Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Konsisten Jadi Vegetarian? Yuk, Perhatikan Tips Diet Sehat Ini

Alasan seseorang menjadi vegetarian sangat beragam. Sebagian di antaranya karena faktor kesehatan, sementara sebagian lainnya hanya ingin menjalankan tips diet secara sehat.

Memang kita bisa menjalani diet vegetarian yang sehat? Padahal nggak makan daging, lho! Nah, agar pola makan vegetarian tetap sehat, ada baiknya bila tetap memerhatikan keseimbangan kandungan nutrisi di dalamnya, sesuai dengan kondisi fisik tiap individu.

Selain itu tidak ada salahnya juga kamu menjadi vegetarian karena manfaatnya banyak bagi tubuh kamu. Misalnya, menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan dan menurunakn risiko jantung. Selain itu, para vegetarian disebut-sebut memiliki kemungkinan kecil terserang darah tinggi, kanker prostat, kanker usus besar, dan diabetes tipe 2.

Dengan berbekal pemahaman dan perencanaan yang baik, pola makan vegetarian tidak akan menghalangi tubuhmu memperoleh asupan nutrisi seimbang, lho! Vegetarian dapat memperoleh beragam zat gizi yang diperlukan tubuh, meski tidak menyertakan produk hewani.

Lantas, bagaimana diet vegetarian yang baik dan benar? Yuk, simak tips di bawah ini.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Mampu Tingkatkan Kualitas Hidup Kita

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Menerapkan pola makan diet vegetarian dapat memelihara kesehatan jantung serta menurunkan risiko kanker dan diabetes. Namun, kamu juga berisiko mengalami kekurangan vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada bahan makanan hewani.

Orang-orang yang ingin menjadi vegetarian harus memahami betul cara mencukupi kebutuhan nutrisinya yang tak bisa didapat dari protein nabati. Kamu dapat memperoleh vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega-3 melalui suplemen atau makanan yang telah diperkaya nutrisi tersebut.

2. Buat Menu Sederhana

Kendala lain bagi orang yang ingin diet vegetarian adalah sulit menemukan hidangan yang tidak mengandung bahan pangan hewani. Sebagai solusinya, kamu bisa membuat sendiri menu sederhana dari bahan-bahan nabati.

Berikut adalah beberapa menu sederhana yang dapat kamu coba:

  • Sarapan: oatmeal dengan buah-buahan dan biji rami (flaxseed), telur orak-arik dengan tomat dan jamur, atau roti panggang isi alpukat dan sayuran
  • Makan siang: salad, kentang dan ubi goreng, atau burger tempe
  • Makan malam: nasi dan kari isi kacang polong, tortilla gulung isi sayuran dan kacang, atau terong tumis dengan keju parmesan (bagi lacto vegetarian)

Baca juga: Tips Menjaga Berat Badan di Tengah Pandemi

Banner Blog Pluang

3. Pahami Tipe-Tipe Diet Sehat vegetarian

Diet vegetarian tidak hanya berarti menghindari makanan hewani dan makan buah-buahan serta sayuran saja. Tergantung tipe pola makan vegetarian yang diikuti, kamu masih bisa mengonsumsi beberapa jenis bahan pangan hewani.

Cara apapun yang kamu lakukan untuk diet vegetarian akan lebih efektif bila kamu telah memahami tipe-tipe vegetarian, yakni:

  • Ovo vegetarian: tidak makan bahan pangan hewani, kecuali telur.
  • Lacto vegetarian: tidak makan bahan pangan hewani, kecuali susu dan produknya.
  • Lacto-ovo vegetarian: tidak makan bahan pangan hewani, kecuali telur, susu, dan produknya.
  • Pesco vegetarian/pescatarian: bahan pangan hewani yang dimakan hanyalah ikan.
  • Pollo vegetarian: bahan pangan hewani yang dimakan hanyalah daging unggas.
  • Vegan: tidak makan daging merah, daging unggas, ikan, susu, telur, ataupun bahan pangan hewani lain beserta produk-produknya.

Baca juga: 4 Cara Hemat Uang Belanja dan Dapur Tetap Mengepul

4. Gabung dengan Komunitas

Dengan bergabung dengan komunitas diet vegetarian lokal atau menjadi pengikut blogger, vegetarian pemula dapat membaur diri bersama komunitas. Banyak manfaat yang kamu bisa dapat, diantaranya adalah menemukan resep lezat atau informasi mengenai restoran vegetarian setempat.

Selain itu, aktivitas ini bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk tetap termotivasi. Sehingga, kamu bisa konsisten menjalankannya!

Jadi, bagaimana Sobat Cuan? Sudah siap menjalankan diet sehat dengan menjadi vegetarian?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: National Geographic, IDN Times

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img