Debt Snowball; Metode Ampuh Cepat Terbebas dari Utang!

0
174
debt snowball

Debt Snowball adalah sebuah metode untuk menyusutkan utang di mana seseorang yang memiliki utang pada beragam sumber mulai membayarnya dari nominal terkecil dengan nominal di atas minimum hingga utang yang lebih besar dengan nominal minimum.

Debt Snowball ini dipopulerkan oleh Dave Ramsey. Pengertian Debt Snowball adalah metode yang memungkinkan Anda mengurangi utang dengan menangani saldo kecil terlebih dahulu. Keluar dari hutang adalah salah satu tujuan finansial utama bagi banyak orang.

Baca: Apa Itu Rasio Utang Terhadap Ekuitas?

Cara Melunasi Hutang

Saldo yang lebih kecil dilunasi terlebih dahulu, diikuti oleh saldo yang lebih besar. Ini sebenarnya adalah cara untuk membayar hutang secara sistematis. Saat Anda membayar utang yang lebih kecil, Anda melihat kesuksesan menyelesaikan masalah finansial, sehingga hal ini akan memotivasi Anda tetap berpegang pada rencana pelunasan utang.

Cara Kerja Debt Snowball

Inilah cara kerja Debt Snowball; Sebagai contoh, katakanlah Anda memiliki empat saldo utang saat ini, satu di antaranya adalah Rp 1 Juta, yang lainnya adalah Rp 5 Juta, dua di antaranya adalah Rp 800. Sebelum memulai proses ini, yang terbaik adalah, untuk mengetahui dan mengikuti semua pembayaran bulanan. Proses pencatatan utang dalam urutan dari yang terkecil ini penting. Jangan ditambah hutang baru, ya!

Baca: Tujuh Tips Keuangan untuk Milenial

Proses selangkah demi selangkah untuk keluar dari utang adalah memulainya dengan membayar jumlah minimum pada semua utang kecuali yang terkecil. Sampai pada bagian yang sulit, yaitu menentukan berapa banyak lebih banyak uang yang mampu Anda tambahkan ke pembayaran bulanan untuk saldo terkecil. Namun, berapa pun jumlahnya akan membantu. Membayar lebih dari jumlah minimum akan mengurangi tagihan utang dengan cepat.

Sumber: thebalance.com

Baca juga:

Apa Itu Kapitalisasi Pasar?

Apa Itu Skala Ekonomis?

Bisa Bantu Saat Krisis, Ini 5 Trik Memulai Dana Darurat Tanpa Ganggu Cashflow

 

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here