Currently set to Index
Currently set to Follow

Dari Investasi Batu hingga Lebah, Ini 5 Jenis Investasi Nyentrik Milik Umat Manusia!

Dewasa ini, berinvestasi menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk menjadi kaya. Mereka memasuki dunia investasi dengan menempatkan dana di instrumen seperti saham, obligasi, emas, bahkan hingga aset kripto.

Namun, tidak semua orang ternyata memilih investasi di instrumen-instrumen populer tersebut. Faktanya, ada saja sekelompok orang yang memilih berinvestasi di benda-benda yang terkesan janggal.

Berikut ini adalah lima kisah investasi paling aneh yang dilakukan umat manusia, berdasarkan curhatan para penasihat keuangan di Amerika Serikat.

Baca juga: 9 Investor Saham Dunia Ini Sukses Berkat Kerja Keras dan Kerja Cerdasnya

Dari Investasi Batu hingga Lebah, Ini 5 Jenis Investasi Nyentrik Milik Umat Manusia!, Pluang

5 Kisah Dunia Investasi yang Bikin Garuk-Garuk Kepala

#1 Berinvestasi di Perusahaan Pemburu Harta Karun

Pada 2007, sepasang suami istri pernah menginstruksikan penasihat keuangannya, Joel Sproul dari Kronos Wealth Management, untuk mencairkan dana pensiunnya sesegera mungkin. Penyebabnya, pasangan itu berniat menempatkan dana pensiun mereka di perusahaan pemburu harta karun.

Pasangan tersebut meyakini bahwa perusahaan yang dimaksud cukup bonafit lantaran baru menemukan dua kapal bajak laut yang tenggelam dan diduga berisikan hartu karun bernilai fantastis.

“Saya padahal sudah bilang ke mereka (pasangan suami istri tersebut) bahwa investasi itu adalah penipuan. Namun, mereka tidak mempedulikan saya,” jelas Sproul.

“Hingga saat ini, saya tak pernah mendengar kabar mereka lagi.”

#2 Berinvestasi di Seonggok Batu

Kisah lain diungkapkan oleh penasihat keuangan LJPR Financial Advisors Leon LaBrecque.

Ia berkisah bahwa dirinya pernah kedatangan klien yang membawa sebongkah batu tanzanite yang cukup besar ke kantornya. Klien itu mengatakan, batu tersebut dibeli senilai US$18 ribu dari seseorang yang ia temui di sebuah kapal pesiar.

Klien LaBrecque meyakini bahwa batu itu berisikan seonggok batu mulia, yang nantinya bisa bikin dia cuan US$80 ribu di kemudian hari setelah melalui proses pemolesan.

“Kami memang menemukan bahwa itu adalah batu tanzanite. Namun, tidak ada unsur batu mulia di dalamnya,” kata LaBrecque. “Jadi intinya, klien saya hanya membeli sebongkah batu biasa.”

#3 Berinvestasi di Ternak Alpaca

Penasihat keuangan Seacost Investment Services Dennis Nolte memberi kisah lain tentang dunia investasi yang penuh tanda tanya.

Alkisah, ia pernah didatangi oleh seorang wanita yang ingin membeli sebidang tanah luas. Lahan tersebut ternyata bukan untuk membangun properti. Namun, akan dijadikan sebagai peternakan alpaca, hewan khas asal Amerika Selatan.

“Yang lebih anehnya lagi, wanita itu ternyata tidak punya pengalaman memelihara alpaca, apalagi ia juga tidak punya dananya,” kata Nolte.

“Yang saya dengar, wanita itu akhirnya mendapatkan pinjaman senilai US$350 ribu dari bank. Saya juga tidak paham bagaimana caranya. Kok bisa?” imbuhnya.

Baca juga: Apa Itu Manajemen Aset?

#4 Berinvestasi di Sarang Lebah

Pendiri Alpha Street Inc Johnny Daswani juga punya cerita lain ihwal investor yang eksentrik.

Pada suatu hari, ia pernah didatangi seorang calon klien yang ingin berinvestasi di peternakan lebah, sebuah aktivitas ekonomi yang memang tidak biasa dilakukan di negara bagian Florida.

Hanya saja, sang calon klien tidak mengerti apa-apa soal dunia investasi perlebahan. Sementara itu, di waktu yang sama, salah satu teman si calon klien tersebut juga tengah meminjam uangnya sebesar US$50 ribu demi memulai usaha berjualan madu.

Daswani kemudian membeberkan hitung-hitungan bisnisnya ke calon klien tersebut. Memang, calon klien tersebut gagal menjadi kliennya. Tetapi, sang investor tersebut menerima kalkulasi bisnis Daswani dan akhirnya berhasil membuka usaha peternakan lebah yang diidam-idamkan.

#5 Berinvestasi di Ganja

Perencana keuangan Pathfinder Planning Pamela Horack mengaku pernah kedatangan klien yang ingin menjadi kaya dengan cara berinvestasi di ganja. Horack spontan langsung tak menyarankan investasi tersebut dengan dalih bahwa ganja adalah komoditas yang penuh spekulasi.

Namun, menurut Horack, sang klien tersebut langsung menjawab bahwa “Kalau ganja bisa mengantar saya ke bangku kuliah, mengapa ganja tidak diperbolehkan mengantar saya ke masa pensiun nantinya?”

Baca juga: Inspirasi Sukses! Ini 7 Kisah Mereka yang Memulai Bisnisnya dari Nol

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investment News

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img