Milenial, Kamu Pilih Paylater atau Kartu Kredit “Konvensional”?

Masyarakat sudah marak menggunakan digital payment Indonesia dalam urusan pembayaran sehari-hari. Termasuk juga sistem pembayaran kartu kredit digital sebagai pilihan kaum milenial hari ini.

Sistem pembayaran kartu kredit digital ini, misalnya, didukung dengan adanya Paylater. Fitur kredit Paylater ini menawarkan solusi bagi kamu yang ingin ambil cicilan kredit tanpa perlu punya kartu kredit.

sistem pembayaran kartu kredit digital

Banyak orang saat ini menggunakan Paylater lantaran pengajuan kartu kreditnya ditolak. Digital payment Indonesia dalam wujud sistem pembayaran kartu kredit digital ini menawarkan kemudahan transaksi belanja kredit lewat aplikasi. 

Baik kartu kredit dalam bentuk kartu fisik maupun aplikasi Paylater yang berfitur cicilan memungkinkan penggunanya untuk beli suatu produk dengan gunakan dana talangan yang bisa dibayarkan di belakang.

Untuk pakai manfaat Paylater, pengguna bisa pilih angsuran dengan skema pembayaran bulanan 1 hingga 12 bulan. Jadi, pilih mana antara Paylater atau kartu kredit? Yuk, kita simak alasan untuk memilih.

Baca juga: Enggak Selamanya Merugkan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Digital payment Indonesia tawarkan “kartu kredit digital”

Kartu kredit digital untuk milenial, Kredivo, merilis Kredivo’s Customer Satisfaction Survey 2019 dan survei menunjukkan bahwa 1.110 responden dengan profil demografis beragam tunjukkan bahwa hampir 80% responden punya kartu kredit digital sebagai metode pembayaran.

Dibandingkan metode lainnya, kartu kredit digital ini lebih digemari, di antara transfer bank (8%), kartu kredit (6%), dan metode pembayaran lainnya (CoD, e-wallet, dan debit) (7%). Survei menunjukkan ukuran kepuasan pelanggan atas produk Kredivo.

Pertumbuhan e-commerce dan media sosial memang mendorong menggunakan digital payment Indonesia dan sistem pembayaran kartu kredit digital. Inai mengubah perilaku masyarakat dalam membeli atau membayar barang dan jasa.

Kemudahan dan kepraktisan dalam pembayaran lewat kartu kredit digital ini memang didesain untuk pengguna aplikasi e-commerce melakukan transaksi dan checkout lebih mudah bermodalkan smartphone-nya.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

Sistem pembayaran kartu kredit digital dengan Paylater, apa tawarkan bunga lebih rendah?

Kartu kredit maupun Paylater menawarkan bunga berbeda. Bank Indonesia berikan syarat bunga kartu kredit maksimal 2,25% dan dengan demikian bank tidak dapat menerapkan bunga lebih tinggi daripada itu.

Beberapa jenis kartu kredit berikan fasilitas bunga 0% dari cicilan yang kamu ambil. Syaratnya adalah apabila kamu beli barang di merchant yang telah menjalin kerja sama dengan bank, maka program cicilan dengan bunga 0%.

Ketika pakai kartu kredit, kamu juga bisa pakai fasilitas bunga 0% selama cicilan kartu kredit yang dibayarkan belum jatuh tempo ataupun pas dengan tempo cicilan. Sementara untuk bunga Paylater, untuk OVO menerapkan bunga sebesar 2,9% per bulan, sementara Traveloka menawarkan 2,14% sampai dengan 4,78% per bulan.

Paylater Gojek terapkan bunga sebesar Rp25 ribu per bulan dan Kredivo dengan bunga 0 hingga 2,95% per bulan.

Baca juga: Pengin Akali Biaya Transfer Antar Bank, Sudah Coba 5 Aplikasi Ini Belum?

Digital payment Indonesia, tenor cicilan kartu kredit atau Paylater? 

Soal tenor cicilan, cicilan kartu kredit biasanya menawarkan jangka waktu pembayaran mulai dari 6 bulan, 3 bulan, sampai dengan 12 bulan. Kamu juga bisa ambil tenor cicilan 18-24 bulan.

Sementara untuk Paylater, tenor diberikan dalam waktu paling lama hingga 12 bulan. kamu juga bisa ambil tenor lebih cepat, baik itu 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan masa cicilan.

Untuk biaya yang perlu dibayarkan, kalau kamu punya kartu kredit, maka kamu akan dikenakan biaya tahunan yang rutin harus kamu bayarkan setiap tahun.

Besaran biaya ini berbeda di setiap bank, dan tergantung pada jenis kartu yang kamu ambil. Mulai dari biaya Rp125 ribu dan lebih dikenakan untuk biaya tahunan.

Sementara itu, Paylater mengenakan biaya berbeda juga tergantung pada penyedia jasa sistem pembayaran kartu kredit digitalnya.

Paylater OVO akan mengenakan biaya 5% dari jumlah transakasi, sementara paylater Traveloka tanpa biaya, paylater Gojek tanpa biaya, dan paylater Kredivo dengan biaya 1% dari jumlah transaksi atau bisa juga lebih.

Paylater juga mengenakan biaya denda apabila kamu terlambat melakukan pelunasan cicilan. Besaran denda pun berbeda.

Jadi, dengan adanya pilihan punya “kartu kredit digital”, kamu pilih yang mana, nih? Keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing, tetapi tetap merupakan fasilitas kredit yang memadai sebagai saranamu dalam melakukan transaksi.

Asalkan jangan lupa bayar angsuran kredit yang kamu pinjam, ya!

Sumber: Katadata, Cermati, Info Bank News

Simak juga:

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

Enggak Semuanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img