Currently set to Index
Currently set to Follow

Bingung Cara Membuat Invoice Tagihan? Simak Caranya di Sini!

Di dunia bisnis, invoice adalah bagian penting terkait urusan finansial perusahaan. Invoice adalah faktur atau dokumen tagihan yang merincikan jumlah dan biaya yang harus dibayarkan oleh pihak penerima jasa kepada pemberi jasa, setelah ada kesepakatan di purchase order. Contoh invoice tagihan bervariasi karena diterapkan pada berbagai sektor usaha.

Secara umum, invoice dikenal dengan sebutan faktur, yakni sebuah lembar yang berisi daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlahnya, dan harga. Transaksi yang tercatat merupakan bukti transaksi penjualan.

Dokumen invoice memudahkan perusahaan untuk menghitung seluruh transaksi pada pembukuannya. Bagi perusahaan yang menerima jasa, invoice adalah semacam kuitansi yang menjadi dokumen akuntansi perusahaan.

Invoice dibuat dalam tiga rangkap, yakni:

  • Satu lembar untuk pembeli atau penerima jasa bila telah melunasi tagihan;
  • Berikutnya, satu lembar untuk arsip bagian penjualan;
  • Satu lembar untuk laporan bagian keuangan.

Keberadaan invoice sangat penting untuk mengetahui barang dan jasa yang telah dibeli. Terkait finansial perusahaan, faktur tersebut sangat penting untuk mempermudah perhitungan laba suatu bisnis. Yuk, ketahui seluk-beluk fungsi invoice dan contoh invoice tagihan yang sesuai dengan format yang berlaku.

Baca juga: Punya Kartu Kredit Pertama? Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Demi Keuangan Sehat

Bingung Cara Membuat Invoice Tagihan? Simak Caranya di Sini!, Pluang

Fungsi Invoice

Perusahaan yang kredibel tentu menyimpan bukti arsip keuangan yang rinci untuk memudahkan dalam perhitungan akuntansi keuangan. Berikut ini beberapa fungsi invoice:

1. Sebagai bukti untuk laporan pajak

Perusahaan tentu perlu membayar pajak setiap tahunnya. Dalam hal ini, invoice digunakan sebagai pembukuan seluruh transaksi dan dapat digunakan sebagai bukti laporan pajak. Contoh invoice tagihan pun selalu perlu disertakan dalam urusan pemenuhan kewajiban membayar pajak.

2. Sebagai bukti pembayaran

Invoice diperlukan sebagai bukti pembayaran ketika membeli barang atau produk suatu perusahaan digunakan sebagai dokumen yang membantu proses pembayaran atau transaksi jual-beli barang/jasa.

3. Sebagai dokumen perusahaan

Perusahaan memerlukan invoice sebagai bukti dokumen dari penjualan barang/jasa. Arsip keuangan yang rinci ini dibutuhkan untuk memudahkan perhitungan akuntansi keuangan.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Cerdas

Tips Membuat Invoice yang Baik

Dari daftar fungsi invoice di atas, kamu tentu semakin menyadari fungsi penting dari invoice. Representasi invoice yang baik dan benar sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Berikut ini komponen-komponen yang diperlukan dalam contoh invoice tagihan maupun jenis invoice lainnya:

  • Pencantuman kata “INVOICE” sebagai judul besar dokumen atau tagihan
  • Nomor invoice unik untuk referensi penjual dan pembeli. Ini digunakan untuk mengurutkan tagihan dari yang satu dengan yang lainnya.
  • Nama dan detail kontak pembeli. Jika perlu, cantumkan pula nama instansi atau perorangan dari pembeli.
  • Kelengkapan nama dan detail kontak penjual.
  • Tanggal produk dikirim atau tanggal layanan diberikan. Informasi perihal waktu ini dibuat untuk mengetahui kapan barang/produk dikirim.
  • Informasi tanggal pengiriman invoice, bisa juga dilengkapi dengan tanggal jatuh tempo invoice harus dibayar.
  • Ketentuan pembayaran, berupa metode pembayaran, kapan pembayaran harus diterima, rincian tentang keterlambatan pembayaran, diskon pembayaran awal, dll.
  • Deskripsi produk/layanan, harga per unit produk, serta jumlah total yang dibebankan

Supaya memberikan gambaran seperti apa contoh invoice tagihan, berikut ini penjelasan lebih spesifik mengenai jenis invoice ini:

Contoh Invoice Tagihan

Invoice tagihan adalah lembar dengan kop surat resmi yang diberikan kepada pelanggan atas transaksi tertentu. Biasanya, pelanggan akan menerima surat tagihan ketika belum melakukan pembayaran melebihi jatuh tempo.

Surat tagihan perlu dikirim dalam jangka waktu tertentu sebagai pengingat bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran. Seperti umumnya surat, contoh invoice tagihan yang baik menyertakan tiga bagian, yakni awalan, isi surat, dan akhiran.

Tagihan invoice juga harus menyertakan logo perusahaan, tanggal, nomor surat, perihal serta pihak yang dituju.

Bingung Cara Membuat Invoice Tagihan? Simak Caranya di Sini!, Pluang

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Accurate, 99

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img