Jadi Rektor di Usia 27 Tahun, Risa Santoso Menginspirasi Netizen untuk Jadi Sukses di Usia Muda

Apa yang sudah kamu capai di usia 27 tahun? Risa Santoso sedang hangat jadi pembicaraan karena dia jadi rektor termuda pada usia itu. Netizen berlomba-lomba bikin celotehan lucu tentang “bagaimana, sih, cara sukses di usia muda” sehingga bisa sukses di usia muda macam Risa?

Ia menjadi rektor termuda di Institut dan Bisnis Asia (ITB Asia), Malang, perguruan tinggi ini adalah salah satu kampus swasta yang menawarkan kelas kuliah di bidang akuntansi, manajemen, teknik informatika, dan bisnis.

Risa bahkan mengalahkan rekor rektor termuda sebelumnya, Riki Saputra, rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang menjabat rektor pada usia 36 tahun. Sembilan tahun lebih muda, pengalaman Risa bukannya malah bisa dipandang sebelah mata.

Kita tentu tahu, dong, kesuksesan seseorang ditentukan oleh kerja kerasnya di belakang. Sebelum nama Risa viral dan terdengar hari ini, rupanya dia punya latar belakang menarik dan bisa jadi teladan kita, lho.

Pencapaian Risa ini bisa jadi kunci sukses di usia muda yang kita tiru dan modifikasi untuk cara sukses di usia muda kita juga.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Risa Santoso (@santosorisa) on

 Yuk, kita telusuri beberapa fakta menarik tentang Risa Santoso, yang inspiratif ini:

Sukses di usia muda berkat pendidikan

Perempuan kelahiran Surabaya, 27 Oktober 1992 ini berkuliah di universitas bergengsi di Amerika Serikat, S1-nya dia tempuh di University of California, Berkeley di bidang Ekonomi pada 2012-2014, sementara S2-nya di Harvard University Graduate School of Education pada 2014-2015.

Ia berkuliah di Harvard University dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tidak berhenti di kelas perkuliahan saja, dia juga menjajal banyak pengalaman organisasi. Tercatat pernah ikut beragam pelatihan kerja, tentu jurusan kuliahnya di bidang Pendidikan langsung ia praktikkan di lapangan. Sukses di usia muda yang ia peroleh hari ini adalah hasil dari pengalamannya menjadi tutor ekonomi, matematika, dan statistik di Diablo Valley College.

Sebelum menjadi rektor di kampus, ia juga telah lebih dulu menjajal rasanya magang di perguruan tinggi itu selama tiga bulan.

Baca juga: Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Pernah menjajal berbagai profesi penting

Lulus dari kuliah, bukannya menganggur atau melamunkan masa depan saja, ia sudah langsung terjun ke dunia kerja. Ia pernah juga jadi tenaga ahli dan direktur pengembangan.

Selama 1 tahun 7 bulan dari Agustus 2015-Februari 2017, ia menjadi tenaga ahli muda di kantor staf presiden. Lalu, ia lanjut menjadi direktur pengembangan bisnis di Business Wisdom Institute selama 2 tahun 9 bulan.

Sembari mengembangkan pengalaman bisnis, ia masih sempat juga menjadi inisiator ASIA Entrepreneurship Training Program (AETP), program akselerasi kerja sama dari Swiss dan Indonesia.

Risa ingin buat sejumlah program penting yang menginspirasi cara sukses di usia muda

Selain latar belakang mumpuni di bidang pendidikan dan pengalaman teknisnya di lapangan, Risa dikenal banyak ide dan juga salah satu anak muda yang cerdik.

sukses di usia muda

“Beliau sosok muda yang smart dan energik. Bukan tanpa bekal, meski umurnya masih hijau, Risa rupanya sudah cukup matang. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis Kampus Asia,” kata Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono.

Risa menyatakan ingin bikin sejumlah program spesifik, “Jadi nanti anak-anak tahu, setelah lulus mereka mau ngapain,” katanya tentang programnya.

Kegigihannya menjabarkan visi dan rencana-rencana pemajuan program bagi kampusnya mengantarkan Risa menjabat rektor. Pada 2 November, ia dilantik menjadi rektor ITB Asia.

ITB Asia baru berdiri pada Agustus lalu, merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Asia Malang serta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Asia Malang yang berada di bawah naungan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia.

Menarik, ya, profil rektor termuda ini? Semoga program-program yang ia canangkan berhasil dan ini bisa menginspirasi generasi muda untuk lebih semangat lagi mengejar cita-cita, ya?

Sumber: CNN Indonesia, Kumparan

Simak juga:

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

Tidak Kunjung Kaya? Ini 10 Alasan yang Menghambatmu Jadi Orang Kaya

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img