Jangan Sampai Ditilang, Begini Cara Perpanjang STNK Secara Online

Kini, kamu enggak perlu capek antre di samsat untuk memperpanjang surat tanda nomor kendaraan (STNK). STNK bisa diperpanjang via online. Yuk, cari tahu cara perpanjangan STNK online di artikel ini.

Aturan soal perpanjangan pajak online ini sudah tercantum di Pasal 16 Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2015. Sebelum berlaku aturan pembayaran via transaksi online, cara perpanjangan STNK online sudah bisa ditempuh di tiga daerah di Indonesia, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Cara perpanjangan STNK online ini mempermudah para pengguna kendaraan bermotor untuk membayar perpanjangan tahunan.

Perpanjangan STNK secara online hanya bisa dilakukan untuk perpanjangan tahunan. Bila untuk mengganti STNK baru, atau pembayaran pajak lima tahunan, kamu perlu datang langsung ke kantor Samsat.

Perpanjangan ini hanya berlaku maksimal 40 hari sebelum jatuh tempo. Jika lewat dari masa jatuh tempo, maka kamu harus mengurus langsung ke kantor Samsat.

Beberapa daerah lain juga sudah menerapkan pelayanan cara perpanjangan STNK online ini.

cara perpanjangan STNK online

#1 Cara Perpanjangan STNK Online Jakarta

Di situs web http://samsat-pkb.jakarta.go.id, tersedia layanan untuk mengecek pajak online. Kamu tinggal masukkan nomor kendaraanmu. Jika angka kendaraan kurang dari 4, masukkan angka 0 di bagian depan supaya bisa dicek.

Apabila angka kendaraanmu B 78 DEF, maka supaya bisa dicek, kamu bisa masukkan angka 0 di bagian depan, B 0078 DEF. Bila nomor kendaraanmu “tidak ada”, artinya nomor kendaraanmu tidak terdaftar di samsat DKI.

Kalau berhasil dan nomor kendaraanmu tersimpan di database samsat Jakarta, maka akan muncul keterangan bahwa proses berhasil, disertai informasi soal pajak kendaraan terkait, termasuk jadwal jatuh tempo.

Pengaturan wilayah pelayanan samsat yang bisa diakses online ini meliputi: samsat wilayah DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur) yang bisa diproses di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.

Sementara itu, samsat wilayah Banten (BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja) yang bisa diproses di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere, samsat wilayah Jawa Barat (Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi) yang bisa diproses di samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

Baca juga: Jangan Sampai Kena Sanksi Pajak, Cek Cara Buat NPWP Online yang Mudah di Sini

#2 Cara Perpanjangan STNK Online E-Samsat Jawa Barat

Perpanjangan STNK online di Jawa Barat ini dilayani setiap hari kerja. E-samsat ini bekerja sama dengan Bank BJB. Dengan begitu, pemilik rekening BJB bisa langsung bayar pajak viat ATM. Alur pembayaran pajaknya adalah: kirim SMS dengan format: esamsat [no.chasis] [no.KTP] [e-mail] dikirim ke nomor 08112119211.

Setelah itu, bisa cek status data NIP/KTP, curanmor, dan blokir ke server polda. Kirim SMS jawaban ke wajib pajak: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.

Setelah data disepakati, kamu bisa langsung bayar ke ATM BJB dan ikuti langkah pembayaran. Struk tanda bukti bayar pajak dari ATM bisa kamu bawa ke kantor samsat untuk ditukarkan dengan SKPD.

#3 E-Samsat Jawa Timur

Jawa Timur juga menawarkan cara perpanjangan STNK online, dengan fitur lebih keren lagi. Perpanjangan tidak hanya dibayar lewat ATM, tapi juga bisa via teller Bank Jawa Timur bahkan mobile banking atau internet banking sekalipun.

Akses situs web e-samsat lewat tautan http://www.esamsat.jatimprov.go.id/. Kamu akan memperoleh informasi besaran pajak, denda, dan bunga progresif yang perlu dibayarkan.

Tahap pembayaran bisa dilihat di situs web Bank Jatim, ini termasuk memasukkan data ke halaman e-samsat Jawa Timur. Setelah itu, tinggal ikuti proses pembayaran.

#4 Cara Pembayaran STNK Online Jawa Tengah

Samsat online di daerah Jawa Tengah juga bekerja sama dengan bank setempat. Nasabah akan diberikan ATM Samsat-Bank Jawa Tengah, ATM ini adalah ATM khusus untuk pembayaran pajak online. Kamu dapat menemukan ATM khusus ini di setiap kantor samsat Jawa Tengah. Informasi lebih lengkap terkait proses pembayaran bisa dicek di situs web Dispenda Jateng.

Kamu bisa langsung akses https://play.google.com/store/apps/details?id=psi.bppd.jateng.sakpole&hl=in untuk cara perpanjangan STNK online Jawa Tengah, sementara untuk Yogyakarta bisa langsung akses situs web http://infonjkbdiy.com/.

Sumber: Money Smart, Atur Duit

Simak juga:

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

S.O.S Tanggal Tua? Ini 7 Trik Hemat yang Menyelamatkanmu dari Sikap Boros

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img