumah. Satu jendela menghadap selatan dapat menerangi 20 hingga 100 kali luas bidang.

Mematikan satu bohlam 60 watt selama empat jam sehari sama dengan melakukan penghematan Rp120 ribu dalam setahun.

Gunakan pencahayaan hanya jika diperlukan. Matikan lampu langit-langit dan gunakan lampu meja, lampu track, dan lampu di bawah meja di area kerja atau dapur. Nyalakan penerangan hanya jika benar-benar diperlukan.

Hemat Rp120 ribu

#3 Cara menghemat listrik dari kamar mandi? Mandilah dalam jangka waktu lebih pendek

electricity saving

Air panas itu mahal, apalagi yang mengucur dari shower, duh! Jika dua orang di rumahmu memotong waktu mandi masing-masing satu menit, kamu bahkan dapat menghemat hingga Rp400 ribu dalam setahun. Selain itu, matikan air yang mengucur saat bercukur, mencuci tangan, menyikat gigi.

Hemat Rp400 ribu

#4 Cabut kabel barang elektronik yang tidak digunakan

mengapa kita harus menghemat listrik

Jangan biarkan peralatan elektronik terpasang pada saklar saat tidak kamu pakai, entah itu mengisi daya gawai, TV, dst. Hapus kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off untuk cara menghemat listrik paling praktis.

Daya yang terus digunakan ini dapat mencapai 10% dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga. Cabut elektronik yang tidak digunakan dan hemat Rp700 ribu setahun.

Hemat Rp700 ribu

Baca juga: S.O.S Tanggal Tua? Ini 7 Trik Hemat yang Menyelamatkanmu dari Sikap Boros

#5 Tidak di rumah? Matikan AC! Atau, pilih AC hemat listrik

ramah lingkungan

Matikan AC selama lima jam sehari saat kamu sedang bepergian. Lakukan itu selama 60 hari selama musim panas dan kamu akan menghemat hingga Rp220 ribu.

Mesin pendingin bekerja dengan lebih banyak daya dibandingkan peralatan elektronik lainnya di rumah.

Jika pun kamu memutuskan menggunakan AC, bijaklah memilih AC yang hemat energi dengan kemampuan menaikkan suhu atau off secara otomatis apabila ruangan sedang tidah dihuni.

Hemat Rp220 ribu

#6 Hemat daya mesin cuci, cuci pakaian sekalian

mengapa kita harus menghemat listrik

Hindari kebiasaan yang sebentar-sebentar cuci pakaian di mesin cuci. Daya listrik yang digunakan mesin cuci untuk sekali mencuci tidak sedikit, lho! Pikirkan langkah strategis cara menghemat listrik! Artinya, kamu bisa tentukan frekuensi mencuci dengan mesin cuci.

Usahakan kamu telah mengumpulkan pakaian kotor dan mencucinya ketika bobot cucian sudah terasa penuh. Dengan memangkas frekuensi mencuci pakaian bulanan, kamu bisa hemat hingga Rp245 ribu.

Hemat Rp245 ribu

#7 Efisien menggunakan mesin pendingin/kulkas

cara menghemat listrik

Atur kulkas dan freezer kamu pada suhu ideal. Untuk lemari es, idealnya diatur pada suhu antara 2°C dan 3°C dan freezer pada suhu -18 ° C. Dengan begini, kamu bisa hemat hingga Rp350 ribu.

Hemat Rp350 ribu

#8 Nonaktifkan alat elektronik saat kamu tidur

mengapa kita harus menghemat listrik

Hapuslah kebiasaan meninggalkan peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala. TV masih menyala, lampu dibiarkan menyala, atau gawai dalam proses pengisian batere saat kamu tinggal tidur.

Selain biaya tagihan membengkak, isiko lain seperti batere menggelembung lantaran kamu tinggalkan gawaimu masih mengisi daya juga akan jadi masalah, lho!

Hemat Rp200 ribu

Sumber: Tokopedia, Cermati

Simak juga:

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img