Mundur dengan Teladan, Jangan Sepelekan Resignation Letter

Contoh surat pengunduran diri banyak dicari dan diperlukan oleh pekerja yang berencana mundur dari pekerjaan. Memang kelihatan seperti perkara sepele, tapi jangan sampai asal-asalan bikin surat pengunduran diri karyawan.

Surat resign yang baik menunjukkan tanggung jawabmu sebagai karyawan pada pekerjaanmu. Dengan alasan apa pun, surat pengunduran diri perlu diterima oleh perusahaan.

surat pegunduran diri karyawan

Surat pengunduran diri karyawan adalah wujud berpamitan dengan sopan pada tempat kerjamu. Jadi, jangan contoh surat pengunduran diri yang buruk.

Ketika kamu melamar pekerjaan ke perusahaan itu saja kamu mengirim surat lamaran kerja dengan baik. Jadi, saat keluar, kamu juga mesti memberi pemberitahuan yang baik, kan?

Apalagi, kelak apabila kamu butuh surat keterangan kerja dari perusahaan lamamu, kamu masih akan butuh berkontak dengan perusahaan itu.

Karena itu, tentu membuat surat resign yang baik bisa menjaga silaturahmi dengan perusahaan itu. Yuk, simak beberapa hal ini sebelum mengirimkan surat pengunduran diri karyawan.

Baca juga: Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Langkah sebelum mengajukan surat pengunduran diri karyawan

Sebelum merancang surat pengunduran diri, lakukan dulu hal-hal berikut ini, ya:

#1 Diskusikan dengan atasan

Sebelum mengundurkan diri, kamu mesti bicara dulu dengan atasan tentang alasanmu mundur. Bakal aneh, lho, kalau kamu tiba-tiba saja kirim surat itu tanpa ada notice sebelumnya. Karena biasanya atasanmu pasti bisa memberimu masukan atas pengunduran dirimu dan menjelaskan ketentuan pengunduran diri dari perusahaan.

#2 Ikuti aturan pengunduran diri dari kantor

Karena aturan tiap perusahaan berbeda, kamu mesti tahu ketentuan pengunduran diri yang diterapkan di perusahaan. Ketentuan ini meliputi hak yang kamu akan terima dan kewajiban yang mesti kamu penuhi.

#3 Selesaikan pekerjaanmu

Pastikan kamu telah menuntaskan pekerjaanmu dan merincikan pekerjaan yang telah kamu selesaikan dan/atau dapat dialihkan kepada orang yang melanjutkan posisimu.

Kembalikan juga aset atau inventaris kantor yang diberikan kepadamu pada hari terakhirmu bekerja.

Delegasikan posisimu kepada rekan kerjamu apabila untuk sementara waktu dia dapat menggantikanmu. Ini karena kamu perlu meninggalkan kesan baik kepada atasan dan rekan kerjamu.

Apabila kamu sudah mantap dan berkeyakinan untuk mundur dari pekerjaanmu, ingatlah bahwa kamu berhak atas paklaring atau surat keterangan kerja dari perusahaan.

Baca juga: Pemburu Pekerjaan Wajib Banget Tahu 7 Aplikasi Ini, Sudah Ada yang Coba?

Contoh surat pengunduran diri karyawan dan panduan menuliskannya

Pada umumnya, struktur penulisan surat pengunduran diri karyawan berikut ini:

#1 Bagian header

Pada bagian ini, tuliskan tanggal pengiriman surat, diikuti dengan tujuan surat. Pada bagian ini, kamu bisa tambahkan nama atasan dan nama lain yang jadi tujuan pengiriman surat.

Kamu bisa tuliskan juga salam kepada atasanmu.

#2 Paragraf pembuka dan paragraf isi

Ini tentu bagian yang paling penting dari suratmu. Jelaskan alasan pengunduran dirimu beserta tanggal efektif mundur dari pekerjaan. Namun, pastikan tidak mengungkit masalah apa pun yang terjadi di kantor sebagai alasan pengunduran diri. Kamu bisa menyimpannya untuk dirimu sendiri.

#3 Bagian penutup dan tanda tangan

Kamu perlu ucapkan terima kasih atas kerja sama di perusahaan selama ini. Sebutkan juga alasan kenapa kamu menyukai perusahaanmu dan apa hal baik yang kamu peroleh selama di perusahaan itu.

Kamu juga bisa sebutkan bahwa sewaktu-waktu kamu bisa minta diberikan referensi atau rekomendasi. Lalu, kamu bisa tutup suratmu dengan tanda tangan.

Berikut ini contoh surat pengunduran diri karyawan sesuai dengan struktur di atas:

Jakarta, 10 Agustus 2017

Kepada

Yth. HRD dan Manajer

Perusahaan Matcha Matcha

Jl. Matcha No. 72

 

Dengan hormat, 

Bersama surat ini, saya Andika Matcha, mengajukan pengunduran diri dari Perusahaan Matcha Matcha terhitung sejak 10 Agustus 2017.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah lantaran saya akan melanjutkan kuliah ke luar negeri mulai term awal kuliah pada Septermber 2017. 

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang saya peroleh selama bekerja di Perusahaan Matcha Matcha. Saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada perkataan atau tindakan saya yang keliru kepada rekan-rekan kerja sekalian.

Semoga pengunduran diri saya ini dapat diterima dengan baik. Besar harapan saya agar Perusahaan Matcha Matcha dapat terus berkembang dan menjadi perusahaan terbaik di sektor ini.

Hormat saya,

[tanda tangan]

Andika Matcha

Contoh surat pengunduran diri di atas tentu contoh surat yang paling sederhana. Kamu bisa memodifikasi bentuk surat sesuai keperluanmu dengan deskripsi yang lebih sesuai dengan keadaanmu.

Yang pasti, sebelum mengajukan surat ini, ketahui dulu ketentuan dan prosedur yang diterapkan oleh perusahaan tempatmu bekerja. Semoga panduan ini dapat membantumu, ya.

Sumber: Moneysmart

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Jenis Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img