Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Jadi Dropshipper? Simak Kiat Jadi Dropshipper Sukses 2021!

Cara menjadi dropshipper kini banyak dipilih untuk memulai usaha jualan online di marketplace. Dengan jadi dropshipper, kita tidak perlu menyiapkan modal banyak ataupun stok barang/pergudangan. Kebanyakan Dropshipper menjamur di platform belanja daring di negeri ini, seperti Shopee dan Tokopedia..

Beberapa tahun belakangan ini, metode dropshipping memang semakin marak dan menjadi pilihan orang saat berjualan. Namun, menjadi dropshipper bukan berarti bebas dari segalanya. Dropshipper juga membutuhkan perumusan strategi serta perencanaan yang matang.

Banyak faktor yang berada di luar kendali dropshipper lantaran mereka tidak memproduksi dan mengirimkan barangnya sendiri. Karena itu, faktor-faktor ini perlu diamankan dan dipastikan terlebih dahulu jika kamu ingin menjadi Dropshipper Shopee, Tokopedia, atau marketplace lainnya.

Misalnya, kamu dapat membaca informasi terkait bisnis online seperti pemasaran produk yang efektif, tips desain logo yang unik dan kreatif, tips mendesain stiker untuk produk yang kamu pasarkan, dst.

Menjalankan bisnis memang bukan hal mudah terutama apabila kamu benar-benar ingin memajukan usaha tersebut. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dinilai kembali apakah masih ada celah untuk memperbaikinya, dan juga beragam risiko bisnis lainnya.

Baca juga: Apa Itu Supply Chain?

Mau Jadi Dropshipper? Simak Kiat Jadi Dropshipper Sukses 2021!, Pluang

Cara Menjadi Dropshipper

Dropship atau dropshipping adalah proses pengiriman barang yang langsung kepada pelanggan. Pengiriman yang terjadi adalah dari vendor atau pihak ketiga.

Proses pengiriman tak menggunakan jasa perantara seperti menyimpan atau menimbun barang terlebih dahulu. Selain modalnya tak besar, lokasi dan waktunya pun fleksibel, tergantung pada dropshipper. Penjual tidak melakukan stok barang serta tidak melakukan pengiriman kepada pembeli. Mereka hanya meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier. Lantas, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atau pemesan atas nama penjual.

Seorang dropshipper umumnya hanya memerlukan modal kuota internet tanpa modal uang besar. Koneksi lancar dapat menunjang komunikasi dengan pembeli serta dengan supplier. Selain itu, diperlukan posting konten jualan sebagai cara promosi.

Yuk, simak satu per satu strategi dan kiat yang bisa kamu terapkan untuk cara menjadi dropshipper sukses di tahun 2021 di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia!

#1 Pilih Jenis Produk yang Ingin Dipasarkan

Langkah awal cara menjadi dropshipper adalah menentukan produk apa yang hendak kamu tawarkan. Untuk mengetahuinya, kamu harus memperkirakan tren pasar yang berkembang serta peminat dari produk yang kamu pasarkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa diandalkan:

  • Pilih produk dengan keuntungan sedikit, tapi bisa dijual dengan kuantitas banyak.
  • Perhatikan ukuran pengiriman produk
  • Pastikan produk yang dijual sedang laris di pasaran

Selain produk yang sedang ramai di pasaran, kamu juga bisa mempertimbangkan menjual produk yang kamu pahami betul. Namun, jangan berharap keuntungannya bisa sebesar menjual produk yang sedang banyak diminati.

#2 Cara Menjadi Dropshipper Spesialis: Cari Supplier yang Berkualitas

Sebelum menentukan supplier untuk jenis produk yang kamu pilih, pastikan kamu mengetahui kualitas pelayanan serta pengiriman mereka sebelumnya.

Ini berkaitan dengan reputasi toko yang hendak kamu bangun. Soal pengiriman pesanan atau kualitas dari barang adalah daya tarik utama dalam berjualan di marketplace. Tentu akan lebih baik lagi jika kamu mengenal secara personal supplier dari produk tersebut. Sebaiknya, kamu juga tidak hanya memiliki satu supplier saja. Buatlah daftar pada excel atau catatan mengenai siapa saja supplier yang akan kamu gunakan untuk usahamu.

#3 Harga Jual Juga Poin Utama Cara Menjadi Dropshipper Kompetitif

Setelah menentukan supplier dan harga yang kamu peroleh dari mereka, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa harga jual yang kamu akan patok untuk produk yang kamu jual tersebut.

Dengan menentukan harga jual yang tepat, maka kamu akan memastikan calon pelanggan yang akan meminati produk yang kamu jual. Yang terpenting dalam menentukan harga jual adalah mengetahui berapa rentang harga yang masih termasuk ke dalam anggaran dari calon pelanggan.

Jika produk yang kamu pasarkan termasuk benda yang langka, tentu kamu bisa lebih leluasa menetapkan harga jual yang tinggi.

#4 Memilih dan Membuat Toko atau Lokasi Penjualan 

Untuk cara menjadi dropshipper pada tahap ini, kamu bisa tentukan berapa banyak channel yang akan kamu gunakan untuk usahamu. Ada banyak marketplace yang bisa jadi pilihan. Kamu bisa jadi dropshipper Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dsb, atau melalui media sosial seperti Instagram.

#5 Melakukan Promosi Toko

Dalam setiap usaha, tentu salah satu kegiatan yang paling penting dilakukan adalah promosi dan pemasaran. Banyak cara untuk membantu meningkatkan penjualan dari tokomu.

Misalnya, kamu bisa menyebarkan brosur, leaflet, menawarkan langsung ke lingkaran terdekatmu, dsb. Secara online, kamu bisa mencoba memasang iklan pada media sosial, atau bahkan iklan lewat Google Ads apabila kamu punya situs web sendiri.

#6 Lakukan Monev, Alias Monitor dan Evaluasi untuk Usahamu

Setelah semua tahap itu dilakukan, tahap terakhir dari cara menjadi dropshipper adalah mengulas ulang setiap langkah tersebut untuk mencari celah mana yang masih bisa diperbaiki atau ditingkatkan.

Beragam hal itu nantinya bisa kamu ubah dan sesuaikan dengan metode baru yang sekiranya bisa lebih meningkatkan penjualan tokomu. Jangan khawatir, karena memulai usaha dan melakukan banyak percobaan serta kesalahan atau kegagalan di awal adalah hal yang lumrah.

Baca juga: Apa Itu Aggregate Supply?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Porinto, Paper.id, Harapan Rakyat

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img