Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini 6 Ciri Kamu Masuk Golongan Kelas Menengah

Di dalam strata sosial terdapat tiga kelas: kelas bawah, kelas menengah, dan kelas atas. Mungkin kamu bertanya-tanya kamu berada di kelas yang mana? Di sini kita akan membahas secara spesifik tentang kelas menengah. Apakah kamu berada di dalam kelas ini atau tidak.

Per November 2020, Indonesia memiliki kelas menengah nomor empat terbesar di dunia dengan jumlah 17,3 juta rumah tangga. Tak kalah dari Amerika Serikat, India, dan China.

Di samping jumlah keluarga kelas menengah yang besar, Potensi Indonesia besar karena kekuatan membelinya menguat. Memungkinkan kelas ini berbelanja lebih leluasa. Euromonitor International memperkirakan rata-rata pendapatan bersih orang Indonesia per rumah tangga mencapai US$11.300 (sekitar Rp150 juta per tahun).

Baca juga: Ini 6 Ciri Kelas Menengah Menurut Standar AS, Kamu Termasuk Salah Satunya?

Melihat berapa banyak kelas menengah di Indonesia

Sesuai dengan namanya, kelas menengah ini berada di posisi tengah-tengah: tidak sekaya pemilik modal, namun juga tidak semiskin kelas proletar menengah ke bawah. Mereka hidup berkecukupan.

Studi dan laporan mengenai kelas menengah di Indonesia memang banyak, dengan parameter masing-masing yang berbeda. Jumlahnya di Indonesia pun punya rentang estimasi yang besar, yakni 30 juta hingga ratusan juta orang.

Sebuah lembaga konsultan, Boston Consulting Group (BCG) mengkategorikan kelas-kelas ekonomi di Indonesia. Hasilnya, untuk kategorinya dapat dipandang sebagai kategori “upper middle”. Untuk tahun 2012 silam saja ada 64,8 juta penduduk Indonesia tergolong kategori kelas menengah.

Pengeluaran bulanan adalah faktor yang menjadi pengkategorian versi BCG. Kelas menengah-atas adalah mereka yang berpengeluaran Rp3-5 Juta per orang setiap bulan. Sedikit di bawahnya, adalah kelas menengah, dengan pengeluaran bulanan Rp2-3 juta.

Populasi kelas menengah di Indonesia

Lembaga konsultan ini memandang akan ada sebanyak 117,5 juta penduduk Indonesia yang masuk dua kategori dengan pengeluaran sebesar ini.

Untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran kedua kelas tersebut, kita dapat melihat hasil survei Deloitte. Lazimnya ada tiga kategori belanja teratas rumah tangga, yaitu makanan, rumah, peralatan, dan pakaian.

Belanja pakaian masuk ke prioritas ketiga untuk masyarakat ini, yaitu sebesar 11%. Artinya individu yang masuk kelas menengah membelanjakan uangnya untuk pakaian sebesar Rp220-330 ribu per bulan.

Porsi belanja pakaian ternyata terhitung royal dibandingkan kebiasaan belanja pakaian orang Amerika Serikat. Data pemerintah Amerika Serikat tahun 2011 menunjukkan proporsi belanja di negeri Paman Sam itu mencapai 3,6% dari penghasilan.

Terjadi perubahan pola konsumsi di Amerika Serikat. Sebab pada 1949, proporsi belanja pakaian mencapai 11,7%.

Orang-orang di India juga jauh lebih hemat ketimbang orang Indonesia. Data Goldman Sachs menyebutkan bahwa orang India hanya membelanjakan rerata 5% penghasilannya untuk pakaian.

Lain lagi China. Dalam perkara belanja pakaian, orang-orang di negeri ini jelas lebih boros ketimbang Indonesia. Ini karena masyarakat China bisa membelanjakan separuh pendapatannya untuk keperluan belanja pakaian.

Baca juga: Bank Dunia: 115 Juta Orang Indonesia Rentan Kembali Miskin, Apa Sebabnya?

Enam ciri kamu masuk dalam golongan kelas menengah

Kelas menengah – kepemilikan rumah

Memiliki rumah tetap adalah impian setiap orang. Langkah naik dari menyewa menjadi memiliki menandakan kemakmuran dan prestasi.

Dengan kisaran harga rumah median yang sangat berbeda di berbagai daerah, kemampuan untuk mencapai tujuan ini sangat bervariasi menurut lokasi geografis.

Memiliki mobil

Memiliki mobil memberikan kebebasan bergerak dan kemewahan menghindari jadwal terbatas dan tempat sempit yang ditawarkan oleh pilihan transportasi massal, seperti bus dan kereta bawah tanah.

Di sini sekali lagi, harga mobil sangat bervariasi, seperti halnya jenis mobil yang dibutuhkan. Untuk satu pengemudi, Hyundai bekas akan melakukan triknya. Di sisi lain, BMW baru menandakan pencapaian tujuan ini.

Pendidikan perguruan tinggi untuk anak-anak

Membantu anak-anak maju dalam hidup adalah tujuan utama keluarga kelas menengah.

Membayar pendidikan perguruan tinggi untuk anak-anak dapat menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Universitas yang diincar anak-anak tersebut memiliki dampak signifikan pada label harga.

Jaminan pensiun

Pensiun adalah tujuan yang hampir semua orang ingin capai. Ini menunjukkan kesuksesan dan memberikan hadiah untuk kerja keras selama beberapa dekade.

Cakupan perawatan kesehatan

Kemampuan untuk mendapatkan perawatan kesehatan merupakan tujuan penting bagi penerima upah kelas menengah dan keluarga mereka.

Tingginya dan meningkatnya biaya perawatan medis dan obat resep membuat kebutuhan perawatan kesehatan semakin meningkat; pergi tanpanya dapat memiliki implikasi keuangan negatif yang serius jika terjadi penyakit parah atau cedera.

Liburan keluarga

Liburan keluarga adalah makanan pokok. Liburan menunjukkan bahwa sebuah keluarga memiliki pendapatan yang dapat dibuang dan cukup berhasil meluangkan waktu dari pekerjaan untuk fokus pada waktu luang.

Jadi, kamu berada di kelas yang mana? Kelas bawah, kelas menengah, atau kelas atas?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img