Currently set to Index
Currently set to Follow

Gak Ada Motivasi Bikin Motivation Letter? Yuk, Simak Tipsnya di Sini

Surat motivasi atau motivation letter yang ditulis dengan baik dapat membuka gerbang ke masa depan yang lebih ciamik. Sebab, surat motivasi yang meyakinkan akan membuat penerima surat langsung merekrut dan menyetujui aplikasi si pelamar. Namun, kadang kita tak tahu mengenai cara menulis motivation letter yang memikat.

Surat motivasi adalah dokumen yang merinci keterampilan profesional dan alasan melamar suatu program studi, beasiswa, ataupun jika kamu melamar pekerjaan sukarela. Secara umum, surat ini menyertai surat lamaran dan dokumen pendukung, seperti transkrip nilai atau resume. Kadangkala, surat rekomendasi disebut juga sebagai “statement of purpose” atau “motivational letter”.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Membuatmu Menjadi Bahagia, Cerdas, dan Berempati

Gak Ada Motivasi Bikin Motivation Letter? Yuk, Simak Tipsnya di Sini, Pluang

Bagaimana Menulis Surat Motivasi?

Menulis surat motivasi yang baik membutuhkan waktu. Jadi, pastikan kamu mengerjakan langkah-langkah metodis untuk bisa membuat surat yang paling menggambarkan motivasimu.

Mencurahkan waktu yang cukup untuk menulis surat motivasi memastikan padamu untuk memasukkan semua konten yang diperlukan dan mengikuti setiap langkah penting. Apa saja, tuh, langkah-langkah menulis contoh motivation letter yang memikat?

1. Tulis garis besar dari apa yang akan kamu bicarakan dalam suratmu.

Terutama, tuangkan poin-poin penting yang mencakup alasan utama atau motivasi yang mendorongmu menuliskan surat itu. Misalnya, tentang kenapa kamu tertarik mengambil kuliah jurusan/program itu, keterampilan apa yang mendukungmu mengambil program itu. Kamu juga bisa bahas rencanamu di masa depan yang berkaitan dengan program yang kamu daftar.

Contoh motivation letter yang baik akan menjelaskan alasan relevan dan spesifik sesuai dengan mengapa surat motivasi itu ditulis. Tunjukkan mengapa kamu memiliki kualitas dan kualifikasi yang mereka cari. Di tahap ini, kamu juga bisa memikirkan format atau struktur yang tepat untuk menonjolkan logika penyusunan surat motivasimu.

2. Bikin kerangka pengantar surat.

Perkenalkan dirimu sebagaimana kamu ingin dikenal oleh pihak yang akan menerimamu dalam program yang kamu daftar. Pastikan juga kamu menyebutkan nama penerima surat dengan tepat, agar memberikan suratmu sentuhan pribadi. Paragraf pembuka surat motivasimu sebisa mungkin perlu menarik perhatian penerima dan mendorong mereka untuk terus membaca. Jadi, sertakan detail yang sekiranya menarik pada bagian ini.

3. Kembangkan kerangka isi atau badan surat motivasi.

Dalam badan surat, perluas poin-poin yang ingin kamu sampaikan. Buat paragraf baru untuk setiap topik baru. Ingat, contoh motivation letter yang memikat umumnya mencantumkan fakta yang meyakinkan dan persuasif.

4. Simpulkan surat motivasi tersebut.

Tulis kesimpulan surat motivasimu yang merangkum tujuanmu dan meninggalkan kesan akhir yang positif. Kamu juga harus berterima kasih kepada penerima surat karena telah mempertimbangkan aplikasimu. Sebisa mungkin, tulislah pesan yang mendorong mereka untuk menghubungimu jika mereka memiliki pertanyaan lanjutan.

5. Koreksi atau revisi surat motivasi yang telah disusun.

Tahapan ini adalah bagian yang senantiasa membuat tulisan kita menjadi lebih baik. Yup, melakukan koreksi atau mengedit naskah. Pastikan saat kamu mengoreksi, surat itu akan menjadi lebih ringkas dan profesional. Perbaiki semua kesalahan ejaan dan tata bahasa, serta frasa yang canggung. Edit informasi yang sudah tercantum di dokumen penyerta lainnya, dan pastikan surat motivasimu hanya mencantumkan informasi yang betul-betul unik.

Baca juga: Ingin Cepat Merdeka secara Finansial? Simak 6 Motivasi Hidup Sukses Ini!

Tips Memoles Surat Motivasi di Kala Revisi

Berikut ini beberapa tips untuk memoles surat motivasimu di saat revisi.

  • Pastikan kamu telah mengikuti pedoman penulisan surat motivasi. Misalnya, ikuti pedoman pemformatan, panjang tulisan atau jumlah kata, konten yang perlu dicantumkan, dst. Jika perlu, kamu bisa menanyakan contoh motivation letter yang pernah dibuat oleh para pendaftar sebelumnya. Jika organisasi/institusi yang kamu tuju tidak memberikan detail apa pun, tulislah surat tersebut dalam format sekitar ½ hingga satu halaman teks dengan font dasar berukuran 12 poin, seperti Times New Roman atau Arial.
  • Menulislah dengan menonjolkan kepribadianmu. Pastikan surat motivasimu menunjukkan dengan jelas minat dan perspektif yang unik darimu. Tulislah surat dengan nada sealamiah mungkin, seolah-olah kamu sedang berbicara dengan sang penerima surat. Sertakan detail menarik yang membuat surat motivasimu menonjol dari orang lainnya.
  • Gunakan bahasa yang jernih. Yup, jangan ribet alias berumit-rumit dalam berbahasa. Bahasa yang mudah dipahami pembaca adalah yang terbaik. Identifikasi istilah atau jargon rumit yang tidak perlu saat kamu melakukan koreksi surat tersebut. Jika perlu, pilihlah kata-kata yang lebih sederhana. Sebagian besar contoh motivation letter yang baik menggunakan bahasa yang dimengerti dengan baik oleh pembacanya. Hindari menulis kalimat yang berbunga-bunga.
  • Fokus pada kekuatanmu. Tulislah tentang kekuatan pribadimu, alih-alih keterbatasanmu. Menuliskan tentang kekuatanmu akan membantu penerima surat memahami nilai lebih dari si penulis surat dan menerima nada yang positif dalam suratmu.

Yang Perlu dan Tidak Perlu Kamu Tulis di Surat Motivasi

Berdasarkan beberapa contoh motivation letter sukses yang selama ini berhasil memikat hati sang penerima surat, kamu dianjurkan untuk menuliskan hal-hal berikut ini dalam surat motivasimu:

  • Pengalamanmu, entah itu pengalaman berorganisasi, bekerja, ataupun sebagai sukarelawan
  • Aktivitas atau minat saat ini
  • Keterampilan atau prestasimu terkait dengan program yang dituju
  • Rencana masa depan, harapan, atau tujuan hidupmu
  • Alasanmu memilih universitas atau program
  • Manfaat bidang yang kamu geluti pada negaramu setelah kamu menyelesaikan studi

Berikut ini hal-hal yang sebaiknya kamu hindari saat menulis surat motivasi:

  • Jangan berfokus hanya pada kelemahanmu. Meski kamu perlu bersikap objektif, kamu perlu pahami bahwa surat motivasi adalah kesempatan buatmu untuk “menjual” talentamu. Jadi, fokuslah pada kekuatanmu.
  • Jangan menyalin surat motivasi orang lain. Sebaiknya kamu percaya pada gaya menulismu sendiri, jadilah sealamiah mungkin dalam suratmu, dan jadilah dirimu sendiri.
  • Perjelas semua intensi. Jangan hanya menulis “saya merasa sangat tertarik pada subjek blahblah”, tapi berfokuslah juga pada penjelasan mengapa kamu sangat tertarik pada subjek tersebut.
  • Hindari menggunakan fakta yang tidak relevan.

Contoh Motivation Letter

Ibu/Bapak …. yang baik,

Nama saya …, dan saya adalah mahasiswa …. di Universitas …. Saya menanggapi panggilan untuk sukarelawan di situs web …. Kesempatan ini menarik saya karena saya memiliki hasrat alami untuk …, yang saya teruskan dalam studi saya.

Saya tumbuh di sekitar …. Selama ini, saya terlibat dalam banyak aspek …., termasuk …. Saya senang menghabiskan waktu dengan …. Saya juga belajar tentang pentingnya ….

Melalui studi …, saya belajar lebih banyak tentang …, termasuk cara …. Saya percaya keterampilan ini, bersama dengan pengalaman yang saya peroleh di …., akan sangat berharga bagi Anda di …. Saya juga yakin saya bisa belajar lebih banyak untuk melengkapi pemahaman saya akan subjek ini di organisasi Anda.

Dengan demikian, saya sangat tertarik untuk bekerja di … karena Anda menerima …. Saya juga menghargai kebijakan … di … dan komitmen untuk …. Kebijakan ini sejalan dengan keyakinan saya sendiri bahwa ….

Terima kasih atas perhatiannya. Silakan hubungi saya di … jika Anda memiliki pertanyaan tentang aplikasi saya.

Dengan hormat,

….

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Indeed, Ehef

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img