Currently set to Index
Currently set to Follow

Bisakah Kita Merekam Layar Laptop? Simak Caranya di Sini!

Berbagi informasi berupa tangkapan layar kini memang menjadi hal yang semakin lumrah saja. Kebutuhan menyebarkan informasi secara cepat dan akurat dimungkinkan dengan cara merekam layar laptop yang kini semakin mudah.

Rekaman layar laptop boleh jadi dibutuhkan untuk tampilan presentasi sekolah di masa pandemi ini, atau rekaman tutorial yang berkaitan dengan merekam tampilan layar laptop.

Pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 10 dan Mac tidak perlu repot mengunduh aplikasi perekam layar dari pihak ketiga. Kedua sistem operasi ini telah dibekali aplikasi bawaan untuk merekam layar laptop.

Di samping itu, ini juga eranya YouTuber menghasilkan cuan dari video tutorial atau ulasan aplikasi, atau sekadar dengan live streaming saat bermain game.

Jika kamu ingin juga cuan dari rekaman tangkapan layar laptopmu, berikut ini beberapa cara merekam layar laptop yang dapat kamu coba jika kamu laptopmu memakai salah satu sistem operasi tersebut.

Baca juga: Jangan Cuma Mabar Doang! Yuk, Dapatkan Uang dari Main Game di 4 Cara Ini!

Bisakah Kita Merekam Layar Laptop? Simak Caranya di Sini!, Pluang

Cara Merekam Tampilan Layar Laptop di Windows 10

Aplikasi bawaan dalam sistem operasi Windows 10, Xbox Game Bar, adalah apa yang memungkinkanmu untuk melakukan perekaman atau tangkapan video atas layar laptopmu. Kendati aplikasi ini ditujukan untuk merekam layar saat bermain game, ia juga bisa dimanfaatkan untuk merekam aktivitas lainnya.

Xbox Game Bar adalah jalan termudah untuk cara merekam layar laptop karena memungkinkan kita merekam sebagian besar jendela aplikasi. Dari merekam tampilan peramban Chrome, WhatsApp Desktop, Microsoft Word dan Power Point, hingga tayangan permainan RPG.

Meski demikian, aplikasi ini tidak dapat merekam tampilan beberapa aplikasi. Di antaranya, Xbox Game Bar tidak dapat merekam layar utama desktop serta program maupun dokumen di file explorer.

Aktifkan Game Bar

Sebelum merekam, kamu perlu pastikan untuk mengaktifkan menu Game Bar. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu ‘Settings’ dengan menekan menu ‘Windows’ > ‘Settings’
  • Cari dan pilih menu ‘Gaming’
  • Pilih menu ‘Game Bar’ lalu aktifkan (On)

Bila Game Bar sudah aktif, maka kamu sudah dapat melakukan perekaman. Berikut ini langkah menggunakan aplikasi Xbox Game Bar untuk merekam layar laptop:

  • Buka jendela aplikasi yang ingin direkam
  • Aktifkan aplikasi Xbox Game Bar dengan tekan kombinasi tombol pintasan Windows+G pada kibor. Pengguna juga dapat membuka aplikasi dengan mengetik “Xbox Game Bar” pada pencarian menu (kolom Search). Atau, mencari secara manual pada menu Start.
  • Saat aplikasi terbuka, kamu akan melihat tampilan tombol aksi (berbentuk bulat dan berwarna merah, seperti tombol rekaman pada umumnya). Selain ikon kamera untuk merekam, ada juga ikon mikrofon untuk mengaktifkan audio saat sedang merekam layar.
  • Saat hendak mulai merekam, kamu bisa menekan tombol ikon perekam. Selain itu, kamu juga bisa kombinasikan tombol pintasan Windows+Alt+R untuk mulai merekam layar.
  • Xbox Game Bar akan secara otomatis merekam jendela aplikasi yang muncul di layar, dibarengi dengan pop up bernama “Capture Status” untuk menunjukkan proses perekaman yang sedang berjalan.
  • Jendela “Capture Status” itu memberi informasi durasi perekaman video yang tengah berlangsung.
  • Jika ingin menghentikan cara merekam layar laptop ini, pengguna dapat menekan ikon “stop” atau ikon silang “x” dengan fungsi yang sama dengan ikon stop.
  • Hasil akan secara otomatis tersimpan di laptop. Kamu tinggal buka aplikasi Game Box > Show All Captures.
  • Menu akan menampilkan hasil perekaman layar yang dilengkapi dengan judul file, tanggal perekaman, hingga ukuran video.

Baca juga: Belajar Finansial dari Game? Mungkin Banget! Cobain deh 5 Game Ini

Cara Merekam Tampilan Layar Laptop di Mac

Jika kamu menggunakan sistem operasi Mac, kamu dapat melakukan cara merekam layar laptop ini dengan mengakses aplikasi QuickTime Player. Berikut ini langkah yang bisa kamu tempuh:

  • Buka aplikasi QuickTime Player dari folder aplikasi.
  • Pada bar menu, pilihlah File > Rekaman Layar Baru. Kamu juga bisa menekan kombinasi tombol pintasan Control+Command+N (New) untuk membuka jendela rekaman layar baru.
  • Saat muncul jendela pop up, kamu akan melihat tombol aksi, berbentuk seperti ikon perekam untuk memulai perekaman. Selain itu, ada ikon panah ke bawah untuk memunculkan opsi lanjutan pada mikrofon dan pergerakan mouse. Juga, ada tombol untuk menyesuaikan volume audio.
  • Jika sudah siap untuk merekam layar, kamu tinggal klik ikon tombol perekam berwarna merah. Lalu, klik pada area mana pun jika kamu ingin merekam seluruh layar.
  • Apabila kamu ingin merekam area tertentu saja pada layar, kamu dapat menyeret kursor pada area yang ingin direkam. Lalu, kembali klik tombol ‘Mulai Rekaman’ pada area itu.
  • Klik tombol Berhenti di bar menu untuk menghentikan rekaman. Atau, kamu dapat tekan Command+Control+Esc (Escape) untuk menghentikan cara merekam layar laptop ini.
  • QuickTime Player akan secara otomatis membuka hasil rekaman begitu kamu menyudahi perekaman. Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk memutas, menyunting, dan membagikan hasil rekaman.

Xbox Game Bar dan QuickTime Player tentunya sangat memudahkanmu yang hanya sekadar ingin merekam tangkapan layar laptop saja. Namun, jika kamu ingin mencoba aplikasi lainnya yang sama mudahnya untuk digunakan, beberapa aplikasi ini tersedia gratis: OBS Studio dan VLC Player.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas, Pricebook

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img