Currently set to Index
Currently set to Follow

Simak Contoh Surat Permohonan yang Benar dan Lengkap di Sini!

Selama kamu masih hidup di Indonesia, kamu tidak akan lepas dengan yang namanya birokrasi. Salah satu perkara birokrasi yang sering kamu temukan, bahkan sejak masa sekolah, adalah menulis dan mengirimkan surat permohonan. Namun, terkadang kamu bingung cara menulisnya lantaran tak punya contoh surat permohonan yang tepat.

Sebenarnya apa, sih, surat permohonan? Surat permohonan adalah dokumen formal yang biasa digunakan seseorang untuk mengajukan kepentingan tertentu. Surat permohonan berisi permintaan tentang sesuatu hal kepada pihak yang bersangkutan, perorangan, badan atau lembaga, organisasi, hingga perusahaan atau instansi.

Jenis surat permohonan terbilang beragam. Beberapa di antaranya seperti surat permohonan dana, surat permohonan izin cuti, surat permohonan kerjasama, surat permohonan beasiswa, hingga surat sponsor.

Lantas, seperti apa contoh surat permohonan yang baik dan benar?

Baca juga: 3 Poin Paling Krusial dalam Contoh Surat Keterangan Kerja, Wajib Dicatat!

Simak Contoh Surat Permohonan yang Benar dan Lengkap di Sini!, Pluang

Format Surat Permohonan

Penulisan surat permohonan umumnya mengikuti format yang telah ditentukan, seperti di bawah ini:

1. Kop Surat

Dalam surat resmi, kop surat biasanya terletak di bagian atas. Kop surat berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada penerima mengenai “oleh siapa” atau instansi mana surat tersebut dikirimkan. Selain itu, kop surat juga menunjukkan keresmian dari pengirimnya. Pada banyak urusan, penerima bisa lebih cepat dan serius dalam menanggapi surat jika surat disertai dengan kop surat.

2. Nomor Surat

Penomoran surat sangat penting bagi si pengirim dan penerima karena nomor tersebut dapat digunakan untuk proses pengarsipan.

3. Tempat dan Tanggal Surat

Keterangan tempat dan tanggal surat berfungsi menjelaskan di mana dan kapan surat permohonan itu dibuat.

4. Perihal

Penjelasan inti pokok dari dibuatnya surat permohonan tersebut. Untuk tahu pasti perihal surat yang tepat, kamu bisa tanyakan template contoh surat permohonan pada instansi yang kamu tuju.

5. Isi Surat

Substansi atau badan teks surat umumnya memuat tiga hal:

  • Pembuka: Berisi salam pembuka dan perkenalan diri dari pengirim.
  • Isi: Informasi utama yang hendak disampaikan. Penjelasan lengkap dengan kalimat formal.
  • Penutup: Menerangkan harapan dan ucapan terima kasih.

6. Nama dan Tanda Tangan di Atas Materai

setiap pengirim wajib mencantumkan nama lengkap beserta tanda tangan yang digoreskan di atas materai Rp6.000.

7. Lampiran

Perlu disertakan, jika ada dokumen lain yang dibutuhkan untuk melengkapi surat permohonan tersebut.

Baca juga: Mau Ajukan Pinjaman? Ini Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Lengkapi Persyaratannya

Berbagai Contoh Surat Permohonan 

Dalam dunia kerja, surat permohonan adalah surat yang lazim dibikin oleh karyawan saat mengajukan izin cuti atau jika ada kebutuhan mendesak. Tapi, secara umum template contoh surat permohonan digunakan jika kamu dihadapkan dengan situasi saat kamu membutuhkan pertolongan.

Ada berbagai contoh dan jenis surat permohonan, di antaranya:

1. Contoh Surat Permohonan untuk Izin

Surat permohonan untuk kebutuhan izin umumnya dibuat karena ada keperluan atau kegiatan yang mengharuskan pemohon untuk menghadirinya. Tidak hanya itu saja, surat permohonan izin juga dapat digunakan jika si pemohon ingin menggunakan suatu tempat, dan banyak keperluan lainnya.

Berikut ini contoh badan teks dari permohonan ini:

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati , kami bermaksud mengadakan acara   guna yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal:

Waktu:

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan  dukungan Bapak, kami ucapkan terima kasih.

2. Contoh Surat Permohonan untuk Magang

Surat permohonan jenis ini biasanya banyak dibuat oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK yang harus melakukan magang sebagai syarat menyelesaikan pendidikan.

Berikut ini contoh badan teks dari permohonan ini:

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini: 

Nama:

NIM:

Alamat:

Perguruan Tinggi:

Program Studi:

Dengan surat ini aku bermaksud mengajukan izin untuk sanggup melaksanakan Kerja Praktik aku (magang) selama 1 (satu) hingga 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola. Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, aku lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

    • Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
    • Foto Copy Kartu Mahasiswa
    • KHS terakhir dengan IPK
    • Pas foto terbaru ukuran 3×4 = 2 lembar
    • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

3. Contoh Surat Permohonan untuk Bantuan

Bukan cuma ditujukan bagi keperluan pekerjaan ataupun pendidikan, surat permohonan juga dapat digunakan untuk meminta bantuan kepada pihak tertentu. Salah satu contoh dari surat permohonan jenis ini adalah permintaan bantuan dana untuk meringankan beban biaya sekolah.

Berikut ini contoh badan teks dari permohonan ini:

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran yang diumumkan melalui website universitas pada tanggal , maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    

NIM      

Fakultas                

Jurusan 

Semester 

Tempat/tanggal lahir  

Alamat        

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun tersebut.

4. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Jenis surat permohonan ini secara langsung menyatakan tujuannya yaitu meminta dana untuk memenuhi suatu keperluan dan membutuhkan dana. Biasanya, surat permohonan ini digunakan oleh penyelenggara sebuah acara atau event yang mencari sponsor kepada suatu perusahaan atau brand tertentu.

Berikut ini contoh badan teks dari permohonan ini:

Dengan hormat,

Seperti yang sudah dibahas pada bulan lalu di yang telah disepakati oleh semua warga, bahwa pada bulan depan akan dilaksanakan , maka kami selaku panitia ingin memohon bantuannya kepada Bapak/Ibu sekalian atau semua masyarakat yang ingin menyumbangnya dengan ikhlas.

Adapun rincian yang dibutuhkan dalam pembangunan masjid ialah Rp; dengan perkiraan sebagai berikut:

    1. Biaya pembelian Rp
    2. Biaya pembelian Rp
    3. Biaya tukang Rp

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Untuk memudahkan dalam memperoleh kepastian tentang diterima atau ditolaknya surat permohonanmu, sebaiknya kamu juga menyertakan batas waktu yang ditentukan untuk menjawab permohonan tersebut.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Cermati, Liputan 6

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img