Currently set to Index
Currently set to Follow

Kamu Lagi Nganggur Tapi Ingin Kaya? Simak 14 Cara Ini!

Jika saat ini kamu bekerja dari rumah dan cara menjadi kaya yang kamu tempuh adalah dengan bekerja keras, baguslah. Kalau kamu juga sedang menganggur, tidak apa-apa. Tidak punya pekerjaan bukan berarti kita tidak bisa cari uang, lho.  Sebab, ada beberapa strategi menarik untuk mencari penghasilan yang patut dicoba.

Berkat teknologi, kini kamu dapat menghasilkan uang dengan melakukan apa saja dari rumah (dan tentunya legal). Baik itu menjual pakaian, mengedit buku atau menerjemahkan, atau membuat furnitur atau kerajinan tangan.

Namun, di samping itu, kamu juga sebenarnya memiliki potensi mendapatkan pengasilan dari barang-barang sekelilingmu. Lihat saja isi lemarimu, voucher dan kartu hadiah yang kamu simpan sejak lama, bisakah kamu menukarnya dengan uang?

Jika kamu butuh sedikit inspirasi atau motivasi untuk membuat lebih banyak uang di tengah pandemi ini, berikut ini lebih banyak ide yang dapat kamu tempuh sebagai tips cara menjadi kaya dan cari uang saat menganggur di kala pandemi.

Ada beberapa hal “unik” dan “aneh” yang dilakukan sudah orang-orang, kamu mungkin tertarik untuk tahu beberapanya:

Baca juga: Mulailah Sedini Mungkin, 6 Panduan Cara Jadi Kaya Ini Akan Berarti Besar

#1 Perhatikan Tagihanmu dan Pangkas yang Tidak Perlu

Di mana ada tagihan, di sana ada cara untuk… hmm, memangkas yang tidak perlu. Sehingga, kamu perlu melakukan aksi nyata untuk mewujudkan hal tersebut. Lakukan pencatatan pengeluaran dengan rinci per bulan dan per hari dan lihat seberapa banyak yang bisa kamu “hasilkan” dari pemangkasan tagihan itu. Yuk, mulai trik cara menjadi kaya dengan cara berhemat terlebih dulu!

#2 Nonton Film atau Main Video Game

Jangan salah. Beberapa orang hari ini bisa dibayar sekadar dari main video game saban hari, atau nonton film. Inboxdollars dan Cashcrate adalah situs yang menawarkan seseorang akan dibayar untuk film yang mereka tonton atau gim yang mereka mainkan. Mereka hanya meminta penggunanya untuk menyelesaikan survei dengan umpan balik darimu bagi mereka melakukan penelitian.

#3 Cari Uang Saat Menganggur Hanya dengan Menjelajah Dunia Maya

Kalau kamu penasaran, coba berselancar saja di internet! Di sana, terdapat beberapa perusahaan yang akan memintamu untuk memasang add-on di perambanmu (browser) untuk merekam pencarianmu. Kamu bisa memperoleh poin yang dapat ditukarkan sebagai kartu hadiah ke toko-toko yang mungkin kamu kunjungi nantinya.

#4 Cara Menjadi Kaya dari Uji Produk Kecantikan 

Yep, kamu tidak salah baca: kamu bisa menghasilkan uang dari produk kecantikan gratis. Pada dasarnya, kamu bisa menjadi KOL (key opinion leader) atau influencer kecantikan dengan mencoba dan meninjau segala make up yang buatmu menarik. Menariknya, kamu bisa dibayar secara tunai atau bahkan ditawarkan lebih banyak produk kecantikan. Tentunya, kamu bisa menjual produk-produk ini lagi jika tidak memerlukannya.

#5 Cari Uang Saat Menganggur? Sewakan Pakaianmu

Kamu bisa bikin bisnis bernama Rent the Runway yang terinspirasi dari Rent My Wardrobe, misalnya. Tentunya, meminjamkan pakaian bagi mereka yang lebih membutuhkannya termasuk cara ramah lingkungan untuk menghasilkan uang. Jika kamu merasa aneh ada orang lain yang mengenakan pakaianmu, hmm, jangan khawatir. Kamu bisa membuat aturan bahwa sebelum mereka mengembalikan pakaian itu padamu, mereka harus membawanya ke binatu.

#6 Buka Rekening Tabungan Berbunga Tinggi

Jika ingin memiliki arus kas yang stabil, cari bank dengan suku bunga tinggi dan tanpa biaya dan buka rekening tabungan di sana. Konsekuensinya, barangkali kamu perlu bikin akun tabungan baru.

#7 Ikuti Survei dan Dibayar? Cara Menjadi Kaya yang Pintar!

Siapa yang tidak suka dibayar untuk memberikan pendapat? Swagbucks dan Survey Junkie menawarkan ini bagi orang-orang yang suka menjawab pertanyaan survei. Kamu bisa mulai menjawab beberapa pertanyaan kuesioner dan mendapatkan bayaran dari sana.

#8 Tukarkan Kartu Hadiahmu

Suka makan di restoran dan kerap mendapatkan gift voucher? Tukarkanlah kartu-kartu itu dan dapatkan uang tunai sebagai imbalannya. Atau, jika kamu sedang bokek dan ingin makan enak, tukarkan saja kartu itu dengan makanan favoritmu.

Baca juga: Sukses dalam Semalam? Pelajari 7 Hal Ini Jika Kamu Mau Kaya

#9 Cara Menjadi Kaya dari Jual Preloved

Daripada semua pakaianmu menghabiskan ruang lemari pakaian, mending kamu jual semua itu, deh. Kamu bisa bikin akun di media sosial dan mulai memasarkan barang-barang preloved kepada kenalanmu.

Terapkan nilai yang pantas untuk setiap barangmu dan pastikan persentase penjualannya tidak akan membuatmu merugi. Kalau kebetulan kamu kolektor pakaian bermerek, cara menjadi kaya di saat pandemi ini tentu lebih dekat lagi. Apalagi, di internet sudah banyak situs-situs yang memfasilitasi kamu menjual barang-barang preloved merek kelas atas!

#10 Jual Barang-Barang yang Jarang Kamu Pakai

Ada iPhone yang sudah terlalu lama disimpan di meja? Atau laptop lawas yang menumpuk begitu saja? Jangan pikir panjang untuk menguangkannya. Hal serupa berlaku juga untuk barang elektronik lain atau benda-benda di dapurmu yang sudah lama tidak kamu pakai. Atau, kalau buku-bukumu memenuhi rak dan tak terbaca (alhasil kamu jadi tsundoku), temukan toko buku bekas dan jual saja. Simpel, kan, cara menjadi kaya dari menguangkan apa yang ada di sekitarmu?

#11 Cara menjadi kaya yang terdengar paling aneh: House Sit

Alias jaga rumah. Ini mungkin menarik, karena kamu bisa menunggui rumah orang dan dibayar. Coba tanyakan ke wilayah sekitar, apakah ada orang-orang yang memerlukan bantuan semacam ini? Kalau menghasilkan uang, kenapa tidak dicoba?

#12 Pelajari Penawaran Kartu Kredit

Salah satu cara menjadi kaya adalah dengan pintar-pintar memanfaatkan tawaran bank. Misalnya, kamu bisa cek kartu kredit yang akan menawarkan keuntungan tertentu untuk penggunaannya. Jika kamu banyak berbelanja, tentunya kamu akan mendapatkan cashback untuk pembelian tertentu. Pastikan juga memperhatikan dua hal: suku bunga dan biaya tahunan dari kartu kredit itu.

#13 Menyewakan Kartu Kredit ke Teman

Jika kamu punya kartu kredit yang memberimu cashback atau hadiah setiap kali penggunaannya, tidak ada salahnya kamu menolong teman-temanmu yang butuh menggunakan kartu kredit. Minta temanmu membayar kepadamu plus ongkosnya, sekaligus kamu akan dapatkan bonus dari penggunaan kartu kreditmu.

#14 Daftarkan Diri ke Focused Group

Ini secara harfiah berarti kamu mesti duduk di sebuah ruangan dan membincangkan tentang hal-hal yang kamu suka dan tidak suka. Buatlah profil semenarik mungkin, dan barangkali kamu akan diundang oleh mereka untuk melakukan hal yang kamu sukai.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Cosmopolitan

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img