Cuan Dari Angpao Kemarin? Simpan dan Tabung Dengan 5 Cara Ini!

1
607
cara mudah menabung

Merayakan tahun baru Imlek bersama keluarga dan memperoleh banyak angpao dari kerabat? Jangan keburu dihabisin, berikut ini tip menabung dan cara mudah menabung angpaomu!

Bagi penduduk Indonesia khususnya etnis Melayu Tionghoa, Imlek tentu jadi hari yang paling ditunggu! Pesta identik dengan warna merah dan ikon barongsai berikan kemeriahan tersendiri.

cara mudah menabung

Jadikan momen Imlek kali ini untuk wujudkan resolusi positif cara mudah menabung demi sambut tahun yang baru. Dengan semangat baru, buka tabungan baru lewat tips menabung!

Berikut ini tahap demi tahap strategi cara mudah menabung yang bisa kamu tempuh untuk menjadikan hidup hemat sebagai resolusi yang membuat hidupmu makin positif di tahun mendatang.

Simak cara menghemat angpao yang bisa kamu selaraskan dengan kebiasaan menabungmu.

Baca juga: Ikut Meriahkan Tahun Baru Imlek dengan Jajal 7 Peluang Usaha Ini, Yuk!

#1 Cara mudah menabung: Simpan uang angpao dengan stick to the anggaranmu

tips menabung

Ketika memperoleh angpao, jadilah lebih mindful atas uang yang kamu terima. Lakukan evaluasi dan koreksi waktu ke waktu tentang caramu menggunakan uang.

Jangan sampai overspending hanya ketika kamu merasa impulsif ingin belanja atau kebetulan ada diskon. Cara mudah menabung? Ingat, menabung itu baik untuk masa depan. Karena itu, hindari menunda menabung.

Sisihkan secukupnya uang dari angpao dan pastikan pengeluaranmu terkontrol. Ada baiknya kamu menyisihkannya dengan berinvestasi emas atau saham. Dengan begitu, uang angpao benar-benar akan “tersimpan” untuk jangka tertentu.

#2 Tentukan skala prioritas sebelum menabung 

Ingatkan dirimu untuk konsisten menabung. Demikian juga angpao kali ini, kamu perlu jadikan menabung sebagai skala prioritas dan cari tujuan yang sesuai dengan prioritas itu.

Tanyakan kepada dirimu sendiri, mengapa saya ingin tahu cara mudah menabung dan mengapa menabung?

Tentukan mini goal sesederhana untuk tidak tergoda belanja saat lagi sale. Apalagi pas Imlek ada banyak cashback. Pastikan kamu bisa menyimpan sejumlah kecil uang dalam jangka waktu yang kamu tentukan sendiri. Tujuan kecil akan lebih mudah untuk diingat dan diimplementasikan.

Dari sekian banyak yang kamu catat dalam list, pilih ke poin mana saja kamu hendak gunakan uangmu dan termasuk worth it untuk itu.

#3 Cara mudah menabung? Pilih aplikasi keuangan yang pas untuk membantu menabung

Jika kamu menabung tanpa anggaran, pada akhirnya akan selalu muncul pertanyaan yang sama, “Ke mana semua uang saya habiskan?”

Memiliki aplikasi keuangan tentu penting karena aliran uang (cash flow) yang masuk dan keluar ke kantong adalah sumber aktivitas kita sehari-hari. Aplikasi macam ini akan bantu kita untuk mencapai target finansial pribadi.

Apalagi, kalau kamu punya resolusi keuangan. Aplikasi pengatur keuangan dan aplikasi keuangan pribadi akan bantu mengatur cash flow demi wujudkan resolusimu!

Ingat baik-baik pesan pemain catur Charles A. Jaffe ini: “Yang bisa membuatmu kaya bukanlah besaran penghasilanmu, tapi kebiasaanmu mengatur pengeluaran.”

Tips menabung kali ini: pastikan kamu tabung juga angpao yang kamu terima, ya!

Baca juga: Mencari Meriah Pesta Barongsai, Ini 9 Kota dengan Perayaan Imlek yang Semarak

#4 Bikin menabung sebagai agenda yang menyenangkan!

cara mudah menabung

Selain mengunduh aplikasi, kenapa kamu tidak coba bikin agenda menabung angpao ini sebagai sesuatu yang menyenangkan?

Catat angpao yang kamu terima, dan persenan yang hendak kamu tabung dengan warna-warni spidol menarik! Ini bisa jadi cara mudah menabung dan sekaligus fun!

Kamu bisa menuliskan daftar tujuan finansial jangka pendek maupun jangka panjang dengan warna yang berbeda.

Dengan cara menabung ini, kamu tak akan bosan-bosan melihat catatan keuangan dan anggaran pengeluaranmu, bukan?

#5 Tips menabung: belanja seperlunya saja

Iming-iming diskon dan cashback tentu akan meramaikan momen Imlek kali ini. Nah, ingatkan dirimu untuk belanja seperlunya saja, jangan sampai boros hanya kamu hoki dapat banyak angpao.

Jangan tergiur diskon! Ini cara mudah menabung untuk hindari godaan: pisahkan kebutuhan dan keinginanmu adalah kunci sukses dalam mengontrol pengeluaran.

Ketika berhasil menaklukkan tujuan kecilmu dan mengontrol pengeluaran seperti ini, tak ada salahnya untuk memberikan sedikit reward terhadap konsistensi dirimu menabung.

Jangan sampai motivasimu melemah hanya karena kamu tak memberi apresiasi terhadap kedisiplinanmu menabung.

Semoga tahun baru Imlek kali ini membakar semangatmu untuk mengontrol tabungan demi tujuan jangka panjang yang lebih cihuy, ya! Gong Xi Fa Cai! Oh ya, cara mudah menabung dan investasi emas paling cuan cuma di Pluang, unduh aplikasinya sekarang, yuk!

Sumber: Lifepal

Simak juga:

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here