Punya Aset Hingga USD37,3 M, Hartono Bersaudara Jadi Orang Paling Kaya Selama 11 Tahun

Kenaikan kekayaan 24 orang terkaya Indonesia 2019 bantu dongkrak total aset gabungan 50 orang terkaya dalam Daftar Orang Kaya di Indonesia Forbes.

Data Forbes pada Desember 2019 sebutkan total kekayaan bersih para pengusaha naik sekitar USD 5,6 (setara Rp78,40 T) dari tahun sebelumnya, yakni USD 134,6 M (setara Rp1.884 T).

daftar orang kaya di indonesia forbes

Orang terkaya Indonesia 2019 Hartono bersaudara masih tempati peringkat teratas dalam 11 tahun ini. Ia masuk daftar orang kaya Indonesia Forbes dengan nilai kekayaan bersih USD 37,3 M.

Posisi wahidnya ini tetap bertahan selama itu seiring dengan peningkatan harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Nilai kekayaan orang terkaya Indonesia 2019 kedua setelah mereka, yang ditempati keluarga Widjaja, beberapa pewaris Grup Sinar Mas, sebesar USD 9,6 M.

Sementara itu, dalam daftar orang kaya Indonesia Forbes, pendiri Grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019 ini, justru menempati posisi ketiga dengan kekayaan USD 8,6 M.

Baca juga: Dari Hartono Bersaudara Hingga CT, Ini Daftar Orang Paling Tajir di Indonesia

Orang terkaya Indonesia 2019 dengan kenaikan aset terbesar dalam daftar orang kaya di Indonesia Forbes

Prajogo Pangestu, dengan bisnis utama di bidang petrokimia dan energi, peroleh kenaikan aset terbesar di antara 24 orang terkaya yang bantu dongkrak total aset.

Prajogo melonjak tujuh peringkat, bergerak ke urutan ketiga. Ia di sana dengan kekayaan bersih USD 7,6 M dari yang sebelumnya USD 3 M pada 2018. Kenaikan ini terjadi lantaran optimisme investor pada prospek saham Barito Pacific.

Pengusaha berikutnya dengan lonjakan nilai aset yang signifikan ialah Boenjamin Setiawan pada urutan 8 daftar orang kaya di Indonesia Forbes. Nilai aset bersih pendiri Kalbe ini naik 36% jadi USD 4,35 M. Ini lantaran saham perusahaan holding Boenjamin, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) melonjak dua kali lipat dalam setahun terakhir, dan mengakuisisi tujuh rumah sakit di Indonesia.

Baca juga: 10 Daftar Orang Terkaya di Dunia, Siapa Sih yang Paling Menginspirasi?

Pendatang baru dalam daftar orang terkaya Indonesia 2019

Lima pendatang baru dalam daftar ini ialah Winarko Sulistyo (urutan 27, aset bersih USD 1,2 M) yang jual 45% saham produsen kertas kemasan PT Fajar Surya Wisesa ke Siam Cement Thailand pada Mei seharga USD 557 juta.

Berikutnya dalam daftar orang kaya di Indonesia Forbes, Donald Sihombing (urutan 34, aset bersih USD 970 juta). Ia pendiri dan presiden direktur PT Totalindo Eka Persada, perusahaan konstruksi yang bangun hotel Four Seasons di Jakarta.

Dua pendatang baru berikutnya ialah keluarga Ciputra (urutan 25) mewarisi kekayaan taipan properti Ciputra senilai USD 1,3 M dan keluarga Hamami (urutan 46, aset bersih USD 660 juta). Keluarga Hamami warisi Achmad Hamami, mantan pilot jet yang dirikan Tiara Marga Trakindo, distributor alat berat Cartepillar.

Selanjutnya, yang kelima adalah Iwan Lukminto (urutan 50, aset bersih USD 585 juta) kembali masuk dalam Daftar Orang Kaya di Indonesia versi Forbes setelah satu tahun tersisihkan.

Baca juga: Hormati Karyawan, Thai Lee Tolak Masuk Daftar Orang Terkaya di Asia Tenggara

Pengusaha yang alami penurunan nilai aset bersih

Nilai tukar rupiah dan pasar saham Indonesia masing-masing naik tipis 1,5% dan 1,6% dibandingkan tahun lalu. Namun, 20 pengusaha dalam Daftar Orang Kaya di Indonesia Forbes alami penurunan nilai aset bersih.

Salah satu pengusaha yang alami penurunan aset bersih ialah Susilo Wonowidjojo dengan kekayaan yang turun USD 2,6 M, tergelincir dari orang terkaya urutan ke-2 ke urutan ke-4.

Ini terjadi lantaran harga saham Gudang Garam miliknya turun setelah pada September lalu pemerintah umumkan akan menaikkan cukai rokok sebesar 23% tahun depan.

orang terkaya indonesia 2019

Adapun, pembaruan daftar orang kaya di Indonesia Forbes 2019:

  1. R. Budi & Michael Hartono, USD 37,3 M
  2. Keluarga Widjaja, USD 9,6 M
  3. Prajogo Pangestu, USD 7,6 M
  4. Susilo Wonowidjojo, USD 6,6 M
  5. Sri Prakash Lohia, USD 5,6 M
  6. Anthoni Salim, USD 5,5 M
  7. Tahir, USD 4,8 M
  8. Boenjamin Setiawan, USD 4,35 M
  9. Chairul Tanjung, USD 3,6 M
  10. Jogi Hendra Atmadja, USD 3 M

Jadi, bagaimana prediksimu untuk daftar orang kaya Indonesia Forbes tahun depan? Saham di sektor apa yang akan paling kuat dan bantu mendongkrak total aset para orang terkaya dalam daftar ini?

Sumber: CNBC Indonesia

Simak juga:

Dibanderol Rp1,5 Juta per Kg, Kinmemai Premium Jadi Beras Temahal di Dunia

Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Panama Papers Buka Skandal Penghindaran Pajak Perusahaan Cangkang di Seluruh Dunia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img