Artikel Dari Hartono Bersaudara Hingga CT, Ini Daftar Orang Paling Tajir di Indonesia

Dari Hartono Bersaudara Hingga CT, Ini Daftar Orang Paling Tajir di Indonesia

Semua hal yang berkaitan dengan orang kaya memang selalu menarik perhatian. Seperti halnya sumber kekayaannya. Dari mana saja pundi-pundi kekayaan yang didapat dari daftar orang terkaya di Indonesia?

Setiap tahun majalah Forbes asal Amerika Serikat selalu mengeluarkan list orang terkaya baik di dunia ataupun di Indonesia. Adapula orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam 100 besar dalam jejeran daftar orang terkaya di seluruh dunia. Tertarik untuk tahu siapa saja, sih, yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2019? 

Daftar orang terkaya di Indonesia, siapa saja mereka?

#5 Chairul Tanjung 

daftar orang terkaya di indonesia
Sumber: Instagram @anita_chairultanjung

Nama Chairul Tanjung cukup dikenal di Indonesia. Lalu dari mana saja sumber kekayaannya? Pria terkaya nomor lima versi Forbes ini merupakan pemilik CT Corp yang memiliki beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega dan jaringan supermarket serta hotel. Ia juga merupakan pimpinan di perusahaan Pariarti Shindutama dan Para Rekan Investama. 

Tak hanya dari bisnis, ia juga memiliki berbagai aset bernilai miliaran rupiah seperti tanah dan bangunan di berbagai wilayah Jakarta, Bogor dan Singapura. Ia juga memiliki kendaraan mewah dengan total di atas Rp10 miliar.

Investasi yang ia lakukan adalah menyimpan harta dalam bentuk logam mulia, surat berharga dan giro. Ia juga pernah menjabat mulai dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan, hingga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Indonesia. 

Dari berbagai sumber pendapatannya tersebut, pria yang dikenal dengan julukan ‘Si Anak Singkong’ ini berhasil memperoleh kekayaan berkisar USD3,7 miliar atau setara dengan Rp51,8 triliun. Wow, nilai fantastis yah?

Eits.. jangan kaget dulu! Ini baru urutan yang kelima dari daftar orang terkaya di Indonesia loh.

#4 Dato Sri Tahir

daftar orang terkaya di indonesia
Sumber: Instagram @nikkysirait

Kalau orang terkaya urutan keempat di Indonesia memiliki sumber kekayaan dari mana? Menurut Forbes tahun 2019, pria tersebut adalah Dato Sri Tahir yang berasal dari Surabaya merupakan investor dan pengusaha yang bergerak di bidang perbankan, media cetak, TV berbayar, jaringan rumah sakit, properti, duty free shopping store dan tekstil.

Ia mendirikan PT. Bank Mayapada Internasional Tbk dan ia juga mempunyai PT. Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk yang menjadi operator Rumah Sakit Mayapada. Ia juga memiliki usaha properti yang bernama PT. Propertindo Mulia Investama Tbk yang mengerjakan proyek The Kahyangan, Simprug Signature, The Grand Maja dan Tanjung Layar Beach Front City

Dari semua usahanya tersebut, ia berhasil meraih kekayaan USD4,5 miliar atau setara dengan Rp63 triliun. Salah satu teladan yang bisa kita contoh dari beliau adalah ia sungguh sangat dermawan. Ia sering menyumbang untuk berbagai daerah di Indonesia yang tertimpa bencana alam.

Kemudian, ia juga beramal untuk daerah konfilk di dunia seperti Myanmar, Suriah dan Palestina. Ia bahkan menyempatkan diri mengunjungi para pengungsi. 

#3 Sri Prakash Lohia 

Pria terkaya urutan ketiga di daftar orang terkaya di Indonesia ini bergerak di perusahaan di bidang tekstil dan industri petrokimia. Sri Prakash Lohia yang lahir di India ini sukses memiliki total kekayaan yang mencapai USD7,3 miliar atau setara dengan Rp102,2 triliun.

Kekayaannya tersebut berasal dari Indorama Synthetics, perusahaan produsen benang pintal di Jawa Barat yang berdiri sejak tahun 1976 yang tidak hanya sukses di Indonesia tetapi juga di dunia.

Perusahaan yang bermodal awal sekitar USD10 juta tersebut mengembangkan usahanya dengan memproduksi polyethylene terephthalate (PET) untuk pembuatan botol plastik minuman. Ia juga berinvestasi pada industri petrokimia di Afrika dan terlibat dalam pengelolaan berbagai perusahaan di 19 negara.

#2 Michael Hartono

Michael Hartono merupakan salah satu orang terkaya yang masuk di jajaran 100 orang terkaya di dunia. Sumber kekayaan terbesarnya sebagian besar berasal dari investasinya di PT. Bank Central Asia (BCA).

Berdasarkan data dari Forbes World’s Billionaires 2019, total kekayaannya mencapai USD18,6 miliar atau setara dengan RP260,4 triliun. Pemilik perusahaan rokok Djarum Group ini juga memulai bisnisnya dari nol bersama saudaranya, Budi Hartono yang menjadi orang terkaya pertama di Indonesia.

#1 Robert Budi Hartono

Orang pertama di daftar orang terkaya di Indonesia adalah Robert Budi Hartono. Berdasarkan data dari CNBC Indonesia, dua pertiga kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono berasal dari PT. Bank Central Asia. Mereka menguasai saham BCA melalui PT. Dwimuria Investama Andalan sebanyak 54,94%.

Di samping itu, mereka juga memiliki perusahaan rokok PT. Djarum, merek produk elektronik Polytron dan sejumlah real estate. Ia juga mengembangkan bisnisnya di bidang properti seperti Puri Cugni, Graha Padma Internusa, Nagaraja lestari dan Cipta Bumi Indah.

Mau tahu berapa total kekayaannya? Ia sukses memiliki USD18,6 miliar atau setara dengan Rp263,8 triliun. Luar biasa, yah? Yuk, bekerja keras dan rajin berinvestasi agar sukses seperti mereka!

Sumber: Kompas, Liputan6, Tribun Aceh, Forbes, Wikipedia

Baca juga:

Saingi Amerika Serikat, Ini 9 Orang Terkaya di Dunia Asal Cina

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia, Siapa Sih yang Paling Menginspirasi?

Perusahaan Start Up Ramai Pilih Co-Working Space, Apa Alasannya?

Artikel Terbaru