3 Poin Paling Krusial dalam Contoh Surat Keterangan Kerja, Wajib Dicatat!

Sedang mencari contoh surat keterangan kerja? Biasanya banyak urusan yang membutuhkan surat keterangan kerja. Misalkan saja, fungsi surat keterangan kerja untuk syarat pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, pembuatan visa, mengajukan pinjaman ke bank dan syarat pembukaan rekening bank untuk pengganti surat keterangan domisili. 

Apabila para pekerja atau penerima upah membutuhkan surat ini, kamu bisa mengajukan permintaan ke perusahaan. Surat ini merupakan hak para karyawan. Surat keterangan kerja adalah surat pernyataan yang menerangkan bahwa pekerja atau karyawan yang disebutkan di surat tersebut masih bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga:

Mulai dari Startup Hingga Bank, Ini Lowongan Kerja Terbaru yang Mungkin Cocok Untukmu!

Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) pasal 1602 merupakan kewajiban perusahaan untuk memberi surat keterangan terkait pekerjaan karyawan, baik diminta maupun tidak diminta. Ini dimaksudkan untuk menjelaskan status seorang karyawan atau pekerja yang masih aktif bekerja di perusahaan yang disebutkan di surat keterangan tersebut. 

Namun, banyak yang menyamakan surat keterangan kerja dengan surat paklaring dan surat rekomendasi kerja. Perbedaannya adalah surat paklaring berisi surat pernyataan yang menjelaskan seorang karyawan pernah bekerja sebagai posisi apa dan berapa lama periode ia bekerja di perusahaan yang disebutkan.

Surat paklaring berfungsi untuk pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT). Sedangkan surat rekomendasi kerja berisi keterangan posisi atau jabatan terakhir, masa waktu bekerja dan penilaian terhadap karyawan tersebut menurut atasan langsung. 

Sementara itu, surat keterangan kerja memiliki masing-masing format tergantung keperluannya. Apabila dibutuhkan surat keterangan kerja untuk syarat pendaftaran visa, maka lebih baik menggunakan surat keterangan berbahasa inggris.

Kalau keperluan surat keterangan kerja untuk mengajukan pinjaman atau KPR ke bank tidak diharuskan menggunakan bahasa inggris. Tapi bisa juga kamu tulis dalam dua bahasa seperti bahasa Indonesia dan bahasa inggris kalau tidak yakin dengan prosedur surat tersebut. 

Lalu apa saja yang harus dituliskan di contoh surat keterangan kerja? 

  • Bagian pembuka

Tulis judul dari fungsi surat tersebut misalkan Surat Keterangan Bekerja. Jangan lupa sertakan kop surat atau nanti dicetak di surat yang telah dibumbui kop perusahaan. Lalu tulis data diri dari pihak yang menerangkan misal nama, jabatan dan kontak dari pihak manajer divisi atau HRD Anda.

  • Bagian isi surat

Tuliskan data diri dari pihak yang diterangkan seperti nama, jabatan, lama bekerja, alamat dan kontak. Sebutkan bahwa pihak yang diterangkan merupakan seorang pekerja di perusahaan tersebut. Bisa juga menyertakan alasan kenapa mengeluarkan surat keterangan kerja tersebut,

  • Bagian penutup surat

Jangan lupa ucapkan terima kasih dan permohonan agar surat ini digunakan sebagaimana mestinya. Lalu bubuhkan tanda tangan dan nama dari pihak yang menerangkan surat tersebut. Bisa disertakan materai atau cap perusahaan. 

Untuk contoh keterangan kerja lebih jelasnya bisa kamu lihat sebagai berikut:

======================================================================

KOP Surat

======================================================================

SURAT KETERANGAN BEKERJA

LETTER OF EMPLOYMENT

No. _________________

Bersama surat ini kami menerangkan bahwa

With this letter we explain that

Nama :

Name :

Jabatan :

Position

NIK :

Employee Index No.

Alamat :

Address

No. Paspor :

Passport No.

adalah benar karyawan yang bekerja di perusahaan kami _____________ , yang bersangkutan bergabung dengan perusahaan terhitung mulai tanggal _____________ sampai dengan sekarang.

is a true employee working for our company _______________ , who joined the company from ___________ to present day.

Demikian surat ini kami buat secara benar untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Thus we make this letter correctly to be used properly.

 

Jakarta, ____________ 

[Name]

HRGA Manager

 

Sumber: MoneySmart, Alphapay

Baca juga:

Mau Ajukan Pinjaman? Ini Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Lengkapi Persyaratannya

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img