Currently set to Index
Currently set to Follow

Demi Masa Depan Cerah, Ini 5 Langkah Siapkan Dana Pendidikan Sejak Dini

Memiliki anak mungkin adalah keinginan yang selalu didambakan setiap pasangan suami-istri. Namun, memiliki anak bukan sekadar perkara keinginan. Sebab, orang tua harus memastikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Dana yang dimaksud juga bukan hanya ihwal persiapan persalinan dan perlengkapannya. Namun, hal itu juga terkait masa depan anak, terutama kebutuhan akan dana pendidikan. Hanya saja, mengenyam pendidikan punya label harga yang mahal. Terkadang, hal ini bikin suami dan istri enggan menambah momongan, atau justru menunda memiliki anak.

Baca juga: Cara Jitu Memilih Tabungan Pendidikan Anak

Mempersiapkan Masa Depan Anak dengan Dana Pendidikan

Setiap tahunnya, biaya pendidikan anak selalu mengalami peningkatan, baik menyesuaikan dengan inflasi dalam angka yang stabil yakni kenaikan 10% tiap tahunnya ataupun tidak.

Menyiapkan dana pendidikan anak menjadi pilihan “jauh-jauh hari” bagi para orang tua demi masa depan gemilang anak mereka.

Berbagai cara bisa ditempuh, yakni dengan membuka tabungan pendidikan anak, menyiapkan asuransi pendidikan, tabungan berjangka, deposito, hingga memilih investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini lima langkah yang kamu dan pasangan dapat lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak:

#1 Menentukan Sekolah yang Dituju

Langkah pertama yang perlu kamu tempuh dalam merencanakan anggaran pendidikan anak adalah mencari informasi detail tentang keunggulan dan kekurangan sekolah yang hendak dituju.

Buatlah pertimbangan jenis sekolah yang baik bagi anak dengan membuat tabel/grid penilaian. Kamu perlu tahu sistem pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di sekolah tersebut dan kesanggupan dalam membiayai dana pendidikan di sana.

Beberapa soal terkait institusi pendidikan tersebut perlu kamu pertimbangkan, di antaranya dari segi akreditasi, sarana dan prasarana sekolah, hingga jarak dan waktu tempuh dengan tempat tinggal.

#2 Lakukan Riset Soal Perkiraan Dana Pendidikan Anak

Lakukanlah riset sederhana terkait biaya pendidikan yang diterapkan sekolah yang hendak kamu pilih untuk anak. Lalu, bandingkan biayanya dengan sekolah-sekolah sejenis.

Poin-poin yang kamu perlu tahu dari biaya pendidikan di sekolah-sekolah ini ialah uang pangkal, uang bulanan atau SPP, seragam, hingga buku, dan biaya lainnya.

Hitung juga ongkos transportasi dan ekstrakurikuler yang diterapkan di sekolah. Setelah kamu memperoleh informasi yang akurat, bandingkan biaya-biaya itu dengan sarana dan prasarana serta keunggulan/kekurangan sekolah.

Selanjutnya, kalkulasikan perkiraan biaya pendidikan anak saat ini bandingkan dengan dana pendidikan anak yang perlu kamu persiapkan pada tahun di mana anakmu memasuki usia sekolah.

Baca juga: Menyiapkan Pendidikan Anak? Cek 3 Tabungan Pendidikan Terbaik Ini

Demi Masa Depan Cerah, Ini 5 Langkah Siapkan Dana Pendidikan Sejak Dini, Pluang

#3 Evaluasi Keuanganmu Agar Sesuai dengan Dana Pendidikan yang Diperlukan

Setelah kamu meriset tentang keunggulan dan kekurangan dari sekolah yang hendak dituju serta biaya yang diperlukan, ini saatnya kamu melakukan evaluasi keuangan pribadi.

Hitung baik-baik pendapatanmu dan pasangan setiap bulannya dan berapa uang yang dapat disisihkan dari penghasilanmu untuk dana pendidikan anak.

Pastikan porsi dana pendidikan yang kamu sisihkan sesuai dengan kondisi finansial keluargamu. Jangan sampai ini mengganggu porsi pengeluaran lain seperti sewa rumah, bayar cicilan utang, dana darurat, investasi, dan lain-lain.

#4 Pilih Asuransi atau Tabungan Pendidikan

Rencana pendidikan anak dapat dipermudah dengan mempersiapkan tabungan khusus. Ada banyak produk tabungan yang ditujukan khusus bagi pendidikan anak.

Tabungan pendidikan merupakan tabungan berjangka yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan tabungan pendidikan, kamu diwajibkan menyetor nominal tertentu setiap jatuh tempo.

Diskusikanlah dengan pasanganmu mengenai penempatan dana pendidikan anak ini agar sesuai dengan rencana kalian.

#5 Mulai Investasi demi Memenuhi Kebutuhan Dana Pendidikan

Selain menggunakan tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan, kamu juga perlu lho mempersiapkan investasi.

Berbagai produk investasi yang bisa dijajal di antaranya investasi emas, surat utang negara (ORI, sukuk ritel), hingga produk reksadana (memilih reksadana campuran ataupun reksadana saham).

Investasi ini akan memberi imbal hasil yang umumnya sesuai atau lebih tinggi dengan inflasi tahunan. Beberapa jenis investasi, misalnya saham atau reksadana justru bisa juga beri keuntungan hingga 20% lebih.

Ini akan membantumu apabila membutuhkan biaya tidak terduga terkait persiapan pendidikan anak, dapat mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang rata-rata mencapai 10% setiap tahunnya.

Untuk untung maksimal, lakukan investasi dalam jangka panjang, yakni 3-5 tahun demi imbal hasil yang lebih terasa. Jadi, sudah siap, kan, untuk menyisihkan dana pendidikan anak demi masa depan anak yang cerah?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Okezone, Cermati

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img