Pertahankan Etika, Ini 6 Hal Wajib yang Harus Muncul di Surat Pengunduran Dirimu

Berencana pindah ke tempat kerja yang baru atau mau fokus menjalankan bisnis sendiri? Tentunya kamu perlu mengajukan pengunduran diri dari tempat bekerja sekarang. Meskipun mengundurkan diri, kamu memerlukan contoh surat resign yang sesuai etika dan tidak dibuat asal-asalan. 

Banyak contoh surat resign yang bisa kamu teladani. Sebelum memberikan surat resign secara professional, ada beberapa langkah yang patut kamu contoh terlebih dahulu. 

Contoh surat resign beserta isinya, wajib dicatat!

  • Komunikasikan maksud dan alasan kamu mengundiurkan diri sebelum memberikan surat resign

Minta waktu untuk berkomunikasi dengan atasan secara empat mata. Sampaikan secara baik-baik alasan kamu mengundurkan diri dengan cara yang positif. Misalkan mendapat tawaran yang lebih baik atau fokus ingin menjalankan bisnis usaha sendiri. 

  • Pahami peraturan mengundurkan diri

Setelah itu cari tahu bagaimana sistem pengunduran diri yang ada di perusahaan tersebut. Apakah ada one month notice yaitu pemberitahuan satu bulan sebelum berhenti kerja. Bisa juga kamu cantumkan rentang waktu tersebut di surat resign. 

  • Bertanggung jawab & tujukan kamu sebagai karyawan yang baik

Selama periode sampai akhir masa kerja di perusahaan tersebut, tunjukkan tanggung jawabmu. Selesaikan sesegera mungkin pekerjaanmu. Apabila tidak memungkinkan, kamu bisa membuat list to do untuk handover ke pekerja penggantimu.

Pastikan informasi dan data yang diperlukan sudah kamu lengkapi semua sehingga nanti tidak ada yang kebingungan. Kalau perlu kamu kirimkan evaluation report untuk pekerjaan yang kamu lakukan sebelumnya atau yang masih jalan sekarang. 

Setelah itu, jangan lupa mengembalikan semua inventory perusahaan dan meminta surat paklaring/surat keterangan kamu pernah bekerja di perusahaan tersebut yang bisa digunakan untuk syarat pencairan jamsostek.

Lalu bagaimana contoh surat resign yang baik? Berikut tiga bagian yang wajib ada di surat resign. Kamujuga bisa menuliskannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.

  • Bagian pembuka surat

Tulis tempat dan tanggal saat kamu mengirimkan surat resign tersebut di bagian kiri atas. Kemudian di bagian bawahnya bisa kamu sebutkan nama penerima surat ini dengan lengkap beserta jabatannya. Bisa ditulis nama atasan kamu atau pihak Human Resource Department (HRD). 

  • Bagian isi surat

Jelaskan bahwa kamu ingin mengundurkan diri yang selama ini menjabat sebagai apa dan sertakan tanggal terakhir kamu bekerja di perusahaan tersebut. Untuk tanggal, sesuaikan dengan sistem pengunduran diri di kantor yah. Sebut juga mengapa kamu mengundurkan diri dengan alasan professional dan positif.

  • Bagian penutup surat

Ucapkan terima kasih atas kerja sama dan proses pembelajaran selama ini. Bisa juga menyebutkan hal baik apa yang kamu dapatkan di perusahaan tersebut dan meminta izin untuk meminta referensi apabila dibutuhkan di kemudian hari. Sertakan tanggal kamu menulis surat, tanda tangan dan nama lengkap kamu. 

Berikut ini contoh surat resign yang mungkin bisa memberi inspirasi untuk kamu. 

Jakarta, 1 Januari 2014

Kepada

Yth. HRD dan Manager

LoanGarage Indonesia

Jl. Benda no. 92

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Budi Budiman, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. LoanGarage Indonesia terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah saya dapatkan selama bekerja di PT. LoanGarage Indonesia. Tidak lupa saya menyampaikan permohonan maaf bila ada kata dan tindakan salah kepada seluruh jajaran serta rekan PT. LoanGarage Indonesia.

Harapan saya semoga PT. LoanGarage Indonesia senantiasa bisa terus berkembang ke arah positif dan selalu menjadi yang terbaik.

 

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Budi Budiman

 

Sumber: MoneySmart

Baca juga:

3 Poin Paling Krusial dalam Contoh Surat Keterangan Kerja, Wajib Dicatat!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img