Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Jadi Kaya Sebelum Umur 30 Tahun? Simak 10 Tips Miliarder Muda Ini!

Siapa sih, yang tak mau jadi kaya sebelum menginjak kepala tiga? Semua orang bebas untuk bermimpi, tapi hanya sedikit orang yang benar-benar cari cara menjadi kaya sebelum menginjak usia tersebut.

Jika kamu adalah salah satu di antara kaum-kaum yang ngarep jadi tajir sebelum usia 30, mungkin ada baiknya kamu benar-benar memperhatikan dan merencanakan kondisi finansial kamu di usia 20-an.

Sebab, usia ini dianggap cukup krusial dalam mengubah pola finansial kamu untuk mendapatkan penghidupan yang layak di masa depan. Selain itu, akan ada banyak sekali keputusan penting yang kamu buat di usia ini. Misalnya, memilih pekerjaan yang cocok, mendapatkan penghasilan pertama dan bagaimana pengelolaannya.

Nah, di bawah ini, ada 11 tips dari para miliarder muda terkait cara menjadi kaya sebelum usia 30 tahun. Tidak dijamin akan bikin kamu jadi miliarder juga sih, tapi setidaknya 11 langkah ini bisa membantu kamu merasa aman secara finansial ketika menginjak usia tersebut.

Baca juga: Memilih Investasi Tepat Layaknya Miliarder Kelas Dunia

Mau Jadi Kaya Sebelum Umur 30 Tahun? Simak 10 Tips Miliarder Muda Ini!, Pluang

10 Tips Cara Menjadi Kaya Sebelum 30 Tahun

#1 Fokus ke Pendapatanmu

Grant Cardone, seorang miliarder otodidak mengatakan, kamu tak bisa mengandalkan tabungan sebagai cara untuk menjadi kaya. Ia mengatakan, kamu harus sudah mulai fokus untuk meningkatkan penghasilan secara konstan setiap umurmu bertambah setahun. Pola pikir ini bisa kamu terapkan ketika kamu sudah mendapat pekerjaan pertamamu.

Kamu bisa memulai investasi dengan risiko paling aman, misalnya menempatkan uang ke reksa dana pendapatan tetap. Selain itu, kamu mungkin juga bisa bekerja sama dengan temanmu untuk membuka bisnis bersama atau membuka jasa freelancing.

“Hasilnya, pendapatan saya yang tadinya US$3 ribu per bulan kini menjadi US$20 ribu per bulan. Ikuti alur penghasilanmu, dan nantinya kamu akan melihat berbagai kesempatan mendulang cuan dari situ,” kata Cardone.

#2 Berani Ambil Risiko dengan Punya Lebih dari Satu Sumber Penghasilan

Penulis buku Thomas C. Coley pernah melakukan studi selama lima tahun dan menemukan bahwa miliarder otodidak biasanya memiliki lebih dari dua sumber penghasilan. Bahkan, 65% di antaranya punya tiga sumber penghasilan. Biasanya, mereka mendulang cuan dari investasi saham, pekerjaan sampingan, dan juga kegiatan menyewakan properti.

“Tiga sumber penghasilan nampaknya menjadi angka ajaib bagi miliarder. Tapi memang secara logis, semakin banyak sumber penghasilan, maka akan semakin aman juga kondisi finansialmu kelak nanti,” tutur dia.

#3 Menabung Sebagai Modal Investasi

Cardone menambahkan bahwa kamu tidak boleh menabung hanya untuk tujuan menyimpan uang semata. Namun, kamu harus mengubah tabunganmu sebagai modal investasi.

Apalagi dewasa ini, cara menjadi kaya dengan memulai investasi sudah kian terjangkau dan bisa dilakukan dengan praktis. Cardone sendiri menyarankan kaum muda untuk menginvestasikan uangnya ke dua kanal utama: platform investasi daring dan dana pensiun.

“Simpan tabunganmu ke suatu tempat yang aman dan bahkan tidak bisa kamu utak-atik. Jangan pernah gunakan tabungan tersebut untuk hal-hal yang tidak penting,” kata dia.

#4 Disiplin dan Mampu Menentukan Keputusan

Ahli psikologi kewirausahaan Rafael Badziag mewawancarai 21 miliarder otodidak ketika menyusun bukunya berjudul “The Billion Dollar Secret: 20 Principles of Billioinaire Wealth and Success”. Dari interview tersebut, ia menemukan bahwa mereka semua memiliki satu kesamaan: Punya sikap disiplin.

“Mereka semua memiliki standar tinggi bagi dirinya sendiri dan orang di sekelilingnya. Mereka adalah orang-orang paling disiplin yang pernah saya temui,” jelas Badziag.

Pendapat Badziag juga diikuti oleh studi yang dilakukan jurnalis dan penulis Napoleon Hill, yang menemukan bahwa seluruh miliarder muda juga mampu menentukan keputusan secara cermat.

Baca juga: Miliarder Dunia Sebut Bitcoin Lebih Baik Daripada Emas

#5 Jangan Gampang Terpancing Untuk Pamer

Di era media sosial seperti sekarang, setiap orang pasti ingin menampilkan citra bahwa dirinya adalah sosok yang sukses. Bisa saja dengan mengunggah foto-foto pelesiran mewah, makanan mahal, atau mungkin barang-barang branded yang mereka kenakan.

Tapi, Cardone meminta kamu untuk tidak terpancing. Menurutnya, jangan pernah sekali pun gunakan penghasilanmu hanya untuk menarik perhatian orang lain. Toh, apa gunanya kamu pamer ini-itu tapi penghasilan saja masih belum mumpuni?

“Saya tidak beli mobil mewah sampai bisnis dan investasi saya semuanya berhasil,” jelas Cardone. “Pastikan orang-orang mengenalmu karena etos kerja dan kualitasmu yang baik, bukan karena apa yang kamu beli atau pakai.”

#6 Ubah Persepsimu Soal Uang

Miliarder otodidak lainnya, Steve Siebold, menjelaskan bahwa cara menjadi kaya tergantung dari cara kamu memandang uang.

Sebagai contoh, kadang kamu yakin tidak akan bisa menjadi tajir karena merasa bahwa kekayaan adalah sebuah “privilege dari lahir”. Meski memang kondisi itu ada benarnya, namun orang-orang yang punya pola pikir menjadi kaya akan menilai bahwa harta bisa dihasilkan dari kerja keras dan kerja cerdas.

#7 Investasi di Diri Sendiri

Nah, ini merupakan hal yang tak kalah penting, Sobat Cuan! Kamu harus mengembangkan ilmu dan keterampilan setiap waktu. Bahkan, investor kakap seperti Warren Buffett pun mengatakan bahwa 80% dari waktu kerjanya dihabiskan untuk membaca.

#8 Perlahan Tidak Menggantungkan Hidup dari Gaji Bulanan

Siebold menambahkan, kaum muda juga harus berpikir untuk perlahan melepaskan ketergantungan finansial mereka dari gaji bulanan di masa depan. Sebab, kalau kamu bergantung dengan gaji melulu, maka kamu bisa kehilangan kesempatan untuk menimbun kekayaan.

“Kebanyakan orang hanya mengandalkan gaji dalam hidup, yang ujungnya hanya menyebabkan hidup mereka biasa-biasa saja sampai tua nanti,” tuturnya. “Orang-orang kaya pasti belajar dan memahami cara tercepat untuk menimbun kekayaan.”

#9 Tetapkan Cara dan Tujuan Menjadi Kaya dan Percaya Kamu Bisa Mencapainya

Kalau kamu ingin banyak uang, kamu harus tahu tujuan kamu menggunakan uang tersebut dan rencana untuk menggapainya. Wejangan itu disampaikan oleh miliarder muda T. Harv Eker.

“Salah satu alasan kenapa orang tidak bisa menggapai impiannya adalah karena mereka tidak punya keinginan spesifik dalam hidup. Orang kaya jelas paham bahwa mereka ingin menimbun kekayaan di masa depan,” ucap Eker.

#10 Bergaul dengan Orang-Orang yang Positif

Salah satu cara menjadi kaya, disadari atau tidak, adalah dengan dikelilingi sosok-sosok yang menginspirasi dan berbakat, yang juga bisa memotivasimu untuk terus maju. Begitu nasihat yang disampaikan oleh miliarder Andrew Carniege.

Selain mendorong motivasimu, bergaul dengan orang-orang tersebut akan membuatmu mencontoh kebiasaan mereka.

“Makanya, kamu harus mengenalkan dirimu ke kelompok orang yang lebih sukses darimu. Hal itu bisa memperluas pola pikirmu dan melontarkan pendapatanmu ke tingkatan yang lebih tinggi lagi,” kata Siebold.

“Realitanya adalah, cara miliarder menjadi kaya adalah dengan berfokus pada lingkup pergaulan mereka. Sementara itu, kaum kelas menengah berfokus ke uang semata,” imbuhnya.

Baca juga: Mulailah Sedini Mungkin, 6 Panduan Cara Jadi Kaya Ini Akan Berarti Besar

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Business Insider

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img