Mudah Transaksi Cashless, Pakai HP Berfitur NFC untuk Top Up E-Money

HP dengan fitur near field communication (NFC) memang belum sepopuler bluetooth atau koneksi nirkabel jarak dekat lain. Tapi NFC sudah mulai dibutuhkan, misal untuk bertukar file antar-ponsel, transaksi nontunai seperti untuk cara top up e money atau e-toll. Tapi, belum banyak HP yang tersedia fitur NFC.

Fitur NFC banyak hadir di ponsel dengan rentang harga Rp5 jutaan. Umumnya HP dengan fitur ini memang dari kelas premium. Namun, ada juga beberapa vendor HP yang menyediakan fitur dengan harga Rp2 jutaan.

Salah satu kegunaan HP yang tersedia fitur NFC adalah transaksi finansial tanpa ribet mengeluarkan uang. Dengan teknologi ini, kamu juga bisa mudah menerapkan cara top up e money. 

Kamu bisa gunakan fitur NFC ini untuk cara top up e money lewat beberapa aplikasi yang menawarkan kartu uang elektronik. Untuk E-money Mandiri, kamu bisa akses Mandiri Online. Kartu BNI bisa pakai BNI Tap Cash Go, untuk Flazz BCA bisa akses BCA Mobile. Sementara untuk BRI Brizzi bisa lewat BRI Mobile.

Berikut ini rekomendasi HP dengan fitur NFC bagi kamu yang tertarik menjajal teknologi satu ini untuk mengefisienkan kebutuhanmu:

#1 HP yang tersedia fitur NFC, Nokia

Nokia termasuk ponsel “murah hati” yang menawarkan fitur NFC dengan banderol harga amat terjangkau, dari mulai 1 jutaan.

Jenis Nokia 3.1 plus – Rp1,9 jutaan

Nokia 4.2 – Rp2,4 jutaan

HP Nokia 6.1 – Rp2,7 jutaan

Nokia 3 – Rp1 jutaan

HP Nokia 5 – Rp1,4 jutaan

Nokia 6 – Rp1,5 jutaan

Sebagaimana ponsel NFC pada umumnya, bagian NFC di HP Nokia terletak di belakang telepon. Untuk mengaktifkan NFC, pilih Pengaturan > Lainnya > NFC. Alihkan NFC ke Aktif.

NFC bisa digunakan untuk pembayaran, terutama juga untuk pembelian, termasuk cara top up e money. Untuk aktifkan pembayaran, pilih Pengaturan > Klik dan Bayar.

#2 Asus

Vendor asal Taiwan ini menyediakan berbagai jenis HP yang tersedia fitur NFC:

Asus ZenFone SQ ZC600KL – Rp1,8 jutaan

Jenis Asus Zenfone 2 – Rp1,4 jutaan

HP Asus Zenfone 5, 5Q, dan 5Z – Rp4 jutaan

Selain jenis di atas, Asus juga menyediakan asus ROG yang dilengkapi NFC. Performa HP ini tidak diragukan lagi karena mengusul Qualcomm Snapdragon 845 yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas, dari main game sekaliber PUBG hingga setting grafis paling tinggi.

#3 Nubia

Nubia Z17 mini – Rp2 jutaan

Sebagaimana Huawei yang ada kaitannya dengan ponsel bernama Honor atau Oppo dengan Realme, ZTE pun memiliki jenis ponsel terpisah, yakni Nubia. Nubia Z17 mini adalah salah satu jenis HP yang tersedia fitur NFC keluaran ZTE. Dengan desain stylish dan performa yang lumayan kencang, lumayanlah HP ini bisa membantu untuk cara top up e money juga dengan fasilitas NFC-nya, apalagi ia hadir dengan harga cenderung murah.

Baca juga: Ikuti Jejak Amazon dan Facebook, Tahun 2020 Google Luncurkan Google Pay

#4 HP yang tersedia fitur NFC, Lenovo

Lenovo Vibe K4 Note – Rp1,7 jutaan

HP Lenovo Vibe P1 Turbo – Rp1,8 jutaan

Dengan harga di bawah 2 juta dan spesifikasi HP yang tersedia fitur NFC, Lenovo tentu bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin dapat HP NFC murah meriah. Kualitasnya pun mumpuni untuk jenis HP dalam kelasnya.

HP yang tersedia fitur NFC

#5 Sony

Sony Xperia M4 Aqua – Rp1,3 jutaan

Dengan harga amat terjangkau, jenis HP yang tersedia fitur NFC ini cocok bagi kamu yang ingin mudah akses cara top up e money. Untuk jenis HP pada segmen menengah, HP ini hadir dengan kualifikasi layar 5 inchi dan rancangan tipe yang sekelas dengan ponsel high-end Xperia seri Z.

Dengan kinerja yang mumpuni, ponsel dengan harga murah ini juga menawarkan fitur anti-air dan anti-debu.

#6 Cara Top Up E Money Mudah dengan Fitur NFC Samsung

Samsung Galaxy J3 Pro – Rp1,6 jutaan

Bagi pengguna Samsung, ada juga nih HP dengan fitur NFC yang terjangkau dari ponsel andalanmu. Sebelumnya, fitur NFC ini baru bisa dinikmati pengguna Samsung Galaxy S series atau Galaxy Note Series, atau malah Samsung Galaxy A yang dibanderol dengan harga Rp9 jutaan.

Samsung Galaxy A9 – Rp8 jutaan

Jenis Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus – Rp11-14 jutaan

Samsung Galaxy Note 9 – Rp13 jutaan

HP Samsung Galaxy S10e, S10, dan S10 plus – Rp10-24 jutaan

Tapi, dengan kehadiran Galaxy J30 Pro, Samsung bisa juga lho menyediakan HP dengan fitur NFC yang terjangkau untuk membantumu mempermudah cara top up e money.

Baca juga: Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

#7 Motorola

HP besutan Amerika Serikat ini tidak ketinggalan merambah pasar HP dengan fitur NFC. Ada dua jenis HP-nya yang menawarkan harga terjangkau untuk membantumu menjadi cashless society dengan fitur NFC, nih:

Motorola Moto G5s Plus – Rp2,5 jutaan

Jenis Motorola Moto E4 Plus – Rp1,3 jutaan

#8 Oppo

Oppo R17 Pro – Rp9,9 jutaan

HP Oppo Reno Reguler dan 10x Optical Zoom Edition – Rp13 jutaan

Kita masuk ke kelas high end dengan merek ini. Kalau kamu ingin menikmati fitur NFC tapi juga pengin punya ponsel dengan kualitas canggih untuk berbagai kebutuhan (kamera ciamik, performa dahsyat main game, dst), kamu bisa pilih dua jenis HP yang tersedia fitur NFC dari Oppo, nih.

#9 Huawei, HP kece mahal yang bisa bantu cara top up e money lewat fitur NFC

Huawei P20 Pro – Rp12 jutaan

Jenis Huawei Mate 20 Series – Rp9-12 jutaan

HP Huawei P30 dan P30 Pro – Rp9-12 jutaan

Ini, nih, HP dengan fitur NFC yang digadang-gadang sebagai “HP dari masa depan”. Gimana enggak? Fitur Huawei hadir dengan kamera Leica dengan resolusi megapiksel yang menakjubkan: hingga 40 megapiksel. Jika kamu cari ponsel dengan performa canggih, visual yang canggih, sekaligus bisa bantu kamu jadi cashless dengan menempelkan ponsel lewat fitur NFC, mengapa tidak boyong pulang HP satu ini?

Sumber: Kompas, Review1st, Kompas

Simak juga:

Memperkenalkan Bitcoin, Mata Uang Elektronik sebagai Investasi Alternatif

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp27 Triliun

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img